Awas! Tilang Elektronik Mulai Diuji Coba di Cikarang, Ada 3 Kamera Pengintai

12/03/2020

Pasar mobil

5 menit

Awas! Tilang Elektronik Mulai Diuji Coba di Cikarang, Ada 3 Kamera Pengintai
Polres Metro Bekasi mulai melakukan uji coba tilang elektronik di Cikarang. Uji coba ini akan dilakukan sampai akhir Maret 2020. Ada 3 kamera CCTV yang sudah siap memantau para pengemudi yang melanggar peraturan lalu lintas.

Sistem tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) terus digalakkan di kota-kota di Indonesia. Kini giliran Polres Metro Bekasi yang mulai melakukan uji coba ETLE. Namun daerah yang ditunjuk adalah wilayah Cikarang.

Uji coba tilang elektronik di Cikarang ini dilakukan mulai Rabu (11/03/2020). Menggunakan kamera CCTV (Closed Circuit Television), nantinya setiap pengemudi kendaraan roda empat dan roda dua akan dipantau. Jika ada pelanggaran peraturan lalu lintas, kamera akan menangkap gambar kendaraan itu sebagai bukti pelanggaran yang dilakukan pengemudi.

"Setelah terekam, petugas akan mengirimkan surat tilang dan barang bukti kepada pelanggar sesuai dengan alamat yang tertera pada sistem berdasarkan pelat nomor kendaraan dan STNK," kata Kombes Pol Hendra Gunawan, Kepala Kepolisian Resor Metropolitan Bekasi, sebagaimana Cintamobil.com kutip dari laman NTMC Polri.

>>> Terbukti Berponsel Sambil Nyetir, Bisa Dipenjara 3 Bulan

Denda Rp750.000 atau Penjara 3 Bulan

bukti pelanggaran yang terekan kamera ETLE

Mekanisme tilang dan pembayaran denda sama dengan yang diterapkan di kota lain

Hendra juga menjelaskan, mekanisme tilang elektronik di Cikarang akan sama dengan yang diterapkan di kota-kota lain. Yaitu setelah pelanggar dikirimkan bukti pelanggaran yang dilakukannya, maka mereka diberi waktu 14 hari untuk membayar denda. Jika dalam kurun waktu itu denda tidak dibayar, maka sanksi yang diberikan adalah STNK akan diblokir.

Sementara untuk besaran denda yang harus dibayar oleh para pelanggar, tergantung dari kesalahan yang mereka buat. Misalnya untuk pelanggaran marka jalan, ada denda Rp500.000. Tidak memakai helm bagi pemotor ada denda Rp250.000. Kalau pengemudi terbukti menggunakan telepon genggam di jalan, maka akan dikenai denda Rp750.000 atau kurungan 3 bulan.

>>> Cara Mengetahui Lokasi Tilang Elektronik Pakai Aplikasi Waze

Lokasi Kamera CCTV

kamera CCTV ETLE

Ada 3 kamera CCTV yang dipasang di Sentra Grosir Cikarang

>>> Tilang Elektronik di Yogyakarta Berlaku April 2020, Pakai Kamera Canggih

Lebih lanjut Hendra juga menjelaskan ada tiga kamera CCTV yang dipasang sebagai alat tilang elektronik. Ketiganya berada di Sentra Grosir Cikarang (SGC), Jalan R.E. Martadinata, Desa Cikarang Kota, Kecamatan Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. "Tiga kamera ELTE itu mengarah ke segala titik," kata dia.

Uji coba peraturan ETLE di wilayah Bekasi ini baru sebatas uji coba hingga satu bulan mendatang. Sehingga pengguna jalan yang terbukti melanggar baru sebatas diberi teguran. Namun diharapkan setelah Maret 2020, sistem penilangan dan denda sudah akan berjalan.

>>> Berita otomotif terbaru lainya ada disini

Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top