Auto Shanghai 2021: Ora Punk Cat, Kloningan VW Beetle dari China

23/04/2021

Pasar mobil

5 menit

Auto Shanghai 2021: Ora Punk Cat, Kloningan VW Beetle dari China
Great Wall Motors memamerkan mobil konsep yang diberi nama Ora Punk Cat. Secara fisik sosoknya identik dengan VW Beetle klasik tapi dengan sentuhan modern.

Ada banyak hal menarik dari pameran Auto Shanghai 2021 yang berlangsung di China, satu diantarnya kehadiran mobil yang diberi nama Ora Punk Cat. Ini merupakan mobil buatan Great Wall Motors. Dan seperti yang Anda lihat di foto artikel ini, kalau Ora Punk Cat begitu identik dengan Volkswagen (VW) Beetle klasik.

Meskipun desainnya klasik seperti mobil rakyat asal Jerman itu, tetapi Great Wall Motors mendesain Punk Cat sebagai mobil listrik dengan sejumlah teknologi terkini serta beberapa bagian dengan sentuhan modern.

>>> Mercedes-Benz C-Class di China Hadir Lebih Panjang

Desain Klasik di Eksterior dan Interior

Ora Punk Cat Interior

Desain klasik pada interiornya ditambahkan sentuhan feminim

Ora Punk Cat benar-benar dibuat terinspirasi dari VW Beetle atau yang di Indonesia dikenal juga dengan sebutan VW Kodok. Lihat saja bagiamana siluet desain eksterior mobil ini yang akan mengingatkan Anda pada mobil VW Beetle.

Misalnya dari lengkung kap mesin, bemper depan yang besar dan difinishing chrome, serta dua lampu bulat di depan. Kemudian lekuk bagian atap, ruang fender yang besar, hingga hal-hal kecil seperti bentuk spion juga dibuat dengan nuansa klasik.

Kesan klasik juga terlihat dari konsep ruang kabin. Punk Cat menggunakan setir klasik, dasbor dengan panel-panel bulat klasik, sampai bentuk jok dan kisi-kisi AC juga seakan kembali ke era mobil tahun 1950-1960-an.

>>> 5 Rekomendasi Tipe Jok Mobil Sparco Terbaik

Ditujukan Buat Konsumen Wanita

Ora Great Wall

Mobil kloningan VW Beetle digerakkan oleh baterai dan motor listrik

>>> Review MINI GT Edition 2020: Nostalgia ‘Go-Kart’ Inggris

Meskipun secara cover Ora Punk Cat terkesan amat klasik, tetapi tetap saja Great Wall ingin mobil ini mengikuti trek elektrifikasi di dunia. Sayangnya produsen asal Cina itu tidak membagi detil informasi apapun terait spesifikasi teknis dan baterai lsitrik yang digunakan pad amobil ini.

Meski begitu, dikutip dari Insideevs, Kamis (22/04/2021), Punk Cat diprediksi akan memakai baterai jenis LFP sebagai mana yang Great Wall terapkan juga pada Ora R1. Tapi yang jelas, Punk Cat ditujukan buat konsumen wanita modern yang masih menyukai gaya vintage.

Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top