Audi RS3 Terbaru Pecahkan Rekor Lap Nurburgring untuk Mobil Kecil

04/08/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Audi RS3 terbaru memecahkan rekor lap Nurburgring Nordschleife untuk mobil massal berukuran kecil yang sebelumnya dipegang oleh Renault Megane R.S. Trophy R.

Nürburgring tetap menjadi tolok ukur mobil performa tinggi yang baru diluncurkan. Memegang rekor lap sirkuit dengan kesulitan tinggi ini merupakan sebuah pembuktian bahwa mobil tersebut layak dibeli oleh para penyuka kecepatan.

Hal itu lah yang Audi coba lakukan saat hendak meluncurkan RS3 terbaru. Menggunakan versi sedan yang dibekali mesin 5-silinder, pabrikan berlambang empat cincin ini berhasil mencatatkan waktu 7 menit 40,748 detik.

Gambar Renault Megane R.S. Trophy R

Rekor ini sebelumnya dipegang oleh Renault Megane R.S.

Capaian tersebut mengalahkan rekor mobil massal berukuran kecil sebelumnya yang dipegang oleh Renault Megane R.S. Trophy R yang mencatatkan waktu  7 menit 45,389 detik.

>>> Audi Marah saat Mobilnya Dipakai Banjir-banjiran oleh YouTuber

Dikendarai Oleh Frank Stippler

Pemecahan rekor tersebut dibantu oleh pengemudi dari program pengembangan dan riset Audi Sport, Frank Stippler. Dalam lapnya, Audi RS3 Sedan ini menggunakan ban Pirelli P Zero Trofeo R, ban semi-slick yang menjadi opsi untuk para calon pembeli.

Audi RS3 juga dibekali dengan jok semi-bucket dan roll cage untuk mendukung penggunaan mobil pada berbagai lintasan balap seperti Nurburgring Nordschleife yang terletak di Jerman.

Gambar Frank Stippler

Frank Stippler berhasil membukukan waktu 7 menit 40,748 detik

Sebelum RS3, Audi RS Q8 juga sempat memecahkan rekor lap Nurburgring untuk mobil SUV sebelum dikalahkan oleh Porsche Cayenne Turbo S.

Spesifikasi RS3

Mobil ini dibekali dengan mesin TFSI 2,5 liter 5-silinder segaris yang menghasilkan tenaga 394 HP dan torsi 500 Nm. Uniknya, RS3 untuk pasar Amerika Serikat memilliki tenaga sedikit lebih besar yaitu 401 HP. Namun, dalam pemecahan rekor ini Audi menggunakan RS3 untuk pasar Eropa.

>>> Audi RS Q e-tron Diperkenalkan, Siap Taklukkan Gurun Pasir Arab

Dibekali sistem penggerak semua roda (AWD) quattro dengan torque-vectoring, sedan kompak ini memiliki traksi luar biasa yang membantu mobil melahap berbagai tikungan sulit di Nurburgring.

Gambar Audi RS3 Sedan

Sistem quattro dengan torque-vectoring membantu mobil melahap tikungan di Nurburgring

Audi RS3 hanya membutuhkan 3,8 detik untuk mencapai kecepatan 100 km/jam dari posisi diam dan akan mencapai kecepatan maksimal di 250 km/jam dalam kondisi standar. Jika pembeli mobil ini memilih opsi performa tambahan, Audi akan melonggarkan limiter untuk membuka kecepatan maksimum hingga 290 km/jam.

Saat ini, Audi sudah memasarkan RS3 di Eropa dengan harga €60.000 (setara Rp 1 miliar) untuk RS3 Sportback, dan tambahan €2.000 untuk versi Sedan. Apakah dengan pemecahan rekor ini Audi Indonesia berniat memasukkan mobil kompak ini ke tanah air?

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top