Audi RS Q e-tron Diperkenalkan, Siap Taklukkan Gurun Pasir Arab

25/07/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Setelah debut R8 LMS GT3 EVO II, kini divisi motorsport Audi memperkenalkan RS Q e-tron. Mobil balap bertenaga listrik ini akan turun di Rally Dakar 2022.

Audi adalah kekuatan dominan dalam rally Grup B pada pertengahan 1980-an, menghasilkan dua kejuaraan pabrikan dengan Quattro all-wheel-drive sebelum mengalihkan perhatiannya ke 24 Hours of Le Mans pada tahun 2000, menang 13 kali dalam 15 balapan dan menjadi pemenang pertama dengan mesin hybrid.

Kini, Audi akan berfokus untuk menaklukkan Rally Dakar demi melanjutkan dominasi mereka di dunia motorsport dengan mobil off-road hybrid terbaru mereka, RS Q e-tron. Rally Dakar 2022 pada Januari tahun depan akan menjadi ajang pembuktian mobil off-road revolusioner ini.

Kombinasi Tenaga Formula E dan DTM

Audi RS Q e-tron meminjam tenaga dari divisi motorsport Audi yang sudah terbukti berprestasi. Dengan mesin bensin 2,0 liter turbocharged 4-silinder yang dipinjam dar RS5 Turbo DTM dan motor listrik dari Formula E, mobil ini dapat menghasilkan tenaga 671 HP.

Gambar Audi RS Q e-tron

Meminjam mesin dari DTM dan motor listrik dari Formula E yang berprestasi, mobil ini tampak sangat menjanjikan

Sebagai mobil listrik yang akan berusaha menaklukkan gurun pasir Arab Saudi, tentu akan sulit menemukan pengisi daya di sepanjang rute balapan. Karena itu, baterai 50 kWh pada mobil ini akan terisi oleh mesin bensinnya yang berfungsi sebagai generator.

>>> Gandeng Daihatsu, The Next Gran Max Bakal Dibuat Suzuki?

Gambar RS Q e-tron

Dengan kaki-kaki seperti itu, gurun pasir mana yang tidak bisa dilewati?

Tenaga dari baterai tersebut akan disalurkan ke dua motor listrik yang berada di gandar depan dan belakang. Motor listrik tersebut serupa dengan yang digunakan Audi e-tron FE07 yang mengantarkan Lucas di Grassi memenangkan perlombaan Formula E di Mexico.

Rekrut Nama Berpengalaman

Mobil ini akan menjadi kunci penting dari arah baru divisi motorsport Audi yang diumumkan tahun lalu. Bahkan, pabrikan berlambang empat cincin ini rela meninggalkan Formula E setelah tujuh musim untuk berkonsentrasi kembali ke Le Mans dan mengikuti Rally Dakar.

>>> 4 Tips Menghindari Pohon Tumbang Kala Berkendara saat Hujan

Gambar Matthias Ekstrom

Tak main-main, Audi merekrut 3 legenda motorsport untuk menjamin kemenangan di Dakar

Tiga RS Q e-tron akan bersaing pada Rally Dakar 2022 dan Audi telah merekrut pembalap termasuk Stéphane Peterhansel, pembalap Dakar paling sukses dengan 14 kemenangan; Carlos Sainz, juara rally dua kali dan pemenang Dakar tiga kali; dan Mattias Ekström, yang memegang dua gelar DTM dan satu kejuaraan World Rallycross.

Rally Dakar akan berlangsung selama dua minggu, dengan tahapan harian yang dapat menempuh jarak hingga 800 kilometer, dan akan menjadi ujian utama ketahanan drivetrain elektrifikasi Audi.

>>> Dapatkan harga mobil terbaru dan promo terbaik tahun 2021 di sini

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top