Audi Pegang Kendali Bentley, Mau Bikin Mobil Listrik?

28/10/2020

Pasar mobil

5 menit

Share this post:
Audi Pegang Kendali Bentley, Mau Bikin Mobil Listrik?
Sebuah laporan terbaru menyebut kalau Audi pegang kendali Bentley. Langkah ini disinyalir karena VW Gorup akan fokus pada pengembangan mobil listrik di masa yang akan datang.

Bergejolaknya pasar otomotif yang terimbas dari pandemi Covid-19 memang memaksa sejumlah pabrikan merampingkan divisi mereka. Tak terkecuali raksasa otomotif Volkswagen (VW) Group yang terus melakukan perombakan internal.

Kabar terbaru kini menyebutkan jika dikemudian hari Audi pegang kendali Bentley. Mengingat saat ini Bentley dikendalikan oleh Volkswagen, sepertinya menjadikan pabrikan yang berbasis di Inggris itu menjadi di bawah kendali Audi bukan hal mustahil.

Merek mobil mewah itu pun bukan yang pertama kali diambil oleh VW Group. Sebelumnya VW juga membeli Lamborghini pada tahun 1998. Kini Lamborghini juga berada di bawah kendali divisi Audi. Tentunya ada beberapa alasan mengenai perubahan status Bentley saat ini.

>>> VW Group Targetkan 75 Model Mobil Listrik dan 60 Mobil Hybrid di 2029

Bentley Akan Masuki Pasar Mobil Listrik?

Bentley Bentayga

Bentley diperkirakan sedang meracik SUV listrik yang akan menggunakan teknologi dari Audi

Dikutip dari Carbuzz, Selasa (27/10/2020), ada beberapa alasan yang menjadi kemungkinan mengapa Audi pegang kendali Bentley. Pertama tentang kendaraan listrik. Seperti diketahui, Audi merupakan merek di bawah VW Group yang memiliki teknologi dalam hal platform kendaraan listrik.

Misalnya saja untuk Project Artemis. Menurut Markus Duesmann, CEO Audi, Artemis akan datang setidaknya di tahun 2024. Hal ini lantaran VW Group merasa tertinggal jauh dengan Tesla di banyak bidang. Terutama bagaimana menciptakan kendaraan listrik yang memiliki teknologi vehicle-to-vehicle communication. Dengan Artemis pula Bentley akan mendapat keuntungan jika ingin mulai memasuki pasar kendaraan listrik. Karena cukup mengadopsi teknologi dari Audi, maka mobil listrik Bentley akan tiba lebih cepat.

Misalnya jika Bentley ingin mendesain ulang Bentayga untuk menghadirkan generasi terbarunya. Maka SUV itu juga bisa ditawarkan dalam varian full electric. Karena Audi sudah memiliki SUV listrik lainnya pula seperti e-Tron dan e-Tron Sportback. Bahkan Audi sesumbar sudah menyiapkan banyak platform mobil listrik untuk mereka luncurkan di masa mendatang.

>>> Saat Ford Mustang Disulap Jadi Mobil Elektrik 900 HP

Audi Akan Korbankan Bugatti dan Lamborghini?

Audi e-Tron

VW Group dan Audi akan fokus pada mobil listrik

>>> Review Audi A4 2019 : Sedan Mewah Yang Semakin Canggih

Menanggapi beredarnya informasi Audi yang akan mengambil alih kendali Bentley, para petinggi VW Group belum ada yang berkomentar. Namun beberapa waktu lalu CEO VW Gorup, Herbert Diess pernah mengumumkan jika dewan direksi perusahaan tengah memikirkan untuk menjual sejumlah merek yang bernaung di bawah Volkswagen.

Diantaranya melihat peluang Bugatti untuk dijual ke Rimac dari Kroasia, atau menawarkan pula Lamborghini seperti apa yang pernah FCA lakukan dengan Ferrari pada tahun 2014. Langkah ini tengah dipertimbangkan karena merek-merek mobil berperforma tinggi itu belum memiliki masa depan di segmen kendaraan listrik. Sayangnya infomasi ini juga belum ada komentar dari direksi VW Group.

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top