Asyik! Perpanjang SIM Bisa dari Rumah, Nggak Ribet Fotocopy Lagi

13/04/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Proses perpanjang SIM sekarang sudah resmi bisa dilakukan di rumah atau dimanapun Anda berada dengan bermodalkan HP. Anda tak perlu lagi ribet membawa dokumen.

Adakah dari Anda yang masa berlaku SIM (Surat Izin Mengemudi) mau habis? Kini, Anda tak perlu lagi repot-repot pergi ke kantor Satpas untuk perpanjang SIM. Dengan bermodalkan HP, Anda bisa melakukan perpanjangan SIM dari rumah ataupun di mana saja. 

Hal itu bisa Anda lakukan dengan mengunduh aplikasi SIM Nasional Presisi (Sinar) garapan Korlantas Polri.

>>> Cara Membayar Perpanjangan SIM Lewat Aplikasi Sinar

perpanjang SIM

Anda tak lagi ribet membawa dokumen untuk perpanjang SIM

Proses Perpanjang SIM Bisa Dilakukan Dimanapun

Semua proses bisa Anda lakukan lewat aplikasi tersebut termasuk tes kesehatan. Anda pun tak perlu pergi ke Satpas dan memfotocopy dokumen yang dibutuhkan seperti sedia kala. 

"Dengan dilaunchingnya aplikasi ini, memudahkan masyarakat dalam perpanjangan SIM A dan C yang bisa dilakukan di rumah maupun dimana saja. Jadi orang yang melakukan perpanjangan langsung bisa lebih sedikit, karena ada opsi lain dengan perpanjangan online. Tentunya ini baik untuk semuanya," kata Kepala Kepolisian Republik Indonesia, Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo dalam sambutannya. 

Tentunya ini sebuah terobosan baru di tengah pandemi. Adanya proses perpanjang SIM lewat aplikasi di HP tentu mengurangi kerumunan di Satpas. Pemohon juga tak perlu menghabiskan waktunya untuk sekadar mengantre saat melakukan perpanjangan SIM. 

"Tidak perlu repot memfotokopi dokumen dan membawanya dalam satu map. Serta tidak perlu membuang waktu karena padatnya antrian,” ujar Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo yang juga hadir dalam kesempatan tersebut. 

>>> Anti-Ribet! Begini Cara Membuat SIM Lewat Aplikasi HP

Tak Berlaku untuk Pembuatan SIM Baru

Data Surat Izin Mengemudi Online Bisa Diakses Lewat Ponsel Lho!

Untuk pembuatan SIM baru tetap harus ke Satpas

Perlu dicatat, penggunaan aplikasi Sinar secara keseluruhan ini berlaku untuk proses perpanjang SIM. Sedangkan bagi Anda yang berniat untuk membuat SIM baru maka tetap harus datang ke Satpas guna menjalani ujian praktik.

Maksudnya, Anda tetap bisa menggunakan aplikasi Sinar untuk mengisi form SIM baru sekaligus tes kesehatan, namun untuk ujian praktiknya harus tetap dilakukan di Satpas. Untuk cara perpanjangan SIM lewat aplikasi Sinar bisa Anda simak di bawah ini. 

Cara Perpanjang SIM lewat aplikasi Sinar:

1. Download aplikasi
2. Verifikasi No. HP (OTP)
3. Registrasi (NIK, SIM, Foto KTP, SIM dan Selfie)
4. Verifikasi NIK dan SIM
5. Pilih jenis SIM dan lokasi Satpas
6. Verifikasi hasil pemeriksaan kesehatan dan psikologi
7. Isi rekening pengembalian (pembatalan)
8. Pilih metode pengiriman
9. Upload pas foto dan tanda tangan
10. Pembayaran PNBP dan biaya kirim
11. Cetak SIM
12. Pengiriman
13. SIM diterima pemohon

Saat ini masa berlaku SIM adalah lima tahun. Jika sebelumnya masa berlaku SIM berdasarkan tanggal lahir pemilik, sesuai surat telegram Korlantas Nomor ST/2664/X/Yan.1.1/2019, diubah menjadi berdasarkan tanggal penerbitannya.

Adapun untuk tarif perpanjangan SIM adalah sebagai berikut.

SIM A SIM B I SIM B II SIM C SIM C I SIM C II SIM D SIM D I SIM International
Rp 80.000 Rp 80.000 Rp 80.000 Rp 75.000 Rp 75.000 Rp 75.000 Rp 30.000 Rp 30.000 Rp 225.000

Adanya aplikasi perpanjangan SIM ini diharap bisa meminimalisir terjadinya praktik koruptif seperti percaloan, pungutan liar, maupun penyalahgunaan kewenangan lainnya.

>>> Pembuatan dan Perpanjangan SIM Bisa Gratis? Begini Penjelasannya

Menjadi jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016 dan telah memiliki ragam pengalaman menguji mobil hingga mengunjungi pameran otomotif tingkat dunia. Bergabung sebagai Editor di Cintamobil sejak tahun 2020.

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir sebagai jurnalis di kanal ekonomi di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2015. Kemudian pada tahun 2016, dipercaya untuk mengisi kanal otomotif. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Pun demikian dengan aturan lalu lintas yang berlaku saat ini. 

Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. 

Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Adapun ragam mobil yang pernah dicoba antara lain di kelas LCGC, Low MPV, SUV, mobil listrik murni hingga Supercar sekelas Ferrari.

Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor.

Experience

  • Tokyo Auto Salon 2019
  • Geneva International Motor Show 2017
  • GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019
  • IIMS 2017, 2018, 2019
  • IMOS 2016, 2018
 
back to top