Adakah Asuransi yang Mengcover Mobil Listrik di Indonesia?

02/11/2021

Pasar mobil

2 menit

Share this post:
Sebagai salah satu penyedia layanan asuransi kendaraan bermotor Tanah Air, bos Asuransi Astra menjelaskan tentang rencana asuransi mobil listrik di Indonesia.

Giat pemerintah untuk menggenjot elektrifikasi di Indonesia bisa dilihat dari berbagai peraturan baru mengenai mobil listrik dibarengi dengan penerimaan investasi yang masif dari pabrikan otomotif. Hal ini disambut baik oleh Asuransi Astra yang tak lupa mengikuti perkembangan kendaraan berbasis baterai untuk menghitung langkah dalam meluncurkan asuransi mobil listrik.

Perlu garansi baterai

Hal ini disampaikan oleh Rudy Chen selaku CEO Asuransi Astra ketika berbicara dengan media pada acara media gathering Astra Financial & Logistic di Menara Astra, Kuningan, Jakarta Pusat. Dalam kesempatan tersebut, ia mengungkapkan bahwa asuransi mobil listrik tak begitu jauh berbeda dibandingkan dengan mobil konvensional saat ini.

“Itu garansinya kurang lebih sama lah dengan kendaraan biasa,” jelasnya.

baterai mobil listrik Toyota bZ4X
Baterai merupakan komponen yang signifikan pada mobil listrik

Namun ia tak menutup kemungkinan nantinya perusahaan penyedia layanan asuransi menghadirkan produk yang khusus menangani mobil listrik. Mengingat komponen mobil listrik memiliki berbagai perbedaan dibandingkan mobil berbahan bakar konvensional, khususnya dalam hal baterai.

“Tapi kedepannya apabila EV (electric vehicle) itu makin berkembang, kita tahu EV itu kan salah satu komponen terbesarnya adalah baterai ya, tentu nanti akan ada cara perhitungan kedepannya juga,” lanjutnya.

Baterai memang menjadi perbedaan yang mendasar antara mobil listrik dan mobil konvensional dengan banderol yang masih tinggi. Dilansir dari berbagai sumber, harga baterai mobil listrik berada di kisaran $ 5.000 (Rp 71 jutaan) hingga $ 15.000 (Rp 213 jutaan). Sehingga biaya yang ditanggung asuransi ketika terjadi kerusakan pada baterai juga patut diperhitungkan.

>>> Ini Waktu Pengisian Baterai Mobil Listrik Tesla, Ada yang 7 Hari

Butuh persiapan khusus

Namun Rudy menyebutkan bahwa pihak Astra akan selalu mengikuti perkembangan mobil listrik di pasar otomotif Indonesia. Dengan semakin banyak pengguna, tentunya kebutuhan akan asuransi mobil listrik menjadi poin penting yang dibutuhkan oleh setiap pengendara.

“Dan tentu bukan cuma ada di Astra. Karena kita tahu industri ini kan banyak pemain juga. Tentu nanti akan ada kesepakatan, ini cara ngitungnya gimana,” tutupnya.

mobil listrik Hyundai Ioniq 5 berwarna putih
Hyundai Ioniq 5 yang dipercaya akan diproduksi di Indonesia

Tahun 2022 diprediksi menjadi awal dari popularitas mobil listrik di Indonesia. Dengan PP 74/2021 tentang pajak berdasarkan emisi yang baru saja diberlakukan pada pertengahan Oktober lalu serta perkiraan produksi mobil listrik Hyundai di Indonesia, populasi kendaraan nol emisi ini dipercaya akan semakin meningkat tahun depan.

>>> Keuntungan dan Kerugian Menggunakan Mobil Listrik di Indonesia

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

 
back to top