Astra Otoparts Menyambut Positif Regulasi Uji Emisi di Jakarta

09/11/2021

Pasar mobil

4 menit

Share this post:
PT Astra Otoparts Tbk siap memaksimalkan momentum pemulihan ekonomi pasca PPKM. Salah satunya melalui regulasi uji emisi yang dicanangkan Pemrpov DKI Jakarta.

Tak bisa dipungkiri, pandemi COVID-19 dan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berimbas pada berbagai lini industri, tak terkecuali suku cadang kendaraan dan aftersales service.

Meski begitu, Astra Otoparts optimis bahwa pandemi akan semakin surut dan anak perusahaan Astra yang bergerak di komponen otomotif ini dapat bangkit di kuartal keempat tahun 2021.

Kegiatan Masyarakat Sudah Berangsur Normal

Presiden Direktur Astra Otoparts, Hamdhani Dzulkarnaen Salim menyebutkan bahwa kegiatan masyarakat yang sudah semakin normal serta euforianya akan berimbas positif terhadap bisnis mereka.

>>> Belanja Sparepart Astra Makin Mudah Melalui Aplikasi ASTRAOtoshop.com

Gambar Public Expose Astra Otoparts

Public Expose 2021 mengungkap kinerja perusahaan yang membaik pasca pandemi

"Kuartal IV-2021 semua menunjukkan tren positif, roda dua sangat positif, roda empat juga sangat positif, PPnBM masih ada insentifnya. Kami akan berusaha genjot semaksimal mungkin tahun ini. Tren pasar cenderung euforia, apa yang dialami di retail kami menunjukkan tren positif," urainya dalam Public Expose yang dilakukan secara virtual, Senin (8/11).

Ia menambahkan bahwa surutnya kasus positif Covid-19 ini membuat masyarakat ingin melakukan perjalanan. Tentu hal tersebut berimbas pada peningkatan ekonomi serta lini bisnis Astra Otoparts.

Gambar Kemacetan Arah Puncak

Sejak angka kasus positif COVID-19 menurun, masyarakat mulai sering melakukan perjalanan

Regulasi Uji Emisi Menjadi Salah Satu Momentum

Hamdhani juga menyebutkan bahwa keputusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta untuk menerapkan regulasi uji emisi berdampak positif terhadap perusahaan. Kewajiban melaksanakan uji emisi telah meningkatkan aktivitas di bengkel yang dikelola oleh mereka.

Saat ini, Astra Otoparts memiliki tiga bengkel mobil dengan nama Astra Otoservice yang sudah dibuka sejak akhir 2020. Bengkel perawatan mobil ini dibuka di tiga lokasi, yaitu Kelapa Gading, Serpong, dan Harapan Mulia, Bekasi.

Gambar Astra Otoservice

Bengkel Astra Otoservice mulai beroperasi sejak November 2020

"(Aktivitas) di Otoservice sangat besar, kegiatan uji emisi juga. Ini jadi katalis positif bagi kami, keharusan kendaraan di atas 3 tahun yang diterapkan oleh pemerintah daerah," terang Hamdhani Dzulkarnaen Salim.

>>> Sanksi Tilang Untuk Kendaraan Tak Lulus Uji Emisi Belum Berlaku

Seperti yang telah kami beritakan, Pemprov DKI Jakarta akan memberlakukan sanksi tilang kepada pemilik mobil yang tak lulus uji emisi. Tak main-main, denda yang akan dibebankan kepada pemilik roda empat yang melanggar mencapai Rp 500 ribu.

Awalnya kebijakan ini akan diberlakukan pada 13 November 2021. Namun, akhirnya diundur sampai 50% kendaraan di Jakarta telah melakukan uji emisi. Meski begitu, pihak Pemprov dan kepolisian akan terus melaksanakan sosialisasi.

Gambar Uji Emisi

Uji emisi wajib dilakukan untuk semua kendaraan yang berusia 3 tahun ke atas

Direktur Astra Otoparts, Wanny Wijaya menuturkan bahwa hingga September 2021, perseroan telah membukukan pendapatan sebesar Rp11,04 triliun dengan laba bersih mencapai Rp 466 miliar. Mereka optimis bahwa tren positif ini akan berlanjut hingga ke akhir tahun.

>>> Temukan Mobil Bekas Idaman dengan Harga yang Menarik di Sini

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top