Aston Martin Akan Luncurkan 2 Mobil Listrik di Tahun 2025

12/03/2021

Pasar mobil

3 menit

Aston Martin berencana membangun hadirkan mobil sport listrik dan SUV di Inggris mulai tahun 2025 mendatang.

Aston Martin berencana menghadirkan model baru dan versi baru dari model yang ada dalam beberapa tahun mendatang. Perluasan ini akan mencakup sejumlah varian berbeda dari DBX, termasuk mungkin DBX V12, dan dua mobil listrik baru.

>>> Catat Sejarah, Ini Dia Tampilan Safety Car F1 Aston Martin

Gambar menunjukan Aston Martin DBX

Tampilan Aston Martin DBX

Hadir di Tahun 2025

Ketua Aston Martin Lawrence Stroll mengkonfirmasi bahwa dua mobil listrik baru dari produsen mobil mewah asal Inggris itu akan diproduksi pada tahun 2025 mendatang. Kedua mobil listrik tersebut akan menjadi mobil sport dan SUV.

Stroll mengatakan bahwa SUV mobil listrik perusahaan akan diproduksi di Wales tempat Aston Martin yang saat ini memproduksi DBX. Sementara itu mobil sport EV Aston Martin akan dirakit di Gaydon bersama Vantage, DB11, dan DBS Superleggera.dan akan dipasarkan pada 2025 mendatang.

Mirip dengan beberapa model bermesin konvensional, model listrik baru Aston Martin kemungkinan besar akan mengandalkan teknologi dari Mercedes-Benz, yang saat ini memiliki 20 persen saham perusahaan asal Inggris tersebut. Aston Martin masih belum memiliki platform EV khusus dan drivetrain elektrik, dan kerja sama dengan Mercedes bisa menjadi jawaban atas semua masalahnya jangka pendek hingga menengah perusahaan.

"Kami jauh di depan rival kami, dan semua karena kemitraan kami dengan Mercedes," kata Ketua Aston Martin Lawrence Stroll.

>>> Cara Perawatan Kolong Mobil Supaya Nggak Karatan

Gambar menunjukan Polisi udara

Pemerintah Inggris larang penjualan mobil bensin dan diesel 

Sejalan dengan Wacana Pemerintah Inggris

Rencana Aston Martin ini tidak terlalu mengejutkan mengingat janji perusahaan untuk menghentikan mesin pembakaran internal non-elektrifikasi yang sejalan dengan wacana Pemerintah Inggris yang ingin menghentikan penjualan mobil bensin dan diesel pada tahun 2035 mendatang. Rencana ini dibuat setelah para ahli mengatakan akan terlambat jika Inggris yang memiliki ambisi membersihkan langitnya dari emisi karbon pada tahun 2050 baru memulainya di tahun 2040.

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson tahun lalu mengatakan jika memungkinkan larangan penjualan bensin dan diesel baru akan datang bahkan lebih awal dari 2035. Selain itu kendaraan hybrid juga telah dimasukkan dalam rencana ini. 

“Ketika kami menetapkan rencana kami untuk mencapai target nol emisi di tahun 2050 kami sangat ambisius, maka kami akan mendesak yang lain untuk bergabung dengan kami dalam menjaminkan nol emisi," kata Perdana Menteri Inggris (2/20).

>>> Lanjutkan Kolaborasi, Mercedes-Benz Akuisisi 20% Saham Aston Martin

Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top