Asian Games Jadi Ajang Uji Coba Mobil Swakemudi Jaringan 5G Telkomsel

23/07/2018

Pasar mobil
Share this post:
Asian Games Jadi Ajang Uji Coba Mobil Swakemudi Jaringan 5G Telkomsel
Industri 4.0 versi otomotif akhirnya sampai ke Indonesia. Disampaikan oleh Menteri Komunikasi dan Informasi, Rudiantara, Indonesia akan melakukan uji coba mobil swakemudi saat gelaran Asian games 2018.

Rencana kedatangan 5G ke Indonesia langsung mengaktifkan teknologi baru, mobil swakemudi. Menteri Komunikasi dan Informasi, Rudiantara mengumumkan bahwa Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika akan melakukan uji coba mobil swakemudi dengan uji coba 5G untuk aplikasi otonom.

"Nanti pada saat Asian Games ada uji coba aplikasinya (5G) untuk mobil otonom, yang kendaraan tanpa sopir. Selain itu akan ada lagi satu yang pertandingan," jelas Rudiantara kepada media, Jumat (20/7).

Gambar yang menunjukan nuansa Asian Games pada stasiun bus Transjakarta

Uji coba mobil swakemudi Telkomsel akan diadakan pada Asian Games 2018

Dalam keterangannya, Rudiantara mengungkapkan bahwa operator yang akan melakukan uji coba 5G pada gelaran Asian Games adalah Telkomsel. Frekuensi yang akan diuji coba disebut tidak terlalu besar, yaitu sekitar 3 GB. Meskipun begitu, ada kemungkinan frekuensi akan dinaikan hingga 8 GB.

>>> Event Sharing Strategi Berwirausaha Lokal dari PT. UMC Suzuki Surabaya

Uji coba ini, jelas Rudiantara, akan fokus pada masalah teknis terhadap lingkungan di Indonesia. "5G bukan hanya frekuensi tapi perangkatnya. Device di sisi user dan aplikasi. Jadi semua harus lengkap. Tujuannya melihat itu," ujarnya.

Gambar yang menunjukan Telkomsel yang sedang mengembangkan frekuensi 5G

Bersama XL, Telkomsel merupakan operator yang sedang getol mengembangkan jaringan 5G

Operator di Indonesia memang sedang berlomba-lomba mengembankan kecepatan 5G. selain Telkomsel yang akan melakukan uji coba pada Asian Games, operator lain seperti XL Axiata disebut akan melakukan uji coba 5G di kawasan Kota Tua, Jakarta.

>>> Tertarik membeli mobil baru berteknologi tinggi? Klik disini untuk informasi selanjutnya

Ketergantungan mobil swakemudi pada kecepatan transfer data

Frekuensi 5G diklaim mampu menghasilkan kecepatan hingga 5 Gbps pada jaringan frekuensi 15 GHz, jauh lebih tinggi dibandingkan 4G yang mampu menghasilkan kecepatan 100 Mb/detik hingga 1 GB/detik. Kecepatan transfer data sangat diperlukan, terlebih bagi mobil swakemudi yang terhubung dengan internet dan dikendalikan jarak jauh.

>>> Berita informatif seputar pasar mobil dunia hanya di Cintamobil

Gambar yang menunjukan sensor yang ada pada mobil swakemudi

Koneksi internet dibutuhkan untuk kelancaran sistem mobil swakemudi

Meskipun detail desain bervariasi, sebagian besar sistem swakemudi menganalisis data dan peta lingkungan berdasarkan berbagai sensor, seperti radar, laser, hingga kamera bertenaga tinggi. Bahkan, transfer data berkecepatan tinggi diperlukan bagi kendaraan swakemudi untuk saling terhubung satu sama lain.

Perangkat lunak akan memproses input tersebut sampai mengirim instruksi ke kendaraan untuk mengontrol akselerasi, pengereman, dan kemudi. Tentu saja, koneksi 5G yang memberikan kecepatan transfer data yang tinggi diperlukan untuk membuat mobil swakemudi mampu mengambil keputusan dengan cepat di jalanan.

>>> Dapatkan berita otomotif dari seluruh dunia hanya di Cintamobil

Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top