Arti dan Sejarah Logo Mobil Honda yang Tak Pernah Berubah

10/03/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Arti dan Sejarah Logo Mobil Honda yang Tak Pernah Berubah
Dibandingkan pabrikan lainnya, logo mobil Honda merupakan satu di antara sedikit logo pabrikan yang tetap sama sejak pertama kali diperkenalkan pada 1970-an silam.

Perusahaan Honda memiliki banyak cabang dan produksi yang berbeda. Semuanya memiliki logo unik di setiap lini produknya, mulai dari sayap pada merek sepeda motor hingga balik merah dan hitam pada produk peralatan listrik Honda. Namun logo mobil Honda yang berusia 50 tahun tetap tidak berubah. Logo ‘H’ khas Honda memiliki arti dan makna tersendiri.

Sejarah perusahaan Honda

Honda Motor Company mendapatkan namanya dari sang pendiri, Soichiro Honda. Dalam bahasa Jepang sendiri, namanya berarti “dia yang berasal dari satu ladang”. Namun beberapa situs menjelaskan perbedaan arti nama Honda. Banyak pula yang menyebutkan bahwa Honda berarti ‘padi asli’.

Jepang merupakan negara yang terisolasi dari dunia untuk waktu yang lama. Hambatan bahasa yang besar membuat mudah bagi pabrikan Amerika dan Eropa untuk menerima makna Honda yang berarti ‘padi asli’. Penamaan ini dihubungkan dengan banyaknya sawah yang ada di Jepang.

Soichiro Honda pendiri Honda memakai jas 
Soichiro Honda, nama besar di balik kejayaan Honda

>>> First Drive New Honda Civic Hatchback RS, Mempertegas Karakter Sporty Civic Semakin Seksi

Soichiro Honda memiliki ketertarikan yang besar terhadap mobil sejak dia masih kecil. Dia tertarik pada segala sesuatu yang berhubungan dengan mekanik dan industri otomatis. Tak mengherankan, mengingat Soichiro belajar secara otodidak untuk menjalankan dan membuat pabrik mobilnya sendiri.

Soichiro sendiri merupakan seorang mekanik yang bekerja sebagai montir. Dia pun awalnya memulai perusahaan cincin pistonnya sendiri setelah menghadiri sekolah teknik untuk memproduksi cincin piston Toyota bernama Tokai Seiki Heavy Industry ada 1937.

Bencana menimpa 8 tahun kemudian, ketika sebuah serangan bom menghancurkan salah satu pabrik Honda pada tahun 1944 dan gempa bumi menghancurkan pabrik lainnya pada tahun berikutnya. Soichiro Honda akhirnya membangun perusahan sepeda motor dan mendirikan merek otomotifnya sendiri paska Perang Dunia II.

pikap Honda T360 berwarna biru 
Truk pikap Honda T360 yang menjadi mobil pertama Honda

Soichiro Honda dan Takeo Fujisawa kemudian membentuk Honda Motor Company di Hamamatsu, Jepang pada September 1948. Baru pada 1963 perusahaan ini dikenal sebagai produsen sepeda motor terbesar di dunia. Di tahun yang sama, Honda memperkenalkan mobil pertama mereka, truk pikap Honda T360. Sejak saat itu, Honda menjadi salah satu pabrikan otomotif terkemuka di dunia.

>>> Ingin membeli mobil Honda baru maupun bekas? Dapatkan daftarnya di sini

Logo yang tak pernah berubah

Honda memiliki berbagai logo untuk berbagai departemen produksinya. Tetapi semua logo memiliki satu kesamaan, yaitu huruf ‘H’. Misalnya logo pada produk sepeda motor Honda memiliki lambang Honda Wings yang terkenal sementara huruf ‘A’ yang mirip huruf ‘H’ terbalik dapat ditemukan pada bodi Acura.

logo Acura berwarna hitam dan Honda berwarna merah 
Logo mobil Honda dan Acura memiliki kesamaan, hanya dibalik

Pada awalnya, iklan untuk produk-produk Honda hanya menampilkan logo berbasis teks dari Honda. Dengan huruf berwarna merah yang tebal, bergaya Romawi, dimana semua huruf kapital tebal yang masih digunakan sampai sekarang. Menariknya di Jepang, huruf ‘H’ pada logo mobil Honda sedikit lebih besar dibandingkan huruf lainnya.

Ketika Honda mulai memproduksi mobil pada awal tahun 1970-an dengan diperkenalkannya T360 pada tahun 1963 dan Honda Civic yang fenomenal satu dekade kemudian, huruf ‘H’ yang tebal menjadi logo merek. Bahkan logo yang digunakan Honda tak mengalami perubahan sejak 50 tahun lalu ketika diperkenalkan pada desain depan Honda T360.

>>> Review Honda Civic LX 1989: Pionir Sedan Jepang Berjiwa Sporty

Arti warna logo mobil Honda

Untuk masalah warna, logo resmi Honda menghadirkan tiga kombinasi warna, yaitu perak, merah, dan hitam. Semua warna memiliki arti masing-masing. Mulai dari perak yang mengindikasikan keanggunan, merah yang berarti gairah atau semangat, serta hitam yang berarti kecanggihan. Selama hampir 50 tahun, lambang Honda tetap sederhana, minimalis, dan dengan mudah teridentifikasi.

Dilansir dari Car Brand Names, lambang Honda pada bagian depan kendaraan menampilkan nada metalik abu-abu. Warna yang menawan serta mampu menghasilkan kesan inspiratif dan bercahaya. Logo Honda pun menghadirkan kesan sederhana, elegan, dan bergaya. Kombinasi tersebut mewakili filosofi Honda yang berdasarkan pada keindahan dan daya tahannya.

logo mobil Honda berwarna perak pada mobil berwarna hitam 
Logo Honda memiliki kesan 3D dengan warna silver yang dominan

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut update berita lain tentang pasar otomotif Indonesia

Meskipun perkembangan logo mobil Honda masih sama sejak pertama didirikan, pabrikan legendaris asal Jepang ini tetap mengembangkan berbagai teknologi menarik untuk semua produksinya. Honda dipercaya akan mengembangkan teknologi hibrida yang nantinya akan menempati 80% penjualan merek Honda di Jepang serta 20% di Amerika dan seluruh dunia.

Honda saat ini juga sedang mengembangkan mesin untuk peningkatan efisiensi bahan bakar. Salah satunya dengan pencapaian efisiensi panas 50% dengan mengorbankan turbocharging dan teknologi pengapian campuran untuk model terbarunya. Sistem ini sedang dipersiapkan dalam mesin 1.0 liter yang diharapkan akan diperkenalkan pada model terbarunya di 2020 ini.

>>> Berita otomotif terbaru dan terlengkap bisa Anda dapatkan di Cintamobil.com

Share this post:
Padli Nurdin
Penulis
Padli Nurdin
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Berita lain

Daftar Harga Mobil Bekas Taksi, Honda Mobilio Mengejutkan!

28/02/2020

Pasar mobil

5 menit

Mencari mobil murah, coba lirik daftar harga mobil bekas taksi berikut ini, Honda Mobilio bekas taksi adalah salah satu mobil yang kami rekomendasikan

Lihat juga

Anniversary ke-5 Mobilio Indonesia, Surabaya Banjir Honda Mobilio

29/02/2020

Event - Promosi

5 menit

Anniversary ke-5 Mobilio Indonesia (MOI) berlangsung di Surabaya, Jawa Timur. Tempat ini dipilih karena bertepadan dengan Jambore Daerah MOI chapter Jawa Timur.

Lihat juga

Mobil Honda F1 Untuk Musim 2020 Mejeng Dan Siap Tes Pra Musim

27/02/2020

Event - Promosi

3 menit

Mobil Honda F1 untuk tim yang dipasok Honda yakni Red Bull Racing F1 dan AlphaTauri F1 team meluncur, serta siap menjalani tes pra musim F1 musim 2020

Lihat juga

Wuling Jakarta Raya Sahkan Logo dan Pengurus Baru

27/02/2020

Event - Promosi

5 menit

Wuling Jakarta Raya mengesahkan jajaran pengurus komunitas untuk periode 2020 dan juga memperkenalkan logo komunitas mereka yang terbaru. Kegiatan ini merupakan agenda wajib di awal tahun.

Lihat juga

Songsong Era Elektrifikasi, KIA Perkenalkan Logo Baru

26/02/2020

Pasar mobil

3 menit

Muncul pertama kalinya pada mobil konsep KIA Imagine di Geneva Motor Show 2019, KIA mengonfirmasi logo baru yang menjadi gambaran bagaimana Korea Selatan itu menyambut era mobil listrik.

Lihat juga