Apple CarPlay di Mobil Honda Banyak Dikeluhkan Bermasalah

06/01/2021

Pasar mobil

5 menit

Apple CarPlay di Mobil Honda Banyak Dikeluhkan Bermasalah
Para pengguna Apple CarPlay di mobil Honda banyak mengeluhkan sistem ini bisa tiba-tiba terdiam atau bahkan membuat layar headunit mati secara tiba-tiba. Mereka pun mengaku sudah melakukan banyak hal untuk mengatasi problem tersebut, tapi hasilnya nihil.

Honda tahun lalu pernah mengumumkan jika sejumlah modelnya sudah menggunakan sistem infotainment berbasis Apple CarPlay. Namun ternyata para pemilik mobil ini mengeluhkan pengalaman buruk menggunakan Apple CarPlay di mobil Honda.

Bahkan semakin lama keluhan atas sistem besutan Apple itu terus meningkat. Bahkan terkadang CarPlay membuat headunit di mobil tersebut menjadi error dan membuat pengendara jadi kehilangan konsentrasi mengemudinya.

>>> Waze Uji Coba Fitur Baru di Apple CarPlay yang Lebih Baik dari Google Maps

Masalah Apple CarPlay di Mobil Honda Semakin Parah

Apple CarPlay Honda

Pengguna banyak yang mengeluhkan monitor headunit bisa mati tiba-tiba

Dikutip dari Autoevolution, Selasa (05/01/2021), sejumlah forum diskusi seperti Reddit sering membahas mengenai beberapa pemilik mobil Honda di Amerika Serikat (AS) yang mengeluhkan sistem CarPlay pada kendaraan mereka. Dan mereka tidak tahu persis apa yang membuat sistem tersebut sering mengalami masalah serta bagaimana cara memperbaikinya.

Beberapa pengguna mengeluhkan terkadang sistem CarPlay mati tiba-tiba atau tidak bisa diakses. Yang lain mengalami monitor pada headunit menjadi gelap secara tiba-tiba. Pengguna lain ada juga yang mengaku mengalami masalah itu, namun setelah mematikan headunit dan menyalakannya lagi maka masalah akan hilang. Namun jelas ini akan mengganggu konsentrasi selama mengemudi.

Beberapa pemilik pernah mengungkapkan jika dia sudah mendatangi dealer Honda terdekat untuk mencoba mencari solusi masalah ini. Tapi ternyata pihak dealer pun ada yang beberapa tak sanggup menyelesaikannya secara tuntas. Keluhan akan sistem Apple CarPlay ini pun disebutkan semakin hari semakin marak.

>>> Ini Dia Tips Mengatur Android Auto dan Apple CarPlay Wireless Honda

Sudah Banyak Cara Dilakukan Tapi Hasilnya Nihil

Apple CarPlay Honda Menu

Pihak Honda diharapkan bisa menyelesaikan masalah ini

>>> Review Honda Odyssey 2021: Kepraktisan Maksimal Khusus Pasar Jepang

Pihak Honda juga sudah mengeluarkan buletin instruksi tentang cara mengatasi masalah Apple CarPlay ini. Namun yang dianjurkan hanya memperbaharui perangkat lunak pada iPhone dengan iOS versi terbaru, mengganti kabel dengan yang original, serta melakukan restart ponsel. Langkah ini diyakini penggunanya ini hanya solusi umum yang sudah dilakukan banyak pemilik Honda.

Kemudian Honda juga pernah merilis versi perangkat lunak terbaru untuk headunit yang sudah dibekali sistem Apple CarPlay. Dan sebagian pengguna pun telah melakukan langkah ini tapi ternyata tidak menjadi solusi masalah tersebut. Kini mereka hanya berharap perusahaan Jepang itu bisa memberikan alasan dan mencari solusi atas masalah Apple CarPlay pada mobil Honda tersebut.

Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top