Apple Car Disebut Bakal Digarap Bareng Hyundai

08/01/2021

Pasar mobil

4 menit

Apple Car Disebut Bakal Digarap Bareng Hyundai
Hyundai Motor disebut-sebut tengah melakukan diskusi awal untuk mengembangkan Apple Car. Sayang hingga saat ini Apple masih enggan memberikan komentarnya.

Saham Hyundai Motor dikabarkan naik 23 persen usai produsen asal Negeri Ginseng tersebut mengaku tengah melakukan diskusi dengan perusahaan raksasa teknologi, Apple. Keduanya dikabarkan berpotensi untuk mengembangkan mobil listrik. 

"Kami memahami bahwa Apple tengah melakukan diskusi dengan banyak pabrikan, termasuk Hyundai Motor. Saat ini diskusi masih tahap awal dan belum ada keputusan apapun," ungkap perwakilan Hyundai Motor, dikutip CNBC, Jumat (8/1/2021). 

>>> Apple Car Dipercaya Jadi Pemain Serius di Industri Otomotif Global

Bakal Kembangkan Mobil Listrik dan Baterainya

Apple Car masih misteri

Kemunculannya masih misteri

Pernyataan tersebut keluar usai adanya laporan dari media lokal Korea Economic Daily yang menyebut bahwa Apple telah membidik kerja sama dengan Hyundai Motor.

Dalam laporan itu disebut bahwa keduanya akan memproduksi kendaraan listrik. Pengembangan teknologi baterai pun masuk dalam proposal tersebut. Kabarnya mobil dari kolaborasi keduanya akan lahir pada 2027. 

Sayang hingga saat ini Apple masih menolak untuk memberikan komentar. Hyundai kemudian merilis pernyataan baru dan tak lagi menyebutkan Apple di dalamnya. 

"Kami menerima banyak permintaan dari berbagai perusahaan terkait pengembangan mobil listrik berteknologi otonom. Namun hingga saat ini belum ada keputusan yang kami buat dan ini masih tahap awal," jelas Hyundai dalam pernyatannya lagi. 

Spekulasi kehadiran Apple Car memang sudah muncul beberapa kali. Namun sampai sekarang belum juga ada langkah konkret terkait lahirnya Apple Car. Baru-baru ini juga nama Apple Car kembali mencuat dan dikabarkan akan meluncur pada 2024. 

"Sudah lebih dari enam tahun kita disajikan dengan pemberitaan soal ambisi Apple di industri otomotif," ungkap Analis Wedbush Securities Daniel Ives and Strecker Backe. 

Namun kembali lagi, belum ada keterangan resmi dari Apple yang membenarkan atau menolak isu mobil listrik di atas. Sumber Reuters memastikan kabar tersebut cukup valid menjawab prediksi sebelumnya dimana mobil listrik Apple bakal dirilis akhir 2021.

>>> Apple Car Diprediksi Muncul Akhir 2021

Sudah Muncul Sejak 2014

mobil Apple

Projek tersebut sudah muncul sejak 2014

Sekadar kilas balik, Apple pernah mempublikasikan Project Titan pada 2014 sebagai proyek mobil listrik Apple masa depan. Namun proyek besar itu harus mundur selangkah pada tahun berikutnya karena Apple memutuskan fokus pada perangkat lunak kendaraan. Baru pada 2018, Project Titan kembali diangkat saat Doug Field, seorang veteran yang pernah bekerja di Tesla Inc bergabung dengan Apple.

Field mengerti bahwa proyek mobil listrik bukan proyek sederhana. Butuh persiapan panjang dari sejak perencanaan, riset, hingga mempersiapkan berbagai sumber daya. Seperti Elon Musk yang membutuhkan waktu sekitar 17 tahun sebelum akhirnya menghasilkan mobil listrik Tesla yang memberinya keuntungan berkelanjutan.

Satu keuntungan lain bagi Apple adalah memiliki modal yang sangat besar dari penghasilannya menjual produk elektronik di seluruh dunia setiap tahun. Itu cukup menjadi sumber daya yang bisa dimanfaatkan secara maksimal.

>>> Mobil Listrik Apple Dirilis Tahun 2024

Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020
 
back to top