Aplikasi JAKETBUS Diluncurkan Pemprov DKI Jakarta, Beli Tiket Bus Kini Bisa Online

30/10/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Aplikasi JAKETBUS Diluncurkan Pemprov DKI Jakarta, Beli Tiket Bus Kini Bisa Online
Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta meluncurkan aplikasi JAKETBUS (Jakarta Electronic Ticketing Bus), beli tiket bus kini bisa dilakukan secara online.

Digitalisasi terus berkembang di segala bidang, termasuk transportasi. Beragam inovasi diciptakan agar semakin memudahkan masyarakat mendapatkan pelayanan. Misalnya transaksi non tunai yang sudah diterapkan pada transportasi umum baik melalui kartu uang elektronik maupun aplikasi.

Aplikasi JAKETBUS (Jakarta Electronic Ticketing Bus)

Aplikasi ini menjadi inovasi terbaru Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta. Secara resmi Pemprov yang diwakili Deputi Gubernur Bidang Budaya dan Pariwisata Provinsi DKI Jakarta, Direktur Angkutan Jalan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta serta Kepala Unit Pengelola Terminal Terpadu Pulo Gebang, melakukan soft launching JAKETBUS di Terminal Terpadu Pulo Gebang pada Rabu, (28/10/20).

Bersamaan dengan itu aplikasi JAKETBUS sudah dapat diunduh di Google Play Store. JAKETBUS adalah aplikasi pemesanan tiket bus secara online di Jakarta yang terintegrasi dengan Jakarta Terminal Integrated System. Masyarakat akan lebih mudah memperoleh informasi jadwal serta harga tiket bus yang akan berangkat secara transparansi.

Untuk saat ini aplikasi JAKETBUS baru berlaku di Terminal Terpadu Pulo Gebang. Dan pada tanggal 10 Desember 2020 seluruh penjualan tiket di terminal ini akan dilakukan secara online dan penjualan tiket tidak lagi dilakukan secara manual.

>>> Ini 5 Alasan Orang Tak Suka Naik Angkutan Umum

Foto menunjukkan Soft Launching aplikasi JAKETBUS

Pembelian tiket bus bakal dilakukan secara online

Diberlakukan di seluruh terminal bus

Kedepan, aplikasi JAKETBUS akan diimplementasikan pada seluruh Terminal Bus AKAP yang ada di Provinsi DKI Jakarta yaitu Terminal Kampung Rambutan, Terminal Kalideres dan Terminal Tanjung Priok.

“Kami berharap JAKETBUS ini menjadi unggulan bagi masyarakat dan operator Bus AKAP menjadi primadona dalam melakukan perjalanan,” tutur Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta.

Terminal Pulo Gebang

Terminal Pulo Gebang atau dikenal Terminal Bus Terpadu Sentra Timur Pulo Gebang adalah salah satu terminal bus tipe A terbesar di Asia Tenggara. Lokasinya di Cakung, Jakarta Timur dan diresmikan pada 28 Desember 2016.

Terminal ini dibangun mulai dibangun pada 2009 untuk menggantikan fungsi Terminal Pulo Gadung yang sudah tidak layak. Keberadaannya juga dimaksudkan untuk menghilangkan terminal bayangan di Jakarta yang selama ini menjadi penyebab kemacetan, serta menyediakan fasilitas transportasi yang nyaman, aman, dan aksesibel.

Mulai akhir Januari 2017, seluruh bus Antar Kota Antar Provinsi (kecuali tujuan Jawa Barat) diwajibkan masuk ke Terminal Pulo Gebang untuk aktivitas naik dan turun penumpang.

>>> Aturan Naik Bus di Jakarta Selama PSBB

Foto menunjukkan Terminal Bus Pulo Gebang

Terminal Pulo Gebang, salah satu terminal bus terbesar di Asia Tenggara

>>> Baca berita otomotif lainnya di sini!

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top