Apa?! AMG, Maybach, dan G-Class Bakal Pisah Dari Mercedes-Benz?

05/07/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Tenang, ini bukan berarti AMG, Maybach, dan G-Class dihapuskan. Ketiganya akan menjadi brand baru di luar Mercedes-Benz. Hal tersebut dilaksanakan tahun ini.

Ada banyak pergerakan dalam struktur bisnis dan strategi Mercedes-Benz selama satu tahun terakhir. Sebagian besar pergerakan ini merupakan bagian dari strategi CEO Daimler, Ola Kallenius untuk berfokus pada penjualan dengan margin tinggi.

Gambar Markas Mercedes-Benz

Rumor dari markas Mercedes-Benz bahwa ketiganya akan menjadi entitas mandiri

Sekarang, Daimler, perusahaan induk Mercedes dilaporkan akan membuat langkah radikal di tahun ini. Menurut surat kabar Jerman, Automobilwoche, Daimler berencana untuk mengumumkan grup bisnis baru yang terdiri dari AMG, Maybach, dan G-Class. Rumornya, pengumuman pemecahan ketiga brand dari Mercedes-Benz tersebut akan dilakukan pada bulan September di Munich Auto Show.

>>> Lewis Hamilton Perpanjang Kontrak, Bakal Mengakhiri Karir di Mercedes?

Menguatkan Ketiga Sub-brand

Salah satu juru bicara Daimler yang membocorkan berita ini mengatakan bahwa langkah tersebut akan merampingkan biaya pemasaran di dalam perusahaan dan akan memperkuat ketiga sub-brand yang dianggap sebagai pilar penting dalam strategi barunya.

Perlu diketahui bahwa AMG adalah divisi performa Mercedes, sementara Maybach berfokus pada kemewahan untuk menyaingi merek seperti Rolls-Royce dan Bentley. G-Class, di sisi lain, adalah jajaran kendaraan off-road mewah dari pabrikan berlambang three-pointed star ini.

Gambar Maybach

Maybach, pesaing Rolls-Royce dalam hal kemewahan

Juru bicara tersebut juga mengatakan bahwa perusahaan saat ini sedang dalam proses merancang grup bisnis baru, serta mengevaluasi potensi di berbagai bidang. Soal siapa yang akan memimpin grup sub-brand ini, bos AMG Philipp Schiemer dikabarkan menjadi kandidat utama.

>>> Warga Jakarta Cuek PPKM Darurat! Hasilnya Kemacetan di Mana-Mana

Belum ada informasi mengenai struktur perusahaan dari grup bisnis baru ini, juga belum ada untuk melakukan debut terhadap produk dari grup tersebut.

Sejarah Mercedes-AMG

Perusahaan ini awalnya dibuat sekitar tahun 1960-an oleh seorang pria bernama Hans-Werner Aufrecht. Awalnya, ia adalah mekanik dari Mercedes-Benz.

Aufrecht mendirikan AMG sebagai bentuk kekecewaannya pada Mercedes-Benz yang memutuskan mundur dari dunia balap. Namun, ia tetap ingin meneruskan kiprah pabrikan berlogo three-pointed star itu di lintasan.

Bersama dengan mekanik lainnya, Erhard Melcher, mereka pun sukses membuat sebuah Mercedes-Benz dengan performa tinggi yang mampu berprestasi di ajang balap mobil touring Jerman.

>>> Mewah! Toyota Alphard dan Vellfire Jadi Armada Taksi Online AirAsia

Gambar 300 SEL

300 SEL, mobil balap pertama dari AMG yang mengikuti Le Mans

Berkat keberhasilan mereka, mereka pun akhirnya mendapat pengakuan dari Mercedes-Benz. Akhirnya pada tahun 1990-an Mercedes-Benz secara resmi menjalin kerja sama dan menjadikan AMG sebagai tim balap resmi mereka.

Kemudian, saham mereka sebagian besar dibeli oleh Mercedes-Benz dan namanya berubah menjadi Mercedes-AMG GmbH, sejak saat itu, setiap mobil performa tinggi dari Mercedes-Benz dikembangkan dan menggunakan nomenklatur AMG.

Kini, bersama dengan Maybach dan G-Class, AMG akan menjadi entitas baru di luar Mercedes-Benz.

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top