Antsipasi Pemudik Bandel, Penjagaan Jalur Tikus Diperketat

08/05/2020

Pasar mobil

3 menit

Antsipasi Pemudik Bandel, Penjagaan Jalur Tikus Diperketat
Polisi memperketat penjagaan di jalur tikus untuk mengantisipasi para perantau bandel yang tetap nekat mudik di tengah larangan mudik oleh pemerintah.

Larangan mudik sekaligus penutupan sejumlah jalan dari dan menuju ibu kota belum sepenuhnya dipatuhi. Masih banyak masyarakat di perantauan nekat melakukan perjalanan mudik dengan beragam alasan. Mereka melakukan berbagai cara dan rekayasa agar keinginan mereka berjalan mulus, terbebas dari razia seperti bersembunyi di dalam bagasi bus hingga di balik muatan truk. Tidak peduli hal tersebut jauh dari kata nyaman yang penting mereka bisa lolos.

Foto menunjukkan Mobil pemudik dicegat petugas di Kota Cimahi

Menyewa jasa travel ilegal buat mudik lebaran

>>> Mobil Barang Bawa Penumpang Saat Larangan Mudik, Sanksi Bisa Berlipat

Jalur tikus

Cara lain yang juga dipilih adalah melalui jalur tikus. Seperti dua travel pengangkut 30 pemudik yang viral dikejar petugas saat melintas di jalanan kota Cimahi. Dua pengemudi mengaku bisa lolos karena melewati jalan alternatif. Atas kejadian tersebut Kasatlantas Polres Cimahi, AKP Susanti Samaniah menyatakan bakal menindak pengemudi yang ketahuan mengelabuhi melalui jalur alternatif. Selain dikenakan tindakan tilang, mereka wajib putar arah ke daerah asal.

“Kendaraan dari luar kota Cimahi ada yang akan menuju kota di Jawa, ada yang menuju Bandung, ada yang menuju Cimahi juga kami putarbalikan terutama di Gate Tol Padalarang dan Gate Tol Baros,” tutur AKP Susanti seperti dikutip NTMC Polri, (7/5/2020).

“Di jalan-jalan kecil juga kemarin ada yang kita berhentikan ada dua travel yang membawa penumpang sebanyak 30 orang dan langsung kita putarbalikan kembali,” tegasnya.

>>> Polisi Sebut Pelanggar Larangan Mudik Cukup Efektif Diminta Putar Balik

Penjagaan diperketat

Gambar menunjukkan Check point PSBB Kota Cimahi

PSBB berakhir, dilanjutkan mengikuti PSBB provinsi Jawa Barat

Atas kejadian di atas penjagaan jalur tikus di kota Cimahi diperketat selama 24 jam. Sebenarnya dari awal memang sudah dijaga, namun banyak yang memanfaatkan kelemahan petugas sehingga sejumlah kendaraan lolos. Di Cimahi sendiri banyak jalan alternatif yang sering digunakan akses warga keluar masuk kota.

Hingga kini menurut AKP Susanti sudah ada 109 kendaraan roda empat dan 72 kendaraan roda dua dipaksa putar balik ke daerah asal karena diketahui hendak mudik. Diingatkan bagi pemudik bandel untuk tidak melewati wilayah hukum Cimahi karena tidak ada celah lagi untuk lolos.

>>> Berita otomotif terbaru dan terlengkap bisa dibaca disini

Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top