Antisipasi Arus Balik, Jalur Tikus ke Jakarta Diperketat

26/05/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Antisipasi Arus Balik, Jalur Tikus ke Jakarta Diperketat
Selesai pelarangan mudik lebaran, Polisi mempersiapkan diri menghadapi arus balik dengan memperketat jalur tikus di perbatasan menuju Provinsi DKI Jakarta.

Larangan mudik lebaran belum berakhir meski sudah melewati hari H Idul Fitri 1441 Hijriyah dan sebagian pekerja sudah memulai aktivitas lagi. Masih ada perayaan hingga H+7 seperti yang dilakukan sejumlah daerah. Yang artinya masih ada potensi mudik dari warga yang berada di perantauan. Penyekatan jalan tetap diberlakukan Kepolisian hingga H+7 Lebaran mengantisipasi pemudik yang memilih keluar wilayah Jabodetabek setelah hari H. Sementara untuk warga Jabodetabek diperbolehkan mudik lokal dengan syarat tetap mengikuti prosedur kesehatan.

Pengawasan Jalur tikus ke Jakarta diperketat

Mengantisipasi gelombang arus balik yang diperkirakan bakal segera berlangsung, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Ditlantas Polda Metro Jaya melakukan berbagai persiapan. Penjagaan bakal dilakukan secara ketat di 11 titik perbatasan Jakarta dengan Bogor, Tangerang, dan Bekasi. Selain itu sejumlah jalur tikus menuju Jakarta juga bakal diperketat untuk memastikan tidak ada warga yang masuk Jakarta tanpa pemeriksaan.

“Kalau jalan tikus itu dari Polres-Polres yang akan melakukan pemeriksaan. Mereka yang meriksa ya. Personel kita juga akan dibantu dari Dishub sama Satpol PP DKI ya,” tutur Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Sambodo Purnomo Yugo, seperti dikutip dari NTMC Polri, (25/5/2020).

>>> 30 Hari Operasi Ketupat, Polisi Amankan 605 Travel Gelap

Foto menunjukkan sejumlah kendaraan melintas di jalur tikus

Jalur tikus bakal diawasi

11 Titik penyekatan

Secara terperinci berikut 11 titik penyekatan yang dilakukan Pemprov DKI bersama Dirlantas Polda Metro Jaya:

Kabupaten Tangerang

  1. Jalan Syekh Nawawi
  2. Gerbang Tol Cikupa
  3. Jalan Raya Serang
  4. Jalan Raya Maja

Kabupaten Bogor

  1. Jalan Jasinga
  2. Jalan Ciawi-Cianjur
  3. Jalan Ciawi-Sukabumi
  4. Jalan Raya Tanjung Sari

Kabupaten Bekasi

  1. Jalan Raya Pantura (Kedung Waringin)
  2. Jalan Inspeksi Kalimalang
  3. Ruas Tol Cikarang Km 47 arah Jakarta.

Senada dengan polisi, Dinas Perhubungan DKI Jakarta juga memastikan ruang gerak pemudik di jalur tikus menuju Jakarta bakal lebih sempit dengan adanya 11 titik penyekatan di atas.

“Tentu dengan pola sekarang ada 11 titik penyekatan di batas wilayah administrasi Jabodetabek, ini tentu polanya tidak akan ada lagi jalan tikus di sana ya. Sehingga tidak akan ada lagi pergerakan orang-orang yang colongan,” ujar Kadishub DKI Jakarta, Syafrin Liputo.

>>> BP-AKR Berikan Tips Menjaga Performa Kendaraan Selama PSBB

Foto menunjukkan pemeriksaan kendaraan oleh petugas

Pemeriksaan kendaraan berlanjut hingga arus balik

>>> Berita aktual lainnya terkait otomotif ada disini!

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

Polda Metro Jaya Amankan 202 Travel Gelap Angkut Pemudik di Jalur Tikus

11/05/2020

Pasar mobil

3 menit

Kepolisian Daerah Metropolitan Jakarta Raya berhasil amankan sebanyak 202 travel gelap yang masih beroperasi angkut pemudik dengan memanfaatkan jalur tikus.

Lihat juga

Jelang Lebaran Polisi Terus Perketat Penjagaan Jalur Tikus

09/05/2020

Event - Promosi

5 menit

Petugas di pos penyekatan larangan mudik akan memperketat penjagaan menjelang Lebaran, terutama bagi pada pemudik lewat jalur tikus yang masih nekat.

Lihat juga

Antsipasi Pemudik Bandel, Penjagaan Jalur Tikus Diperketat

08/05/2020

Pasar mobil

3 menit

Polisi memperketat penjagaan di jalur tikus untuk mengantisipasi para perantau bandel yang tetap nekat mudik di tengah larangan mudik oleh pemerintah.

Lihat juga
 
back to top