Antisipasi Arus Balik 8-9 Juni, Ini Strategi Jasa Marga untuk Tekan Kemacetan

10/06/2019

Pasar mobil

2 menit

Antisipasi Arus Balik 8-9 Juni, Ini Strategi Jasa Marga untuk Tekan Kemacetan
Tanggal 8 dan 9 Juni diprediksi sebagai puncak arus balik bagi pemudik yang ingin kembali setelah mudik Lebaran 2019. Untuk mengantisipasi hal tersebut, Jasa Marga menyebutkan strategi yang dilakukan melalui Rapat Koordinasi.

Untuk mengantisipasi tingginya volume kendaraan di jalan pada arus balik Lebaran 2019 ini, pihak Jasa Marga melakukan Rapat Koordinasi (Rakor) tentang Pembahasan Evaluasi Arus Mudik dan Persiapan Pelaksanaan Arus Balik Lalu Lintas Lebaran Tahun 2019.

Rakor yang dihadiri oleh berbagai instansi terkait, seperti pihak Kepolisian dan Dinas Perhubungan bertujuan untuk menganalisis dan mengevaluasi pengaturan lalu lintas mudik Lebaran tahun ini. Ada enam poin yang sudah ditetapkan PT Jasa Marga (Persero) Tbk dalam mengantisipasi kemacetan dan lalu lintas pada arus balik.

sistem satu arah pada mudik Lebaran 2019 
Sistem satu arah masih akan dilakukan pada arus balik 8-9 Juni

>>> Inilah Jadwal Penerapan One-Way Tol Arus Balik Lebaran 2019

Dilansir dari Tempo, berikut enam poin yang disampaikan pada Rakor Jasa Marga tersebut,

  • Rambu-rambu akses masuk rest area sudah harus terpasang sebelum pelaksanaan one way arus balik pada 7 Juni 2019
  • Penambahan toilet mobile, termasuk kanopi pelindung untuk antrian toilet sebelum 7 Juni 2019
  • Menambah mobil Layanan Jalan Tol untuk mengantisipasi mobil mobil di jalan tol. Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) juga diminta menempatkan mobil derek dan bengkel Agen Pemegang Merek (APM) di rest area tipe A sebelum 7 Juni 2019.
  • Menempatkan informasi tentang call center emergency yang bisa dihubungi setiap saat dan ditempatkan di bawah rambu dan tempat-tempat strategis.
  • Menambah mobil reader dari 28 unit ke 38 unit dan EDC dari 2 menjadi 12 di Gerbang Tol Palimanan yang menjadi gerbang tol pembayaran cluster 2 dan tapping cluster 1.
  • Pelaksanaan sistem one way berlangsung dari 7 Juni hingga 10 Juni. Dimulai dari pukul 12.00 WIB s.d 24.00 WIB, dari KM 414 GT Kalikangkung sampai KM 70 GT di gerbang tol Cikampek Utama. Lalu contra flow akan dilakukan pada KM 70 sampai KM 65 atau sesuai dengan dinamika di lapangan dengan pertimbangan diskresi Kepolisian.

>>> Berita pasar mobil dan mudik Lebaran 2019 bisa Anda dapatkan di sini

 kemacetan arus mudik yang terlihat pada gerbang tol
Strategi tersebut dilakukan untuk mengurai kepadatan kendaraan pada arus balik

Kepala Korlantas Polri Refdi Andri menyebutkan, “Setelah periode arus mudik yang telah kita lalui khususnya selama lima hari terakhir sejak tanggal 30 Mei hingga hari ini (3 Juni 2019), ada masukan dan sumbang saran agar pada saat pelayanan arus balik masyarakat dari kampung halaman segala sesuatunya dapat kita persiapkan dengan baik, sama dengan arus mudik kemarin.”

>>> Klik sini untuk lanjut update berita terbaru tentang kondisi jalan saat balik mudik 

Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top