Anti-Ribet! Begini Cara Membuat SIM Lewat Aplikasi HP

13/04/2021

Pasar mobil

4 menit

Anti-Ribet! Begini Cara Membuat SIM Lewat Aplikasi HP
Di era digital, cara membuat SIM dan melakukan perpanjangan makin mudah. Kini membuat dan memperpanjang SIM bisa dilakukan melalui aplikasi di ponsel.

Mengurus Surat Izin Mengemudi (SIM) kini bakal lebih mudah. Pihak kepolisian bakal meluncurkan aplikasi perpanjangan SIM secara online bernama Sinar (SIM Nasional Presisi) yang tersedia di App Store maupun Play Store.

Pembuatan dan perpanjangan SIM lewat aplikasi HP ini ditujukan agar masyarakat lebih ringkes tanpa perlu bolak-balik satpas SIM. Bagi Anda yang ingin membuat SIM sekaligus memperpanjang, ada baiknya menyimak langkah berikut seperti dikutip Cintamobil dari laman Korlantas Polri. 

penandatanganan MOU

Kepolisian dan sejumlah pihak terkait sudah menandatangani MoU terkait peluncuran aplikasi Sinar

>>> Polisi Godok Ujian Praktik SIM Pakai Simulasi, Jadi Mirip Main Game

Cara Membuat SIM baru lewat aplikasi Sinar:

1. Download aplikasi
2. Registrasi (NIK)
3. Face recognition
4. Pilih jenis SIM
5. Pembayaran PNBP SIM baru
6. Ujian teori online yang didahului simulasi contoh soal
7. Lulus dan mendapat QR Code
8. Pilih Satpas
9. Pilih jadwal ujian praktik

>>> Semakin Mudah, Begini Cara Membuat SIM Online dari Rumah

Cara Perpanjang SIM lewat aplikasi Sinar:

1. Download aplikasi
2. Verifikasi No. HP (OTP)
3. Registrasi (NIK, SIM, Foto KTP, SIM dan Selfie)
4. Verifikasi NIK dan SIM
5. Pilih jenis SIM dan lokasi Satpas
6. Verifikasi hasil pemeriksaan kesehatan dan psikologi
7. Isi rekening pengembalian (pembatalan)
8. Pilih metode pengiriman
9. Upload pas foto dan tanda tangan
10. Pembayaran PNBP dan biaya kirim
11. Cetak SIM
12. Pengiriman
13. SIM diterima pemohon

Aplikasi Sinar diklaim memudahkan masyarakat karena proses cara membuat SIM dan juga perpanjangan bisa dilakukan melalui ponsel. Terlebih di masa pandemi seperti sekarang. Tentunya kehadiran aplikasi Sinar untuk membuat SIM dan juga melakukan perpanjangan dapat mengurangi antrean sekaligus bisa menekan angka penyebaran Covid-19. 

Adapun, aplikasi ini memberikan layanan online tanpa kehadiran pemohon, layanan uji teori sim secara online, lalu layanan pemeriksaan psikologi melalui aplikasi E-PPsi dan layanan pemeriksaan kesehatan melalui aplikasi E-Rikkes. Perpanjangan SIM A (mobil) dan SIM C (motor) secara online, pemohon tidak perlu hadir ke Satpas.

Kapolri

Pihak kepolisian tengah menggodok agar ujian praktik SIM bisa dilakukan lewat simulator

Namun perlu dicatat untuk pembuatan SIM baru, pemohon tetap harus datang ke Satpas untuk melakukan ujian praktik dengan catatan lolos atau memenuhi persyaratan saat registrasi online. 

"Intinya kita membuat pelayanan ini lebih baik lebih mudah sehingga masyarakat tidak perlu repot ke kantor polisi," jelas Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo beberapa waktu lalu. 

Polisi Godok Ujian Praktik SIM Pakai Simulasi, Jadi Mirip Main Game

Ujian praktik lewat simulator masih dalam tahap finalisasi

Selain itu, Sigit juga menyebut bahwa pihaknya tengah menggodok terkait ujian praktik SIM agar bisa dilakukan lewat simulator. Dengan begitu, masyarakat akan semakin mudah sekaligus tidak perlu keluar rumah saat pembuatan SIM baru. Nantinya, jika si pemohon lulus ujian praktik maka akan mendapat bukti dan bisa diproses untuk mendapatkan SIM aslinya. Sayang, mekanismenya masih belum merinci lantaran belum rampung sepenuhnya. 

"Akan kami sesuaikan dengan kondisi terkini. Sehingga, masyarakat terlayani dengan tidak usah datang ke kantor kepolisian, cukup mampir ke mal. Nanti akan ada gerai, jadi kayak main game," kata Sigit. 
 

>>> SIM Digital Mulai Banyak Diterapkan di AS

Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020
 
back to top