Angka Kecelakaan di Ibu Kota Menurun karena Imbauan di Rumah Saja

29/03/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Angka Kecelakaan di Ibu Kota Menurun karena Imbauan di Rumah Saja
Himbauan Work from Home (WFH) dari pemerintah berdampak positif pada menurunnya volume kendaraan di jalan raya hingga berkurangnya angka kecelakaan lalu lintas.

Selain melindungi dengan Alat Pelindung Diri (APD) seperti masker dan menggunakan hand sanitizer, Sejak pertengahan Maret 2020 lalu Pemerintah mengkampanyekan Work from Home (WFH). Hal itu untuk mencegah penyebaran dan penularan virus Corona (COVID-19) yang lebih parah.

Foto menunjukkan para petugas medis menggunakan alat pelindung diri saat bertugas

Masyarakat dihimbau melindungi diri dari paparan Virus Corona

Volume Kendaraan Berkurang

Imbas dari kampanye tersebut jalanan di berbagai daerah kini lengang, termasuk jalanan di ibu kota. Menurut Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya terjadi penurunan volume kendaraan secara signifikan dalam dua Minggu terakhir.

Di jalan protokol Sudirman dan MH. Thamrin turun hingga 25 persen dalam kurun 15-21 Maret 2020. Dari data yang tercatat volume kendaraan di Jalan Sudirman-Thamrin dari arah Sarinah-Ratu Plaza periode 15-21 Maret 2020 sebanyak 289.734, sedangkan pada periode 8-14 Maret 387.935 unit.

Sedang dari arah sebaliknya pada periode 15-21 Maret 2020 volume kendaraan sebanyak 138.568 unit, sedangkan periode 8-14 Maret 2020 sebanyak 184.119 unit.

“Dengan kata lain ada penurunan sekitar 25,3 persen,” tutur Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo, seperti dikutip dari NTMC Polri, (27/3/2020).

>>> Imbas Kebijakan di Rumah Saja, Udara Jakarta Kian Bersih

Foto menujukkan salah satu suasana jalanan di Jakarta saat work from home

Imbas WFH Lalu lintas di Jakarta lebih lancar angka kecelakaan juga menurun

Dari arah utara ke selatan atau sebaliknya pada periode 15-21 Maret 2020 volume kendaraan mencapai 428.302 unit. Sedangkan pada periode 8-14 Maret 2020 di jalur yang sama mencapai 572.052 unit.

Untuk kendaraan yang melintas di tol Dalam Kota hingga Tol Sedyatmo atau Tol Bandara Soetta juga mengalami penurunan signifikan hingga 56 persen.

Overall, seluruh jalanan di wilayah Ibu Kota semenjak diberlakukannya kampanye Work from Home (WFH) kini jauh lebih lengang dibanding sebelumya. "Kalau dilihat Jakarta memang sangat ideal dan ruas jalan protokol sangat lengang,” terang Sambodo.

Angka Kecelakaan Berkurang

Menurunnya volume kendaraan berimbas positif pada berkurangnya angka kecelakaan. Menurut Kombes Sambodo terjadi penurunan kejadian kecelakaan di wilayah hukum Polda Metro Jaya hingga 10 persen sejak diberlakukannya WFH.

“Jumlah kecelakaan sepekan sejak diberlakukan WFH (work from home) menurun dibanding sepekan sebelumnya pada 8-14 Maret 2020 dari 126 menjadi 113 kejadian (15-21 Maret - red),” kata Sambodo.

>>> Teknologi Baru Toyota ini Bisa Cegah Kecelakaan akibat Salah Injak Pedal

>>> Berita otomotif yang menarik lainnya ada disini

Share this post:
Fatchur Sag
Penulis
Fatchur Sag
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

Penjualan Astra Meningkat di Tengah Wabah Virus Corona

28/03/2020

Pasar mobil

3 menit

Wabah virus Corona di Indonesia tak terlalu berperngaruh pada penjualan Astra. Malah di dua bulan pertama 2020 penjualan mobil grup Astra mengalami peningkatan.

Lihat juga

SPBU Pertamina Disemprot Disinfektan untuk Cegah Corona

26/03/2020

Event - Promosi

5 menit

Demi memutus rantai penyebaran virus corona di wilayah Sumbagsel, SPBU Pertamina disemprot disinfektan secara rutin. Penyemprotan bukan hanya pada bagian pengisian BBM tapi juga fasilitas mushola, toilet, ATM, hingga minimarketnya.

Lihat juga

Di Bekasi, Rapid Test Virus Corona Wajib Pakai Kendaraan

23/03/2020

Event - Promosi

3 menit

Pemerintah provinsi Jawa barat bakal melakukan rapid test virus Corona secara Drive-Thru. Untuk itu saat pengetesan masyarakat wajib menggunakan kendaraan.

Lihat juga

Hindari Virus Corona, Top Up E-Toll di Gerbang Tol Ditiadakan

20/03/2020

Pasar mobil

5 menit

Fasilitas top up e-toll di gerbang tol kini ditutup sementara demi menghindari penyebaran virus corona di Indonesia yang semakin meluas. Pengguna jalan tol diminta memastikan saldo e-toll cukup sebelum masuk ke tol.

Lihat juga