Anggota DPR Bakal Pakai Pelat Nomor Khusus?

21/05/2021

Pasar mobil

3 menit

Ramai diperbincangkan di sosial media bahwa anggota DPR akan menggunakan pelat nomor khusus. Sayang, hingga saat ini pihak kepolisian belum buka suara.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dikabarkan akan menggunakan pelat nomor khusus yang berbeda dari sebelumnya. Beredar di laman sosial media, pelat nomor khusus anggota DPR ini berbeda dengan yang umum. Biasanya anggota DPR menggunakan pelat nomor hitam namun memiliki kode khusus di belakangnya. 

Hingga saat ini belum ada konfirmasi resmi dari pihak kepolisian terkait pelat nomor khusus bagi anggota parlemen di Senayan tersebut. 

pelat nomor khusus

Pelat nomor khusus anggota DPR ini berbeda bentuk dari yang biasa. Foto: instagram plat_dinas_official

>>> Sudah Lihat Belum? Ini Dia Wujud Pelat Nomor Khusus Mobil Listrik

Penggunaan Pelat Nomor Khusus Tak Sembarangan

Saat ini penerbitan pelat nomor khusus dan rahasia bagi kendaraan dinas diatur dalam Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 3 tahun 2012 tentang Penerbitan Rekomendasi Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor dan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor Khusus dan Rahasia bagi Kendaraan Bermotor Dinas. 

Di situ tertulis TNKB Khusus dengan spesifikasi tertentu serta nomor registrasi khusus yang diterbitkan Polri dan berisikan kode wilayah, nomor registrasi, serta masa berlaku dan dipasang pada kendaraan dinas yang digunakan pejabat pemerintah. 

Adapun untuk STNK Khusus diterbitkan untuk kendaraan bermotor dinas TNI, Polri, dan instansi pemerintahan yang digunakan oleh pejabat eselon tertentu di lingkungan instansinya dalam rangka menjamin/memelihara keamanan/pengamanan bagi pejabat yang bersangkutan. 

Pelat nomor khusus diterbitkan oleh Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya di tingkat pusat, provinsi/kabupaten/kota di wilayah hukum Polda Metro Jaya. Sedangkan di tingkat provinsi/kabupaten/kota di wilayah hukum Polda masing-masing diterbitkan oleh Dirlantas Polda setempat. 

pelat nomor khusus

Belum ada keterangan resmi dari pihak kepolisian soal pelat khusus DPR ini. Foto: instagram plat_dinas_official

Hanya Instansi Tertentu yang Boleh Menggunakan

Siapa saja yang bisa menggunakan? Mengutip pasal 5 STNK/TNKB khusus diberikan kepada kendaraan bermotor dinas yang digunakan pejabat TNI, Polri, dan Instansi Pemerintahan. Untuk Instansi pemerintah yang bisa menggunakan pelat nomor khusus itu adalah eselon I, eselon II, dan eselon III. 

Kalau diperhatikan, tak ada anggota DPR tercantum boleh memiliki pelat nomor khusus itu karena tak termasuk dalam daftar sesuai pasal 5. Memang belum ada kepastian soal pelat nomor khusus bagi anggota DPR. Namun penggunaan pelat khusus ini sudah menuai ragam komentar dari warganet. Beberapa justru mengkritik penggunaannya. Tak sedikit pula yang mempertanyakan aturan terkait penggunaan pelat bagi anggota DPR ini. 

>>> Tak Boleh Asal, Ini Batasan Modifikasi Pelat Nomor Kendaraan

Penulis
Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor. Roles Sebagai Editor di Cintamobil.com, Dina berperan menulis sekaligus mengedit tulisan agar lebih enak untuk dibaca dan juga mengontrol pemberitaan yang lebih layak. Di samping itu, tetap memantau pergerakan berita di industri otomotif nasional dalam dan juga luar negeri. Specialities Memantau pergerakan berita di industri otomotif sekaligus menulisnya dengan cepat Mengedit berita Experience - GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019 - IIMS 2017, 2018, 2019 - IMOS 2016, 2018 - Geneva International Motor Show 2017 - Tokyo Auto Salon 2019
 
back to top