Analisis Lengkap Pasar Mobil Terlaris Baru dan Bekas Di Bulan September 2018

20/11/2018

Pasar mobil
Share this post:
Analisis Lengkap Pasar Mobil Terlaris Baru dan Bekas Di Bulan September 2018
Perkembangan industri mobil di Indonesia nyatanya terus kian meningkat mengikuti pertumbuhan ekonomi hingga hadirnya infrastruktur baru di beberapa wilayah penting Indonesia. Tak dipungkiri, analisis semacam ini hanya ditemui pada situs Cintamobil.com saja. Menjadi bahan referensi Anda untuk melakukan analisis pasar mobil terlaris baru dan bekas di bulan September 2018.

Sebagai bentuk komitmen Cintamobil.com terhadap pasar otomotif Indonesia yang terus berkembang sehingga dihadirkanlah artikel analisis pasar mobil terlaris baru dan bekas di bulan September 2018. Tentu memilih sebuah mobil idaman bukanlah perkara mudah, banyak hal harus dipertimbangkan di beberapa aspeknya. Setidaknya artikel kali ini bisa menjadi acuan referensi Anda dalam memilih mobil baik dalam kondisi baru dan bekas.

1. Perkembangan pasar mobil baru Indonesia di bulan September 2018

Di simak dari data GAIKINDO, total penjualan mobil mulai dari bulan Januari hingga September 2018 telah memperoleh angka positif yakni 816.322 unit. Sisa sekitar 190 ribu unit lagi untuk mencapai target penjualan 1 juta mobil yang dipatok oleh Kementerian Perindustrian Republik Indonesia (KEMENPERIN) hingga akhir tahun 2018 mendatang.

Perkembangan pasar mobil di Indonesia 2018 terbilang cukup mengesankan dari bulan ke bulan

Pertumbuhan pasar mobil baru di Indonesia mengalami peningkatan cukup signifikan dari bulan Oktober ke September

Menariknya lagi, pertumbuhan penjualan mobil di bulan September saja, tercatat meningkat di angka 102.111 unit dibanding bulan Oktober yang meraih hanya 76.445 unit saja. Tentu hal ini cukup menarik, setidaknya kemerosotoan di bulan Oktober bisa terobati dengan peningkatan tersebut.

  • 5 Top Brand Mobil Terlaris September 2018

Jika melihat data tentang 5 Top Brand mobil paling laris September 2018, tetap dipegang oleh Toyota dengan total penjualan hingga 29.821 unit disusul Brand andalan Daihatsu di posisi kedua di angka 17.110 unit. Tak ingin kalah, pabrikan yang menciptakan Xpander yakni Mitsubishi menempati posisi ketiga dengan perolehan total penjualan 11.938 unit. Di posisi berikutnya digawangi oleh Honda sebesar 10.960 unit, dilanjutkan Suzuki di angka 8.880 unit.

Top Brand Mobil Terlaris September 2018 diraih oleh Toyota di podium teratas

Jika ditilik dari segi Brand otomotif, Toyota masih memimpin pasar di Indonesia hingga bulan September 2018

Hal menarik dari kami adalah Mitsubishi Fuso, Hino dan Isuzu sebagai produsen mobil komersial, kini makin meningkat berada di urutan serupa di bawah Suzuki. Alasan utamanya adalah peningkatan infrastruktur di beberapa wilayah Indonesia yang kami sebutkan sebelumnya. Fenomena tersebut akhirnya berhasil merangsang industri bisnis untuk lebih menajamkan proses logistik sehingga pasar mobil komersial makin meningkat di tahun 2018 ini.

>>> Simak harga mobil terlengkap di semua Brand-nya baik dalam lini baru dan bekas

  • 10 Top Model Mobil Terlaris September 2018

Lagi-lagi Mitsubishi Xpander mengungguli Toyota Avanza, dengan perolehan 6.276 unit. Disusul ketat oleh ‘mobil sejuta umat’, Toyota Avanza, yang terjual sebanyak 6.151. Seakan ada persaingan sehat antara konsumen yang sudah percaya akan kehandalan Avanza dan kubu konsumen pecinta esensi agresif dari Xpander sebagai pendatang baru. Terlepas dari itu, kabar baik datang dari Toyota Rush yang sebelumnya banyak terhambat proses Indent. Di bulan September ini, Toyota Rush berhasil terjual di angka 5.797 unit disusul kakaknya Toyota Kijang Innova sebesar 5.177 unit.

Mobil Terlaris September 2018 masih dipertahankan oleh Mitsubishi Xpander

Mobil terlaris September 2018 masih dipegang oleh Mitsubishi Xpander

Di posisi kelima, lagi-lagi Toyota menduduki podium dengan produk Low Cost Green Car (LCGC)-nya yakni Calya. Di bulan September, Toyota Calya berhasil mencatatkan rekor penjualan di angka 4.819 unit. Posisi berikutnya ditempati oleh ‘saudara kembar’ Toyota Calya yakni Daihatsu Sigra dengan total penjualan 4.729 selama bulan September.

Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, pasar mobil komersial kian meningkat di bulan September ini. Terbukti dari total penjualan Suzuki Carry Pick-Up yang berhasil terjual sebanyak 3.702 unit, disusul Daihatsu Gran Max di kelas serupa sebesar 3.515 unit.

Suzuki Carry Pick-Up menjadi mobil komersial terlaris di bulan September 2018

Suzuki Carry Pick-Up berhasil meraih posisi ketujuh sebagai mobil terlaris di bulan September 2018

Bahkan, kebijakan pemerintah di tahun 2018 membuat Honda harus menempati posisi kesembilan yang mana Honda HR-V menjadi tulang punggung utama dengan perolehan 3.291 unit. Menanggapi pilihan masyarakat akan mobil Sport Utility Vehicle (SUV) terjawab juga dari Daihatsu All New Terios yang berhasil terjual sebanyak 2.762 unit.

Fakta dari data ini menunjukkan bahwa minat masyarakat akan mobil keluarga, Multi Purpose Vehicle (MPV) terjawab dari unggulnya Xpander dan Avanza. Disusul kelas serupa dengan harga lebih terjangkau yakni LCGC serta mobil komersial. Permintaan Hatchback tak terlihat di bulan September 2018 di daftar 10 mobil terlaris, terganti oleh mobil SUV yang digawangi oleh Toyota Rush, Honda HR-V dan Daihatsu Terios.

>>> Review Mitsubishi Xpander Ultimate 2018, simak keunggulan serta spesifikasi lengkapnya

  • 5 Top Mobil Baru Paling Dicari September 2018

Lantas apa saja mobil baru paling dicari September 2018? Menjawab hal ini, Datsun GO+ yang baru saja hadir, menduduki posisi pertama dari situs Cintamobil.com dengan total pencarian 27.000. Namun anehnya, Datsun GO+ masih belum menduduki 10 posisi penjualan mobil terlaris bulan September. Jawabannya adalah banyak masyarakat masih melakukan pertimbangan dan membandingkan dalam memilih mobil New-Entry.

Mobil paling dicari di bulan September 2018 adalah Datsun GO+

Datsun GO+ menjadi mobil yang paling dicari di situs Cintamobil.com

Podium kedua ditempati oleh Toyota Vios yang baru saja mendapat pembaruan di tahun 2018 ini. Total pencarian berada di angka 17.000, di bawah Datsun GO+ Hatchback. Di posisi ketiga digawangi oleh Honda Brio Satya dengan pencarian sebanyak 13.000. Tak dipungkiri, model satu ini juga hadir sebagai mobil Hatchback Compact yang menjadi jawaban alternatif daripada Honda Jazz. Adapun posisi keempat ditempati oleh Honda BR-V serta Daihatsu Great New Xenia sebagai penutup akhir tentang mobil paling banyak dicari.

>>> Review Daihatsu Great New Xenia R Sporty 2017, Mobil Keluarga Yang Bertahan Di Tengah Gempuran Mobil Baru

2. Perkembangan pasar mobil bekas Indonesia di bulan September 2018

Mobil bekas juga menjadi alternatif tersendiri bagi banyak masyarakat dibanding membeli mobil baru. Selain unggul dalam hal harga yang lebih terjangkau, di harga serupa Anda sudah mendapatkan mobil bekas yang setingkat lebih mewah daripada mobil baru. Jika Anda mengamati review Cintamobil.com, sempat kami membahas tentang Toyota Kijang Innova bekas lebih menarik dibanding Mitsubishi Xpander baru, jika ditilik dari harga dan performa.

  • 3 Top Mobil Bekas Terlaris September 2018

Transaksi mobil bekas yang berhasil tercatat oleh Cintamobil.com, ditempati posisi tertinggi oleh model Toyota Corona tahun 1994. Tak dipungkiri, mobil sedan satu ini masih sering terlihat di banyak kota. Selain karena harganya yang terjangkau, model satu ini juga banyak digunakan untuk modal awal modifikasi. Di posisi kedua ditempati oleh mobil Van Daihatsu Espass yang ikonik dengan pintu gesernya. Model besutan tahun 1997 ini juga banyak diminati karena kapabilitasnya yang cukup mumpuni untuk menemani bisnis Travel masyarakat Indonesia. Terakhir, dipegang oleh Volvo 850 tahun 1996 yang merupakan mobil sedan unggulan di zamannya. Kami rasa, pecinta mobil klasik nyatanya cukup banyak ditemui di Indonesia akhir-akhir ini.

Toyota Corona 1994 merupakan mobil bekas menarik karena kategorinya sebagai sedan

Toyota Corona 1994 menjadi mobil bekas paling dicari belakangan ini

  • 3 Top Mobil Bekas Terlaris Di Kota Besar September 2018

Merajai pasar mobil, Toyota Avanza G tahun 2013 mendapat antusias menarik dari masyarakat. Tentu alasannya sangat menarik seperti performa mesin tangguh dan irit bahan bakar. Selain itu, Toyota Avanza G juga dapat digunakan untuk berbagai aktivitas Anda sehari-hari mulai dari kegiatan keluarga hingga bisnis. Di posisi kedua, Toyota Rush tahun 2013 yang masih ikonik dengan aksesoris ‘konde’ alias ban cadangan di bodi belakang, menjadi primadona kedua. Seperti yang kami sebutkan, pasar SUV juga makin meningkat di bulan ini yang bahkan menandingi model Hatchback. Terakhir, posisi Toyota Agya makin banyak dicari oleh masyarakat kini. Ya, akhirnya lini Hatchback terlihat menarik di bulan ini, khususnya Toyota Agya. Desain stylish khas anak muda terasa cukup cocok untuk meliak-liuk diantara kemacetan kota.

Toyota Rush 2013 menjadi mobil bekas SUV yang paling diminati oleh masyarakat perkotaan

Di kota besar, Toyota Rush tahun 2013 menjadi salah satu mobil bekas yang paling banyak dicari

3. Mobil Terlaris Berdasarkan Kategori

Tentu supaya memudahkan Anda, Cintamobil.com juga menghadirkan informasi tentang mobil terlaris berdasarkan kategori baik Hatchback, sedan, MPV hingga SUV.

  • 3 Mobil Hatchback Terlaris September 2018

Nampaknya, mobil Hatchback di bulan September ini dipimpin oleh sektor LCGC yang mana dibanderol dengan harga di kisaran Rp. 150 jutaan. Sektor satu ini memang paling menarik bagi anak muda untuk pengunaan kantor maupun perkuliahan. Terjawab di posisi pertama dipegang oleh Daihatsu Ayla yang terjual sebanyak 2.473 unit. Selanjutnya, Toyota Agya nampak memepet ketat dengan angka penjualan 2.437 unit. Memang tak dipungkiri, kedua mobil tersebut memang saling pepet dengan selisih angka tipis. Adapun di posisi ketiga ditempati oleh model Honda Jazz di angka 1.999 unit yang masih membuktikan eksistensi mobil Hatchback Non-LCGC.

Hatchback terlaris September 2018 dipegang oleh Daihatsu Ayla

Daihatsu Ayla menjadi mobil Hatchback terlaris sepanjang bulan September 2018

  • 3 Mobil Sedan Terlaris September 2018

Tak bisa dipungkiri, jajaran mobil sedan nyatanya kurang bertumbuh baik di Indonesia, mengingat adanya pajak besar yang membebani para pemiliknya. Meski begitu, perlu juga diapresiasi para perusahaan otomotif yang terus merangsang masyarakat akan esensi elegan dan mewah dari sebuah sedan. Di bulan September 2018 ini, total keseluruhan penjualan sedan hanya mampu meraup 478 unit dengan formasi 274 unit bermesin di bawah 1.500 cc dan 204 unit bermesin lebih dari 1.500 cc.

Sedan terlaris September 2018 dipegang oleh Honda Civic terbaru

Honda All New Civic menjadi sedan terlaris periode September 2018

Posisi pertama mobil sedan terlaris September 2018 digawangi oleh Honda All New Civic yang berhasil menjual 201 unit. Terhitung 60%, Honda Civic merajai pasar sedan di Indonesia. Posisi selanjutnya ditempati oleh Toyota All New Corolla Altis yang berhasil terjual 48 unit disusul BMW 320i di angka 28 unit saja.

  • 3 Mobil MPV Terlaris September 2018

Tak ingin membaginya menjadi beberapa kategori baik dalam rentang harga dan faktor lainnya, Cintamobil.com hanya berfokus akan mobil MPV apa yang paling dilirik oleh konsumen di bulan September 2018. Pesaing baru yang sudah tak asing namanya, Mitsubishi Xpander, meraih podium teratas di kelas MPV sekaligus menjadi mobil ‘Top of The Sales’ dengan peraihan angka 6.276 unit. Toyota Avanza yang sudah lama dipercaya oleh masyarakat Indonesia berselisih ketat di angka 6.151 unit, menempati posisi kedua. Di sisi lain, Toyota Kijang Innova juga nampak terus bergema di sepanjang tahun 2018 ini yang terbukti dari terjualnya 5.177 unit di bulan September 2018.

MPV terlaris September 2018 dipunggawai oleh Mitsubishi Xpander yang berhasil mengalahkan Toyota Avanza

MPV terlaris di bulan September 2018 dipegang oleh Mitsubishi Xpander

  • 3 Mobil SUV Terlaris September 2018

Khusus di bulan September 2018, Toyota Rush boleh berbangga hati yang berhasil memperoleh posisi pertama penjualan di angka 5.797 unit. Perubahan eksterior yang melepas ‘konde’ nyatanya berhasil menarik minat masyarakat pecinta SUV. Adapun posisi berikutnya digawangi oleh Honda HR-V yang belum lama ini mendapat Facelift sehingga mampu meraup penjualan di angka 3.291 unit. Ketiga, Daihatsu Terios nampak masih tajam taringnya dengan total penjualan 2.762 unit sepanjang bulan September 2018.

Mobil SUV terlaris September 2018 dipegang oleh Toyota Rush

Di lini SUV terlaris periode September 2018, Toyota Rush berhasil berdiri di lini terdepan

  • 3 Mobil Pick-Up Terlaris September 2018

Penjualan MPV generasi terbaru Suzuki Ertiga yang kurang bagus pada tahun ini, terobati oleh penjualan Suzuki Carry Pick-Up sebesar 3.702 unit selama September 2018. Pick-Up satu ini memang sudah dipercaya dan melekat di hati masyarakat sejak tahun 1990-an. Cukup hebat, nampaknya Suzuki terus memberikan komitmen yang baik untuk kendaraan niaga satu ini. Posisi berikutnya ditempati oleh Daihatsu Gran Max Pick-Up yang sudah dibahas pada review kami. Memang tak dipungkiri, penempatan transmisi pada dashboard membuat Pick-Up satu ini bisa menampung hingga tiga orang sekaligus. Tak salah, jika mobil ini mampu terjual sebanyak 3.515 unit selama bulan September 2018. Posisi terakhir ditutup oleh Mitsubishi Colt L300 Pick-Up yang berhasil meraup penjualan 2.299 unit.

Pick-Up terlaris September 2018 dipegang oleh Daihatsu Gran Max di posisi kedua

Daihatsu Gran Max Pick-Up berhasil menduduki podium kedua mobil Pick-Up terlaris September 2018

  • 3 Mobil Truk Terlaris September 2018

Seperti yang disebutkan sebelumnya, kendaraan komersial layaknya truk terlihat naik daun seiring kebijakan peningkatan infrastruktur pemerintah. Bayangkan saja, lini truk berhasil memberi kontribusi tinggi dengan total keseluruhan penjualan 10.550 unit di semua kategorinya. Posisi pertama, truk terlaris dipegang oleh Mitsubishi Fuso FE 74 HDV sebesar 1.701 unit disusul ketat oleh Hino Dutro 130 HD STD 6.4 yang belum lama ini dibahas di kolom review Cintamobil.com. Model dengan sebutan ‘Si Hijau’ ini mampu meraih angka penjualan 980 unit. Di posisi terakhir, lagi-lagi Mitsubishi Fuso memegang piala ketiga dengan model andalannya FE 75 Super HD yang terjual sebanyak 959 unit.

Truk terlaris September 2018 diperoleh oleh Mitsubishi Fuso FE 74 HDV dengan total penjualan 1.701 unit

Truk terlaris di bulan September 2018 dipegang oleh Mitsubishi Fuso FE 74 HDV

>>> Review Mitsubishi Colt Diesel FE 74 HD 2017, Truk High Duty yang dirancang khusus untuk mengangkut muatan berat dan handal di medan tanjakan

4. Volatilitas Harga Mobil September 2018

Volatilitas dalam hal ini merujuk pada fluktuasi harga mobil yang beberapa diantaranya tetap, turun atau naik. Namun tak salah, kenaikan Dollar cukup mempengaruhi kebijakan para perusahaan otomotif untuk menaikkan harganya terlebih mobil-mobil Completely Built Up (CBU) alias impor.

  • Volatilitas Harga 3 Hatchback Terlaris September 2018

Daihatsu Ayla yang total memiliki 16 varian nyatanya mengalami kenaikan harga di kisaran Rp. 1.6 juta di semua variannya. Berbeda halnya dengan Toyota yang mengusung Agya, nampaknya tak bergeming dengan kenaikan kurs Dollar terhadap rupiah. Terbukti harga jual Toyota Agya masih tetap dijual mulai Rp. 133.550.000. Hal serupa juga bisa diamati pada Honda Jazz yang masih menjual dengan harga serupa baik September dan Oktober mulai Rp. 236 juta.

Harga Toyota Agya tak berubah dan masih dibanderol mulai Rp. 133.550.000 di bulan September 2018

Toyota Agya tak mengalami kenaikan harga meski kurs Rupiah melonjak naik

  • Volatilitas Harga 3 Sedan Terlaris September 2018

Dari kategori sedan misalnya yang sangat identik dengan model CBU. Dari pantauan Cintamobil.com, Honda All New Civic mendapat kenaikan harga sebesar Rp. 5 juta dari bulan September ke Oktober 2018.  Beda halnya dengan Honda New City yang dibanderol Rp. 316 jutaan meningkat ke harga 320 jutaan di bulan Oktober. Menariknya, Toyota Corolla Altis nampaknya masih bertahan dengan harga mulai Rp. 436.950.000.

  • Volatilitas Harga 3 MPV Terlaris September 2018

Khusus model MPV, nampak Mitsubishi Xpander hanya menaikkan harga Rp. 500 ribu saja untuk semua variannya. Langkah berbeda ditetapkan oleh Toyota yang masih menjual Avanza mulai Rp. 191.100.000 untuk varian terendahnya. Hal senada juga dapat diamati pada Toyota Kijang Innova yang masih tetap dipatok Rp. 305.100.000, tak ada perubahan diantara bulan September dan Oktober 2018.

  • Volatilitas Harga 3 SUV Terlaris September 2018

Memang diantara perusahaan otomotif lainnya, nampak Toyota masih enggan untuk menaikkan harga. Terbukti dari model SUV andalannya yakni Toyota Rush yang masih dibanderol di kisaran Rp. 240.050.000 hingga Rp. 261.450.000. Hal serupa juga ditemui pada Honda HR-V, pabrikan asal Jepang ini juga enggan menaikkan harga. Sebagai tulang punggung Honda, HR-V masih dibanderol di angka Rp. 312.500.000. Sedangkan jika melihat pada kubu Daihatsu, Terios nyatanya naik harga sebesar Rp. 2,1 juta. Terbukti bulan Oktober 2018, mobil SUV yang memiliki 7 varian ini dibanderol Rp. 197.300.000 untuk tipe terendahnya.

Harga Daihatsu Terios berangsur naik seiring melambungnya kurs Rupiah terhadap Dollar

Dari lini SUV, Daihatsu Terios menaikkan harga sebesar Rp. 2,1 jutaan

  • Volatilitas Harga 3 Pick-Up Terlaris September 2018

Lini Pick-Up yang sedang naik daun, nyatanya tak mengalami perubahan harga. Suzuki Carry Pick-Up misalnya yang memiliki dua varian unggulan masih dibanderol Rp. 126 jutaan. Beda halnya dengan Daihatsu Gran Max Pick-Up yang di bulan Oktober 2018 ini mengalami kenaikan harga sebesar Rp. 2 juta. Sedangkan dari kubu Mitsubishi Colt L300 nampak tak ada kenaikan harga yang dibanderol mulai Rp. 176.000.000 untuk varian terendahnya.

>>> Review Daihatsu Terios 2018 X A/T Deluxe, SUV Terbaru yang Siap Menawarkan Pesona Gagah Dan Performa Tak Tertandingi

5. Kesimpulan

Penutup, semoga analisis yang dibuat oleh Cintamobil.com bisa lebih memudahkan Anda dalam memilih dan membeli mobil. Setidaknya, informasi ini bisa menjadi acuan menarik khususnya bagi yang lebih memprioritaskan aspek data valid daripada pendapat orang lain. Namun sebagai perbandingan saja, tidak semua mobil yang dipilih masyarakat adalah yang terbaik dari Anda karena tentu kita semua memahami adanya perbedaan faktor dari masing-masing orang. Misalnya, jika berbicara selera, kenyamanan berkendara serta kebutuhan Anda.

Jika informasi seperti ini terbilang menarik, Anda bisa mendukung Cintamobil.com untuk membagikannya ke kerabat lainnya. Setidaknya, keluarga atau kerabat lainnya bisa lebih mudah dan bijak dalam menentukan pilihan mobil impian.

>>> Berita terlengkap dari dunia otomotif hanya ada di Cintamobil.com

Share this post:
 
back to top