Mirip di Indonesia, AS Wajibkan Penggunaan Masker di Semua Moda Transportasi

03/02/2021

Pasar mobil

3 menit

Mirip di Indonesia, AS Wajibkan Penggunaan Masker di Semua Moda Transportasi
Dengan kasus COVID-19 yang meroket beberapa hari belakangan, pemerintah Amerika mewajibkan pengguna moda transportasi untuk memakai masker ketika bepergian.

Aturan baru berlaku pada hari Selasa (2/2) yang mewajibkan jutaan wisatawan di Amerika Serikat untuk mengenakan masker di semua moda transportasi. Ini juga berlaku di pusat transit, seperti stasiun, pelabuhan, hingga bandara. Peraturan ini dikeluarkan oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika setelah meroketnya kasus COVID-19 di Negara Paman Sam tersebut.

Aturan ini mirip dengan di Indonesia, dimana seluruh warga diwajibkan untuk mengenakan masker saat pergi keluar rumah baik itu naik kendaraan pribadi ataupun transportasi umum.

Bagi semua pengguna moda transportasi

Dilansir dari Autoblog, Presiden Amerika yang baru saja terpilih, Joe Biden, menandatangani perintah eksekutif pada 21 Januari yang menugaskan agen federal mengeluarkan aturan untuk memberikan rasa aman bagi mereka yang bekerja di industri transportasi serta semua pengguna moda transportasi dari paparan virus corona.

Desakan juga datang dari kelompok FlyersRights.org yang mendesak pemerintah Amerika menerapkan penggunaan masker N95, KN95, maupun masker bedah bagi penumpang pesawat terbang. Mereka juga menekankan instruksi yang mengatur pembatasan jarak sosial yang lebih ketat, pemeriksaan suhu, serta tes COVID-19 yang lebih cepat.

pengunjung yang sedang menggunakan masker di bandara
Semua pengguna moda transportasi harus menggunakan masker

>>> Catat! Memakai Masker Tak Sesuai Standar saat Nyetir Bisa Didenda Rp 250 Ribu

Administrasi Keamanan Transportasi (TSA) mengeluarkan arahan keamanan pada hari Minggu (1/31), memungkinkan mereka menolak akses penerbangan bagi pelancong yang tidak mengenakan masker. Aturan tersebut berlaku mulai 2 Februari dan diterapkan setidaknya hingga 11 Mei mendatang.

Aturan ini mewajibkan penggunaan masker wajah di semua bentuk transportasi hingga fasilitas dan ruang tunggu, seperti bandara, stasiun bus, pesawat penumpang, di dalam bus, serta bentuk transportasi umum lainnya, semisal kereta bawah tanah, taksi, feri, hingga bagi penumpang layanan taksi online di Amerika, seperti Uber dan Lyft.

>>> Di Malaysia Pakai Masker di Dalam Mobil Tak Wajib Asal Tinggal Satu Rumah

Pengecualian bagi penyandang disabilitas

Perintah ini berlaku bagi semua penumpang berusia di atas 2 tahun untuk mengenakan masker. Pengemudi mobil pribadi maupun sopir truk yang berkendara sendiri dibebaskan dari aturan ini. Wisatawan diizinkan dalam waktu singkat untuk melepas masker, seperti ketika makan, minum, maupun minum obat. Tapi masker harus dipakai setelah makan hingga meminum obat, jelas TSA.

anak-anak di bangku baris kedua memakai masker
Penggunaan masker diwajibkan bagi mereka di atas 2 tahun

Tapi para wisatawan juga bisa menghindari penggunaan masker dengan alasan disabilitas. American Airlines mengatakan pelanggan penyandang disabilitas yang tidak bisa memakai masker karena alasan kesehatan harus memberi tahun maskapai 72 jam sebelum keberangkatan dan menunjukkan bukti negatif dari tes COVID-19 yang diambil tiga hari sebelum keberangkatan.

Maskapai penerbangan Amerika telah melarang ribuan orang dari penerbangan selama beberapa bulan terakhir karena tidak memakai masker. Kepala Eksekutif Delta Air Lines, Ed Bastian, mengatakan bahwa mereka telah melarang 950 orang per hari hari Senin (1/1) lalu.

>>> Dapatkan berbagai pilihan mobil baru dan bekas berkualitas di sini

Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top