All New Honda Civic RS dan City Sedan Meluncur, Segini Harganya

28/10/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
PT Honda Prospect Motor meluncurkan 2 sedan andalan mereka di waktu yang bersamaan, yaitu All New Honda Civic RS dan Honda City Sedan. Seperti apa tampilannya?

Setelah membagikan teaser di akun Instagram resmi mereka, PT Honda Prospect Motor (HPM) akhirnya resmi meluncurkan All New Honda Civic RS dan All New Honda City Sedan. Peluncuran kedua sedan ini tepat seperti prediksi kami sebelumnya.

Kini Civic yang pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada tahun 1975 memasuki generasi kesebelasnya, sedangkan City yang pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada tahun 1996 sudah memasuki generasi kelima.

Seperti apa penampilan kedua sedan dari Honda ini? Berapa harganya? Simak detail lengkap yang sudah dirangkum oleh redaksi Cintamobil.com di bawah ini.

>>> Inikah 2 Mobil Baru Honda yang Bakal Meluncur di Indonesia?

All New Honda City Sedan

Gambar All New Honda City

Tampilan All New City Sedan

Melengkapi line-up City di Indonesia, HPM memperkenalkan All New Honda City Sedan untuk menemani model Hatchback yang sudah diluncurkan pada Maret 2021. Mengingat regulasi baru menyangkut pajak berdasarkan emisi baru berlaku pada Oktober 2021, ini adalah waktu yang tepat untuk meluncurkan versi sedan dari City.

Secara fundamental, sebenarnya tak banyak perbedaan antara City Sedan dan City Hatchback. Tentu, Hatchback yang mengemban nama RS ditawarkan sebagai model bagi penggemar mobil sporty. Sementara versi Sedan menyasar para konsumen yang lebih menyukai gaya yang elegan.

Satu hal yang tidak dimiliki Honda City Hatchback RS adalah cargo space karena sebagai sebuah hatchback, mobil tersebut tidak memiliki ruang kargo yang terpisah seperti sedan.

Gambar Mesin L15ZF

Mesin masih tetap mengandalkan L15ZF seperti saudaranya

Bagian mesin tidak ada perbedaan sama sekali. Masih dengan unit berkode L15ZF 4-silinder DOHC i-VTEC 1.498 cc yang menghasilkan tenaga 121 HP dengan torsi 145 Nm. Rasio transmisinya pun tidak ada perbedaan meski Honda mengklaim bahwa versi Hatchback RS diplot sebagai mobil yang lebih sporty.

Mobil ini ditawarkan dengan harga mulai dari Rp 355.000.000 (on-the-road Jakarta). HPM sendiri menargetkan penjualan Small Sedan ini di angka 750 unit per tahunnya.

>>> Honda Mobilio Cuma Terjual 1 Unit pada September, Mau Ada Model Baru?

All New Honda Civic RS

Selain City, HPM juga turut meluncurkan All New Honda Civic RS yang membawa bahasa desain 'Sophisticated Sporty'. Pihak Large Project Leader Honda menyebut keputusan mereka untuk mengimbuhkan kesan yang berkelas pada Civic bertujuan untuk membuat sedan ini jauh lebih 'approachable' ketimbang pendahulunya yang sangat sporty.

Gambar All New Honda Civic RS

Tampilan All New Civic RS

All New Civic RS menggunakan mesin berkode L15BG 4-silinder DOHC VTC dan VTEC dengan turbocharger yang mampu menghasilkan tenaga 176 HP dengan torsi 240 Nm.

Dibanding Civic generasi 10, mobil ini dibekali dengan beragam fitur menarik dan kekinian seperti Honda Sensing serta Honda LaneWatch, mode berkendara, Layar TFT 10,2 Inci, dan yang paling unik adalah kunci pintar Honda Smart Key Card yang berbentuk kartu.

Gambar Detail Civic RS

Detail Civic RS terbaru

All New Civic RS ditawarkan mulai dari Rp 567.000.000 (on-the-road Jakarta). HPM menargetkan penjualan Medium Sedan ini di angka 450 unit per tahunnya.

Kedua sedan Honda ini sudah bisa anda pesan di dealer-dealer terdekat. Jika Anda bermukim di daerah Jabodetabek, Anda bisa melihat langsung mobil-mobil tersebut di Honda Dreams Cafe yang berlokasi di Senayan Park lantai GF, Jakarta Pusat.

>>> Simak Harga dan Promo Mobil-mobil Honda Terbaru di Sini

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top