Alauda Mark 1: Kendaraan Udara yang Merealisasikan Mobil Terbang di Karya Fiksi Ilmiah

19/12/2017

Pasar mobil
Share this post:
Alauda Mark 1: Kendaraan Udara yang Merealisasikan Mobil Terbang di Karya Fiksi Ilmiah
Sebuah start up yang berasal dari Australia mulai menunjukan geliatnya terhadap perkembangan industri otomotif masa depan. Alauda dengan bangga mengumumkan rencana mereka untuk menjadi tuan rumah dalam balapan “mobil terbang” pertama di dunia pada tahun 2019.

Dalam mewujudkan perlombaan tersebut, Alauda menciptakan prototype buatan sendiri, sebuah quadcopter yang menyerupai sebuah mobil yang dinamai Alauda Mark 1 Airspeeder. Protype ini rencananya akan diuji coba tahun depan.

Mobil terbang sudah menjadi impian bagi setiap pencinta fiksi ilmiah dari zaman dahulu. Bagi anda yang pernah menonton Back to the Future I-III, film ini menggambarkan masa depan, tepatnya tahun 2015 sudah dipenuhi dengan mobil terbang. Tentu saja, banyak perusahaan dan produsen yang mencoba mewujudkan gambaran ini, tapi masih belum ada yang sempurna membuatnya.

Prototype mobil terbang Alauda Mark 1 sedang diparkir di sebuah kamar untuk melakukan testnya

Prototype mobil terbang Alauda Mark 1 akan diuji coba tahun depan

Namun, jika dilihat lebih lanjut, mobil terbang merupakan versi lebih besar dari drone. Peneliti dan pengembang berlomba-lomba menciptakan kendaraan yang bisa melakukan lepas landas dan mendarat secara vertikal, persisi seperti drone.

>>> Berminat berita baru mengenai pasar otomotif, jangan ragu mengklik di sini!

Namun, sepertinya Alauda tidak tertarik dengan rencana mengembangkan versi taksi yang bisa melayang di udara. Start up ini memandang mobil terbang dengan persepsi yang berbeda: untuk kecepatan dan olahraga. Tujuan Alauda adalah membuat mobil yang terbang dengan kecepatan luar biasa, atau dengan istilah mereka, “membuat Ferrari di angkasa”.

sebuah gambar deskripsi Alauda sedang terbang di langit pada siang hari

Alauda mengembangkan kendaraan udara seperti dalam karya fiksi ilmiah

CEO Alauda, Matt Pearson, mengatakan dalam video yang diunggah oleh Kickstarter, “Karena ada mobil, makanya ada olahraga kecepatan. Dan semua jenis kendaraan, apapun yang kita buat, kita ingin balapan. Apun yang bisa membuat kita lebih cepat, terbang lebih tinggi, kita ingin berkompetisi.”

Matt Pearson percaya bahwa keinginan manusia untuk balapan dan berkompetisi akan mendorong perkembangan teknologi lebih jauh. Hal ini merupakan filosofi yang sama dengan yang digaungkan oleh para pencipta balapan Formula E, balapan drone, serta kompetisi pertarungan robot.

kendaraan udara Alauda Mark 1 ada mesin seperti Tesla Model S sedang ada di sebuah kamar

Alauda Mark 1 mengambil baterai yang sama dengan Tesla Model S

Prototype yang dkembangkan oleh Alauda merpakan sebuah kendaraan satu kursi yang didukung oleh kekuatan teknologi propulsi yang serupa dengan yang digunakan oleh perusahaan mobil listrik paling terkenal di dunia.

Dilansir dari situs resmi Alauda, mereka menjelaskan bahwa Alauda Mark 1 merupakan kendaraan satu kursi dengan kecepatan tertinggi mencapai 200 km/jam. Dilengkapi dengan empat motor 50 megawatt dan baterai yang sama dengan yang digunakan dalam Tesla Model S, Mark 1 mengandalkan sistem robot dan sensor untuk keamanan pengemudi dalam mengendalikan pesawat terbang.

Berminat penampilan Alauda Mark 1, jangan abaikan video berikut ini

Perusahaan ini tidak menggunakan istilah mobil atau pesawat, tetapi “airspeeder” (kendaraan cepat di udara) untuk menggambarkan kendaraan baru yang sesuai dengan fiksi ilmiah. Banyak orang yang meragukan kemampuan Alauda untuk mengembangkan kendaraan ini. Tapi, sepertinya kita harus menunggu sampai 2019 untuk melihat bagaimana Alauda Mark 1 bisa mengudara.

>>> Klik di sini untuk mendapatkan update terbaru mengenai berita mobil!

Share this post:
 
back to top