Alat Baru untuk Membantu membeli Mobil Bekas Dikeluarkan di Inggris

22/02/2018

Pasar mobil
Alat Baru untuk Membantu membeli Mobil Bekas Dikeluarkan di Inggris
Membeli mobil bekas menjadi salah satu tantangan tersendiri bagi pembeli. Jika tidak berhati-hati, Anda bisa menemukan mobil yang terlihat bagus namun memiliki banyak kekurangan ketika dipakai. Tapi, ada alat baru untuk pembeli membeli mobil bekas lebih aman di Inggris.

Salah satu hal yang membuat konsumen bimbang dalam membeli mobil bekas adalah tentang apakah mobil bekas yang akan dibeli masih layak untuk dipakai dalam jangka waktu yang lama. Selain itu, masalah teknis, seperti apakah mesin dan komponen mobil masih berada dalam keadaan bagus atau tidak.

Tapi sepertinya Anda tidak perlu khawatir lagi. Sebuah alat baru telah diluncurkan untuk membentu pembeli mobil bekas membeli kendaraan yang lebih aman. Sayangnya, alat ini saat ini hanya bisa dipakai di Inggris. Tapi tidak ada salahnya jika kita mempelajarinya, berharap alat ini bisa masuk dan dipakai di pasar mobil bekas di Indonesia.

Gambar yang menunjukan mobil yang diparkir dengan cara berjajar ke samping

Sistem baru ini memberi pengetahuan kepada pembeli mobil

Alat ini diperkenalkan oleh Driver and Vehicle Standard Agency (DVSA) atau Badan Pengemudi dan Kendaraan Standar di Inggris. Badan yang khusus mengurusi tentang pengemudian dan kendaraan ini mendesak pembeli untuk menggunakan layanan online terbaru untuk memeriksa apakan mobil yang mereka beli tidak pernah terkena recall.

Tentu saja menganalisa hal ini bukan perkara mudah. Mobil yang pernah mengalami recall biasanya dikarenakan mobil memiliki masalah pada sistem keamanan yang serius. Mungkin kedengaran tidak masuk akal, namun beberapa pengemudi sadar bahwa ada penarikan kembali atau recall tidak serta merta menyelesaikan masalah pada mobil.

>>> Baca juga 5 hal yang harus diingat ketika membeli mobil bekas

Untuk informasi, lebih dari delapan juta mobil bekas dijual di Inggris pada tahun 2016. Sehingga sangat penting untuk memeriksa apakah mobil yang Anda beli atau sudah Anda miliki aman dan tidak menjadi korban recall. Bahkan, menurut DVSA, satu dari 13 mobil di jalanan memiliki isu yang beredar dari produsen.

Gambar yang menunjukan seorang wanita sedang melihat dan bernegosiasi dengan sales dealer mobil

Pembeli bisa memeriksa mobil yang akan mereka beli

Pemeriksaan baru untuk layanan recall kecelamatan mobil, yang menggunakan data dari Society of Motor Manufacturers and Traders (SMMT), memungkinkan siapa saja yang membeli mobil bekas untuk memeriksa apakah ada recall sistem keselamatan menggunakan nomor registrasi mobil.

>>> Baca juga berita pasar mobil lainnya disini

Secara hukum, dealer mobil harus memperbaiki penarikan kembali tanpa memungut biaya sebelum menjual mobil kepada konsumen. Namun, penjual pribadi tidak terikat pada peraturan yang sama. Hal inilah yang membuat Anda harus berhati-hati ketika membeli mobil bekas yang sudah digunakan oleh pemakai pribadi.

Penjelasan tentang aplikasi membeli mobil DVSA

Layanan terbaru ini terhubung dangan sejarah MOT dari DVSA yang memungkinkan pembeli untuk memeriksa sejarah sebuah kendaraan. Mengetahui sejarah kendaran akan membuat Anda melihat seberapa baik perawatan mobil dilakukan oleh pemilik lama.

Menurut penyataan yang dikeluarkan oleh Chief Executive dari DVSA, Gareth Llewellyn, “Prioritas DVSA adalah membantu Anda menjaga kendaraan Anda tetap aman untuk dikendarai. Apakah Anda membeli mobil dari dealer, melalui pelelangan, atau dari penjual pribadi, Anda ingin yakin bahwa kendaraan yang Anda beli aman untuk dikendarai.”

Layanan terbaru ini memudahkan pengemudi dan pembeli memeriksa sejarah recall yang mungkin diterima oleh mobil yang ingin mereka beli. Tentu saja hal ini akan membuat membeli mobil bekas menjadi lebih mudah tanpa takut kecewa dengan kualitas mobil yang dibeli.

>>> Baca juga berita otomotif lainnya disini

 
back to top