Alasan Simpel Toyota Kedepankan Mobil Hybrid Ketimbang Mobil Listrik

07/10/2019

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Alasan Simpel Toyota Kedepankan Mobil Hybrid Ketimbang Mobil Listrik
Toyota Astra Motor (TAM) punya alasan sangat simpel dan masuk akal atas langkahnya mengedepankan mobil hybrid untuk Indonesia ketimbang mobil listrik.

Indonesia sedang bergairah mengawali era elektrifikasi kendaraan bermotor. Pasca pengesahan Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019 Tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) Untuk Transportasi Jalan, para produsen menyambut dengan antusias. Mereka mulai mengenalkan mobil-mobil listrik yang dimilikinya ke masyarakat sebelum nantinya diluncurkan.

Foto Toyota Corolla Atis Hybrid saat diluncurkan

Toyota Corolla Altis Hybrid akhirnya masuk Indonesia

>>> Teknologi Semakin Berkembang, Muncul Mild Hybrid. Apa Bedanya?

Sedikit berbeda dengan produsen lain yang menunjukkan mobil listrik murni-nya, Toyota Astra Motor (TAM) belum sedikitpun pamer mobil listrik dan memilih menghadirkan mobil hybrid. Dari beberapa line up baru yang diluncurkan di 2019 ini beberapa diantaranya adalah mobil hybrid yaitu Camry Hybrid, C-HR Hybrid, dan Corolla Altis Hybrid. Sebelumnya TAM juga sudah menjual Prius Hybrid dan Alphard Hybrid.

Menurut Marketing Director TAM, Anton Jimmy, Toyota sebenarnya punya mobil listrik murni seperti Mirai yang dipasarkan di Amerika Serikat dan C-HR/IZOA EV yang diperkenalkan di ajang Shanghai Auto Show 2019 dan bakal dipasarkan di China mulai tahun depan. Hanya saja TAM memang belum ada rencana menghadirkan keduanya ke Indonesia.

TAM lebih mengedepankan mobil hybrid karena mobil itu paling dapat diandalkan saat ini sebelum segalanya siap untuk mobil listrik. Mobil hybrid tidak membutuhkan tambahan infrastruktur apapun untuk membuat kendaraan dapat berjalan.

"Mobil listrik masih mahal, terutama soal komponen utamanya, baterai," tutur Anton seperti dikutip dari Liputan6(4/10/2019). "Mobil hybrid bisa menjangkau pelosok yang insfrastruktur pengisian listriknya belum memadai. Emisi gas buangnya pun lebih rendah dari mobil konvensional," tambahnya.

>>> All New Corolla Altis 2019 Menjadi Andalan Baru Toyota Pada Segmen Elektrifikasi

Foto menunjukkan Toyota C-HR EV tampak dari samping depan

Di China, Toyota C-HR hadir sebagai mobil listrik

Namun ada satu hambatan yang membuat pertumbuhan mobil hybrid belum secepat model konvensional, yaitu soal harga. Seluruh mobil hybrid Toyota saat ini dijual di atas harga setengah miliar rupiah dan itu membuat orang masyarakat umum berpikir ulang meski mereka tertarik untuk memiliki.

>>> Berita otomotif terlengkap ada di Cintamobil.com

Share this post:
Fatchur Sag
Penulis
Fatchur Sag
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

SIS Siapkan Ertiga Smart Hybrid, Berapa Harganya?

03/10/2019

Mobil baru

3 menit

Merespon program percepatan kendaraan ramah lingkungan di tanah air, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) siap meluncurkan model terbarunya Suzuki Ertiga Smart Hybrid. Berapa harganya?

Lihat juga

Aston Martin Konfirmasi Valkyrie WEC Tak Akan Pakai Mesin Hybrid

09/09/2019

Pasar mobil

5 menit

Menjadi bagian dari kategori Hypercar WEC musim 2020/2021, Aston Martin memastikan Valkyrie WEC yang akan diturunkan tidak mengadopsi konsep hybrid.

Lihat juga

Sudah Jual i3s, BMW Indonesia Tetap Pilih Mobil Plug in Hybrid

05/09/2019

Pasar mobil

3 menit

Menjadi pabrikan pertama yang meluncurkan mobil listrik murni di Indonesia, BMW Group Indonesia ternyata lebih memilih mobil plug in hybrid untuk produksinya nanti.

Lihat juga

Mesin Hybrid Dipastikan untuk India, Honda Jazz Indonesia Menyusul Tahun Depan?

20/08/2019

Mobil baru

3 menit

Kabar baru datang dari Honda Jazz. Dengan gelaran Tokyo Motor Show 2019 yang akan digelar Oktober mendatang, salah satu hatchback terlaris Honda dipastikan mendapatkan perubahan. Lalu, kapankan perubahan ini dipasang pada Honda Jazz Indonesia?

Lihat juga

Meluncur Bulan Depan, Honda Jazz 2020 Berevolusi jadi Crossover Hybrid?

19/08/2019

Pasar mobil

5 menit

Akan diluncurkan pada ajang Tokyo Motor Show 2019, Honda Jazz 2020 terlihat sedang melakukan tes. Dan sepertinya akan berubah bentuk menjadi sebuah crossover hybrid, apa iya?

Lihat juga