Aksi Nyata Suzuki Terhadap Sopir Angkot Kala Pandemic

20/09/2021

Pasar mobil

2 menit

Share this post:
PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) tak hanya mementingkan penjulan produk jagoan mereka saja yakni Carry, tapi juga peduli kepada sopir angkot kala pendemic

Pandemi COVID-19 yang berkepanjangan bukan hanya 'memukul' industri otomotif, tapi hingga ke sektor riil dampak buruknya begitu terasa. PT SIS sebagai salah satu pabrikan besar di Indonesia, tentunya tak hanya harus 'menyelamatkan' perusahaannya saja, tapi juga harus bisa meringankan beban pihak lain.

Suzuki Carry Angkot

Sopir Angkot senang Suzuki New Carry

Sebagai pabrikan, Suzuki Indonesia jelas memiliki kewajiban untuk mempertahankan perekonomian Indonesia. Tapi bukan hanya dengan cara menjual mobil yang bisa jadi basis ambulans atau pick up untuk pembangunan.

Bentuk Tanggung Jawab Terhadap Konsumen

Hebatnya, PT SIS ternyata tak hanya mementingkan penjulan produk jagoan mereka saja yakni Suzuki Carry, tapi juga berbagi kepedulian kepada para pengusaha maupun sopir angkot kala pendemic.

Sudah menjadi rahasia umum bila Suzuki sangat merajai penjualan angkot dengan basis Suzuki New Carry-nya. Hal ini menarik pihak Suzuki untuk turut membantu menurunkan penyebaran Covid-19 di moda transportasi umum.

Sopir angkot menerima CSR Suzuki

Para pengemudi angkot jadi 'sasaran' CSR Suzuki Indonesia

Untuk itu, Suzuki tahun 2020 lalu bekerja sama dengan 8 koperasi angkot di wilayah DKI Jakarta guna memberikan 6.400 paket sanitasi yang terdiri dari masker serta hand sanitizer kepada sopir angkot di Jakarta.

Tak sampai di situ saja, Suzuki juga memberikan dan memasang stiker berupa ajakan untuk terus menggunakan masker tanpa terkecuali dengan tujuan memberikan edukasi kepada sopir serta penumpang angkot sebagai salah satu cara untuk memutus rantai penyebaran Covid-19.

>>> Suzuki Karimun Wagon R Kalah Saing Lawan LCGC Lainnya, Ini Penyebabnya

Selang beberapa bulan kemudian, Suzuki kembali melakukan langkah berkesinambungan, yakni dengan melakukan penyemprotan disinfektan untuk 1.100 unit angkot KWK (Koperasi Wahana Kalpika) di Jakarta agar tercipta rasa aman dan nyaman bagi pengguna angkot di tengah pandemi Covid-19.

>>> Ternyata Banyak Perbedaan Suzuki Carry Pickup Export vs Lokal

Hubungan Terus Dijaga

Suzuki New Carry Angkot Panca Tunggal

Suzuki New Carry Angkot jadi primadona Public Transportation

"Memang kalau kita lihat Suzuki itu fokus pada public transportation (angkutan umum), dibandingkan dengan brand lain. Kalau di kami (pastinya) selalu support, beberapa waktu lalu kami juga mengadakan campaign dengan pengemudi angkutan kota yang masih loyal dengan produk Suzuki, kita ada kegiatan CSR dan macam-macam, tapi sampai saat ini kita tetap fokus dan maintain," tutup Sukma Dewi, Asst. to 4W Sales Dept. Head PT Suzuki Indomobil Sales ke Cintamobil.com.

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com

About Arfian

Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebenarnya salah jurusan saat kuliah. Karena ia mengambil jurusan Ekonomi Akuntansi mengikuti kemauan ayahnya dibanding mengambil kuliah teknik maupun komunikasi yang menjadi minatnya. Namun, passion menulis dan ketertarikannya akan mobil membawanya melamar menjadi jurnalis otomotif.

Gayung pun bersambut, pada tahun 2014 di mana sebelum Arfian wisuda, ia sudah diterima bekerja di Motorplus Weekly. Motorplus Weekly adalah sebuah tabloid dwi mingguan yang mengulas tentang sepeda motor. Lho kok sepeda motor? Yes, karena saat Arfian melamar pekerjaan di anak grup Kompas Gramedia tersebut, hanya posisi itu yang tersedia.

Setelah lulus kuliah Arfian bekerja di sana selama tiga tahun sebagai reporter. Bekerja menjadi jurnalis khusus sepeda motor Arfian jalani dengan semangat dan senang hati. Tak terhitung berapa kali ia menemui narasumber, berkunjung ke bengkel maupun sekadar mencoba sepeda motor baru dari jenis scooter hingga motor besar.

Di tengah perjalanan karirnya, Motorplus Weekly memiliki satu anak usaha lagi yakni Otoplus weekly yang berpusat di Surabaya, Jawa Timur. Melihat potensi dan passion yang dimiliki Arfian, Editor in Chief Motorplus saat itu, Alm Achmad ‘Feol’ Riswan menugaskan secara khusus Arfian untuk mengisi kolom otomotif roda empat.

Arfian ditugaskan untuk test drive mobil di tabloid Otoplus tersebut mulai tahun 2016. Sampai saat ini sudah ratusan kendaraan baik berjenis truk, bus, hingga mobil sport yang Arfian coba. Kegemarannya menulis dengan detail, terstruktur dan teknis membuat ia memiliki pembaca setia dan dipercaya untuk menjadi test driver di tabloid tersebut. 

Sejak tahun 2018 Arfian bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer dan menjadi Senior Content Writer setahun kemudian. Di tahun 2021 ia dipromosikan menjadi Editor, dan dengan kinerja yang baik di tahun 2021 ini pula ia dipromosikan kembali menjadi Managing Editor untuk website ini.

Roles

Managing Editor, Cintamobil.com

Workplace

Jakarta, Indonesia

Education

2009 - 2014 Trisakti University, Bachelor Degree, Accounting

2006 - 2009 54 Senior High School

2003 - 2006 109 Junior High School

Experience

2014 - 2016 Motorplus & Otoplus, Kompas Gramedia

2018 Content Writer Cintamobil.com

2019 Senior Content Writer Cintamobil.com

2021 Managing Editor Cintamobil.com

Awards

2020 - 3rd Winner, Best Online Write Up Activity & Industry News, Warta Citra Adiwahana

2020 - 2nd Winner, Mitsubishi Journalist Writing Competition - Artikel Online Terbaik

2021 - 1st Winner, Best Online Product Review, Warta Citra Adiwahana

 
back to top