Akibat Kebijakan Emisi Euro 7, Audi Mulai Stop Bikin Mobil Mesin Konvensional

31/03/2021

Pasar mobil

5 menit

Bos Audi menegaskan jika mereka akan mulai secara bertahap menghentikan pengembangan mesin bakar menyusul akan berlakunya kebijakan emisi Euro 7 di Eropa.

Standar emisi Euro 7 yang yang akan berlaku di Eropa sepertinya benar-benar memaksa pabrikan otomotif untuk menyusun kebijakan baru. Satu diantaranya Audi yang sudah memutuskan untuk mengakhiri pengembangan mesin bakar jika peraturan Euro 7 diterapkan.

Demikian pernyataan resmi Markus Duesmann, CEO Audi kepada media Jerman Automobilwoche.

"Rencana Uni Eropa untuk standar emisi Euro 7 yang lebih ketat, menjadi tantangan teknik yang sangat besar bagi kami. Tapi pada saat yang sama juga memberi sedikit manfaat bagi lingkungan," ucap Duesmann.

>>> BMW Susul Audi Tinggalkan Formula E Setelah Musim 2020/21

Standar Emisi Euro 7 Dimulai Tahun 2025

Audi e-tron GT

e-tron GT jadi langkah pertama Audi menawarkan mobil listrik

Lebih lanjut Duesmann juga menegaskan jika kebijakan standar emisi gas buang yang akan berlaku ini akan membuat Audi mengikuti peraturan tersebut.

"Kami tidak akan lagi mengembangkan mesin pembakaran internal, tetapi menyesuaikan dengan pedoman emisi baru ini," jelas dia.

Dirinya pun menjelaskan, jika penghapusan penggunaan mesin bakar ini bukan langsung dilakukan pada saat regulasi Euro 7 dimulai pada tahun 2025. Namun Audi bakal melakukanya bertahap dimulai dari tahun ini.

Keputusan Audi untuk meninggalkan mesin bakar tentu akan berdampak pada Volkswagen Group. Apalagi anak persuahaan lain seperti Lamborghini masih mempertahankan penggunaan mesin bakar. Sehingga pernyataan resmi pimpinan Volkswagen Group pun ditunggu untuk melihat seperti apa kebijakan raksasa perusahaan otomotif ini di masa depan.

>>> Teknologi Audi A8 Ini Bisa Mengurangi Dampak Benturan Samping Ketika Terjadi Kecelakaan

Sederet Mobil Listrik Audi Sudah Disiapkan

Audi e-tron SUV

Audi juga berniat membuat mobil listrik yang terjangkau

>>> Review Audi Q5 2.0 TFSI Quattro 2010: Compact Luxury SUV Tangguh Nan Anggun

Perkataan CEO perusahaan itu sepertinya memang sudah jadi keputusan mutlak perusahaan. Mengingat produsen berlambang empat cincin ini memang telah mempersiapkan sejumlah mobil listrik. Misalnya dari model e-tron GT, e-tron SUV dan juga Audi A4 dan A5 generasi berikutnya yang disiapkan jadi mobil listrik.

Audi pun memang sempat dikabarkan sudah mempersiapkan 12 model plugin-hybrid serta beberapa model full electric lainnya untuk mengejar target 20 mobil listrik di tahun 2025. Selain Audi, produsen Eropa lain yang juga mengumumkan lima tahun dari sekarang bakal menyediakan semua produknya berbasis baterai listrik adalah Volvo.

Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

 
back to top