Akibat Corona, Pabrik Hyundai di Korea Selatan Berhenti Produksi

02/03/2020

Pasar mobil

4 menit

Share this post:
Akibat Corona, Pabrik Hyundai di Korea Selatan Berhenti Produksi
Tidak hanya Cina, dampak penyebaran virus Korona juga menghantam industri otomotif di Korea Selatan, di mana Hyundai menutup lima fasilitas pabrik perakitan mobil di Ulsan.

Setelah menemukan salah satu pekerjanya terjangkit virus korona, pabrik Hyundai Korea Selatan ditutup untuk sementara. Selain itu, mereka juga meminta kolega yang mengalami kontak dengan pekerja yang terinfeksi beristirahat di rumah untuk beberapa waktu sembari menjalani tes virus korona.

>>> Karena virus Corona, Geneva Motor Show dibatalkan!

Pabrik Hyundai Korea Selatan yang ditutup terletak di Ulsan, salah satu komplek pabrik mobil terbesar di dunia yang mempekerjakan 34.000 karyawan, serta dapat memproduksi 1,4 juta mobil per tahun, yang merupakan 30% dari produksi global Hyundai per tahun. Beberapa model penting dirakit di sini, mulai dari Santafe, Tucson, Palisade, sampai SUV mewah Genesis GV80 yang baru rilis.

SUV terbaru Hyundai, Genesis GV80

Salah satu mobil yang dirakit di pabrik Ulsan adalah Genesis GV80

Sebagai informasi, Ulsan hanya berjarak kurang satu jam dari Daegu, yang jadi pusat penyebaran virus Corona. Saat ini, Korea Selatan jadi negara dengan jumlah terbanyak yang terinfeksi Corona setelah Cina, yakni 2.022 orang tejangkit.

>>> Pilihan mobil baru dan bekas berkualitas bisa Anda temukan di sini

Tidak hanya berdampak pada industri otomotif saja, melainkan industri lain dengan raksasa telekomunikasi Samsung juga menutup salah satu pabrik telepon mereka di Korea pekan lalu. Namun, mereka sudah kembali melanjutkan kegiatan operasionalnya awal pekan ini.

Sementara itu, Hyundai belum mengonfirmasi kapan kompleks pabrik di Ulsan akan kembali dibuka, mereka hanya menjelaskan bahwa pihaknya sedang mensterilkan pabrik. Tutupnya pabrik berdampak pada saham Hyundai yang turun 5%, hal ini menjadi pukulan setelah kembali memulai produksi lokal yang dipengaruhi kurangnya distribusi suku cadang dari Cina di tengah merebaknya virus Corona.

>>> Kabar terbaru seputar pasar mobil bisa Anda simak di sini

Operasional pabrik Hyundai Korea Selatan

Pabrik Hyundai Ulsan menyumbang 30% produksi global

Kasus terbaru ini semakin memperparah industri otomotif secara global, karena sebelumnya puluhan pabrik otomotif di Cina berhenti produksi karena virus Corona. Tak hanya kegiatan produksi, ajang pameran otomotif besar seperti Beijing Motor Show dan Geneva Motor Show juga dibatalkan karena alasan serupa.

>>> Berita terbaru dan terlengkap bisa Anda temukan di Cintamobil.com

Share this post:
Derry Munikartono Ahnas Putra
Penulis
Derry Munikartono Ahnas Putra
Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.

Berita lain

UPDATE: Geneva Motor Show 2020 Batal Digelar Akibat Virus Corona

29/02/2020

Pasar mobil

4 menit

Dikarenakan penyebaran virus Corona yang semakin masif di Eropa dan Swiss, membuat pemerintah dan penyelenggara terpaksa membatalkan Geneva Motor Show 2020

Lihat juga

Efek Virus Corona, Geely Mulai Pasarkan Mobil Secara Online

25/02/2020

Pasar mobil

3 menit

Akibat penyebaran wabah virus Corona penjualan mobil di Tiongkok alami penurunan. Mengatasi hal ini produsen mobil setempat akan jual mobil secara online.

Lihat juga

Virus Corona Paksa Penjualan Mobil Februari di Tiongkok Turun 70 Persen

25/02/2020

Pasar mobil

3 menit

Virus Corona di Kota Wuhan tidak hanya berdampak pada kesehatan, tetapi juga penjualan mobil. Dilaporkan penjualan turun hingga 92 persen di Februari 2020.

Lihat juga

Wabah Virus Corona, China Motor Show 2020 Diprediksi Ditunda

17/02/2020

Event - Promosi

2 menit

Wabah virus Corona kembali memakan korban. Kali ini gelaran China Motor Show 2020 yang rencananya diselenggarakan pada April mendatang diprediksi akan ditunda.

Lihat juga

Korban Lain Virus Corona, Penjualan Mobil Turun 18 Persen Pada Januari 2020

14/02/2020

Pasar mobil

3 menit

Terdampak virus Corona, China Association of Automobile Manufacturers (CAAM) melaporkan data sementara penjualan mobil di China turun hingga 18 persen.

Lihat juga