Akhiri Drama, Lewis Hamilton Bertahan di Mercedes-AMG

09/02/2021

Pasar mobil

5 menit

Akhiri Drama, Lewis Hamilton Bertahan di Mercedes-AMG
Setelah melalui pembicaraan yang alot dan berliku, akhirnya Lewis Hamilton memastikan masa depannya di F1 setelah meneken kontrak dengan Mercedes-AMG F1 Team untuk musim 2021.

Akhirnya, selesai sudah saga kontrak yang melibatkan Lewis Hamilton dan Mercedes-AMG F1 Team. Kedua pihak akhirnya sepakat untuk melanjutkan kolaborasi yang sangat sukses untuk F1 musim 2021.

Setelah sempat tertunda akibat Covid-19 dan berbagai penyesuaian kontrak baru, akhirnya Lewis Hamilton menyetujui kontrak jangka pendek bersama tim yang sudah dibelanya sejak 2013.

“Saya bersemangat untuk mengarungi tahun kesembilan saya dengan rekan-rekan di Mercedes. Tim kami sudah meraih berbagai hal luar biasa bersama, dan kami berharap untuk membangun kesuksesan yang lebih besar, dan terus improve baik di dalam ataupun luar trek,” ujar Hamilton mengomentari kontrak barunya.

>>> Seluruh line-up pembalap F1 2021 sudah dipastikan, apakah sesuai dengan prediksi awal yang ditulis Cintamobil.com?

Bukan sekadar kontrak balap

Luar trek? Iya, jadi sepanjang musim 2020 Lewis Hamilton meminta kontrak terbarunya bersama Mercedes memiliki cakupan lebih luas. Lebih dari sekadar sebagai pembalap, kontrak baru juga memiliki fokus di beberapa area seperti meningkatkan keragaman dan membantu brand dalam peralihan menuju teknologi ramah lingkungan.

Juara dunia F1 musim 2020, Lewis Hamilton

Kontrak baru Lewis Hamilton mencakup hal di luar balap seperti inklusi dan promosi teknologi ramah lingkungan

Hal ini dikonfirmasi Mercedes, bahwa kontrak baru Lewis Hamilton mencakup banyak hal di luar balap. Salah satunya komitmen pada keberagaman yang lebih besar dan inklusi dalam dunia balap dengan bentuk Yayasan amal bersama.

“Kami sama-sama bertekad untuk melanjutkan perjalanan yang kami mulai untuk membuat motorsport lebih terbuka terhadap keberagaman untuk generasi masa depan, dan saya sangat bersyukur Mercedes sangat suportif pada gagasan saya soal masalah ini,” lanjut Hamilton.

“Saya bangga untuk mengatakan bahwa kami melakukan langkah maju dalam hal ini dengan meluncurkan yayasan yang didedikasikan untuk keberagaman dan inklusi dalam dunia balap. Saya sangat terinspirasi dengan apa yang bisa kita bangun bersama, dan saya tak sabar untuk kembali ke trek Maret nanti.”

>>> Meski Berstatus Tujuh Kali Juara Dunia F1, Hamilton Mengaku Ngeri Kalau Nyetir Mobil Sendiri di Jalan Raya

Kontrak satu tahun, tanpa opsi veto pembalap

Kontrak baru Lewis Hamilton bersama Mercedes hanya berdurasi satu tahun dengan nilai yang dirahasiakan, hal ini bisa dibilang cukup mengejutkan. Sebelumnya, Mercedes sudah menyiapkan kontrak dua tahun dengan angka yang sama seperti kontrak sebelumnya di 40 juta Dollar (Rp 560 miliar) dengan tambahan bonus.

George Russel mengantikan Lewis Hamilton di GP Sakhir

Kontrak baru Hamilton tidak menghalangi Russell untuk jadi rekan satu timnya di Mercedes

Menanggapi hal ini, Toto Wolff selaku Team Principal Mercedes-AMG F1 Team mengungkapkan pihaknya tidak bisa memberi mega kontrak untuk Hamilton karena terbentur masalah finansial.

“Kami berdua sepakat untuk kontrak satu tahun. Pertama-tama, terdapat ubahan regulasi baru yang cukup signifikan tahun 2020. Kami ingin melihat bagaimana perkembangan kondisi dunia, dan juga perusahaan. Plus di sisi lain, kami memulai (pembicaraan kontrak) sangat terlambat,” ungkap Wolff seperti dikutip Motorsport.com.

“Kami ingin membahas kontrak pada akhir tahun di antara balapan Bahrain, tapi seperti kita ketahui Lewis merasa tidak begitu enak badan. Dan pada akhirnya, kami baru memulai pembicaraan sebelum Natal. Jadi sangat penting untuk menuntaskan hal ini sesegera mungkin. Dan oleh karena itu, kami sepakat untuk menunda pembicaraan tahun 2022 pada akhir tahun 2021.”

Salah satu klausul yang diisukan ada dalam kontrak baru Lewis Hamilton juga soal pemilihan rekan satu tim. Rumornya, Hamilton memveto George Russell atau Max Verstappen untuk jadi rekan satu timnya. Hal ini juga dibantah oleh Wolff.

“Untuk klausul spesifik yang diberitakan di media, saya tidak tahu dari mana itu muncul karena itu sama sekali tidak benar,” lanjut Wolff.

“Saya sebenarnya membaca hal ini, dan menurut saya ini cukup menarik. Tapi faktanya, tidak ada sama sekali pembicaraan soal klausul terkait pembalap manapun. Ia tidak pernah meminta hal itu selama delapan musim terakhir. Ini murni keputusan tim.”

>>> Berita otomotif terbaru dan terlengkap bisa ditemukan di Cintamobil.com

Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.
 
back to top