Akankah Tren Mobil MPV di Indonesia Tergantikan SUV Murah?

14/01/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Akankah Tren Mobil MPV di Indonesia Tergantikan SUV Murah?
SUV Murah diprediksi akan banyak memenuhi pasar otomotif Indonesia tahun 2021. Akankah kehadirannya bisa menggantikan MPV yang mendominasi setiap tahunnya?

Mobil jenis Multi Purpose Vehicle (MPV) sudah amat melekat dengan masyarakat Indonesia. MPV yang identik dengan mobil keluarga ini dinilai memiliki karakter untuk menemani kegiatan masyarakat sehari-hari. 

Hal itu dapat terlihat dari kapasitasnya yang mampu memuat tujuh orang. Belum lagi, mesin dan fitur di dalam mobil juga bisa diandalkan. Tak kalah penting adalah harganya yang terbilang masih terjangkau bagi sebagian besar kantong masyarakat Indonesia. Pilihan mobil MPV pun banyak disajikan oleh para pabrikan. 

Nissan Magnite

Nissan baru saja meluncurkan Magnite

>>> Toyota Serius Pelajari Raize untuk Dibawa ke Indonesia

Harga MPV Ramah di Kantong

Rata-rata mobil MPV dijual di kisaran harga Rp 200-300 jutaan. Sekretaris Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menyebut, masyarakat Indonesia kebanyakan mengincar mobil dengan harga di bawah Rp 300 juta. 

Namun memasuki tahun 2021, diprediksi akan ada tren baru di pasar otomotif Indonesia. Kabarnya SUV murah bakal menjadi primadona. Seiring dengan prediksi tersebut, sederet pabrikan dikabarkan tengah menyiapkan modelnya untuk dijual di Indonesia. Tercatat ada KIA sudah meluncurkan Sonet dengan banderolan harga mulai Rp 193 jutaan. 

Toyota Raize

Toyota Raize menjadi produk yang menarik untuk diboyong ke Tanah Air

Kemudian belum lama ini ada Nissan juga ikutan meluncurkan SUV murah lewat Magnite. Nissan Magnite juga punya banderolan di kisaran Rp 200-300 jutaan. Kabarnya, masih ada sederet SUV dengan harga terjangkau yang bakal diluncurkan di Indonesia seperti Toyota Raize hingga Daihatsu Rocky. 

Akankah kehadiran SUV murah tersebut menggantikan tren MPV di Indonesia? Mengingat mobil jenis SUV tengah naik daun di sejumlah negara tak terkecuali Indonesia. Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor Anton Jimmi Suwandy mengatakan bahwa tren mobil MPV di Indonesia masih belum tergantikan sekalipun ada model lain bermunculan.

"Segmen MPV tetap dominan tapi memang segmen SUV ada peningkatan dari tahun ke tahun," jelas Anton saat dihubungi Cintamobil belum lama ini. 

>>> Tahun 2021 Jadi Eranya SUV Murah di Indonesia, Honda Mau Ikutan?

Ada Sederet SUV Murah Antre Diluncurkan

Toyota sendiri memang memiliki deretan MPV yang disiapkan untuk masyarakat di beberapa segmen. Di segmen LCGC Toyota memiliki MPV Calya, kemudian di Low MPV ada Avanza, MPV Medium terdapat Innova dan Voxy, lalu yang premium pada model Alphard serta Vellfire.

Seperti disebutkan sebelumnya, Toyota santer dikabarkan meluncurkan SUV mini yakni Raize tahun ini. Secara dimensi, Raize akan mengisi segmen SUV sub 4-meter bersama dengan Sonet maupun Magnite. Sayangnya, Anton masih enggan memberikan komentarnya terkait calon produk barunya itu. Sinyal kehadiran Raize di Indonesia sendiri sudah diberikan Toyota sejak tahun lalu dengan menyebut segmen SUV murah itu cukup menarik. 

"Saya belum bisa komen ya untuk future model," pungkas Anton. 

>>> Komparasi Nissan Magnite vs Daihatsu Rocky vs KIA Sonet

Share this post:
Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020

Berita lain

Review Wuling Confero S 1.5 2019: MPV Murah Wuling Semakin Lengkap

Rp 150.000.000

23/08/2020

Editor rate:

MPV terjangkau milik Wuling ini mendapatkan peningkatan setahun setelah dipasarkan. Menjadikan Wuling Confero S 1.5 2019 lebih lengkap dibanding pesaingnya.

Lihat juga

Review Daihatsu Sigra 1.0 D M/T 2019: MPV 7-Penumpang Termurah Daihatsu

RP. 119.500.000

27/12/2020

Editor rate:

Dengan uang sejumlah Rp 120 juta kurang Rp 500 ribu Anda sudah bisa mendapatkan sebuah MPV 7-seater lansiran Jepang, yakni sebuah Daihatsu Sigra 1.0 D M/T 2019

Lihat juga

Review Toyota New Calya 1.2 E 2019: MPV Murah Dengan Fitur Mumpuni

Rp. 115.000.000

26/12/2020

Editor rate:

Diposisikan sebagai trim murah, Toyota New Calya 1.2 E 2019 ternyata punya kelengkapan fitur Calya yang cukup lengkap. Apakah mobil ini layak jadi pilihan?

Lihat juga

MPV KIA Calon Rival Avanza-Xpander Diproduksi Tahun 2022

12/01/2021

Mobil baru

3 menit

KIA dikabarkan akan meramaikan pasar MPV yang dihuni Avanza hingga Xpander. MPV KIA itu dijadwalkan meluncur pada Januari 2022 dengan mengusung platform Seltos.

Lihat juga

Mengintip Harga Low MPV Bekas Jelang Akhir Tahun, Mana yang Tertinggi?

19/12/2020

Jual beli

5 menit

Mobil di segmen Low MPV masih menjadi primadona di Indonesia, begitupun kalau bicara mobil bekas. Lantas harga Low MPV bekas yang masih bagus dan merosot?

Lihat juga
 
back to top