Airbag Tak Mengembang, Jeep Grand Cherokee Ringsek Tabrak Truk di Tol Kanci

19/07/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Jeep Grand Cherokee tampak ringsek usai menabrak truk dari belakang di Tol Kanci. Saat kecelakaan disebut-sebut airbag pada mobil tersebut tak mengembang.

Kecelakaan nahas baru saja dialami oleh mantan bos Jeep di Indonesia Muhammad Al Abdullah. Dalam postingan di laman Facebook pribadinya, pria dengan sapaan akrab Memet itu menggunggah sejumlah foto yang memperlihatkan kondisi mobil rusak parah usai mengalami kecelakaan. 

Diakui Memet sejumlah fitur di dalamnya tak berfungsi sehingga menyebabkan dirinya mengalami kecelakaan hebat tersebut. 

kecelakaan Jeep

Jeep Grand Cherokee ringsek akibat menabrak truk

>>> Deretan Mobil Chevrolet Kena Recall Airbag di Indonesia, Ini Daftarnya

Airbag Jeep Grand Cherokee Tak Mengembang

"Kejadiannya saya sedang di jalur kanan Toll dan di depan ada mobil Avanza di jalur kanan juga yang tiba mengerem mendadak tetapi sayangnya  Fitur 'Active Brake Collision System' (ABCS) yang merupakan salah satu fitur safety yang ada dalam Mobil Jeep GC 3.6L (Summit 2015) ini tidak berfungsi sebagaimana harusnya," tulis Memet dalam unggahan itu. 

Walhasil ia harus mengerem secara manual dan menurut pengakuannya setir otomatis terbuang ke kiri dan membuat mobil yang dikemudikannya itu menabrak truk containter. Beruntung tak ada korban jiwa dari kecelakaan itu. 

kecelakaan Jeep

Airbag pada mobil diklaim tak mengembang

Buntut dari kejadian tersebut Memet mengajukan komplain langsung ke prinsipal Jeep yakni Fiat Chrysler Automobile lewat Agen Pemegang Merek (APM) di Tanah Air yaitu PT DAS Indonesia Motor. Bilamana tak ada pertanggungjawaban berarti, dirinya pun siap melanjutkan ke jalur hukum. 

"Saya sudah mengajukan complaint ke pihak Principal JEEP, melalui APM , karena bagaimana bisa mobil dengan fitur safety canggih yang berlimpah tapi saat kejadian fitur safety ABCS dan AIRBAGS  tidak ada yang berfungsi satu pun. Apabila Pihak FCA tidak bertanggung jawab, dikarenakan saya SELAMAT, yah mari kita  selesaikan secara hukum," tulisnya lagi. 

>>> Mobil Apa yang Pertama Menggunakan Fitur Airbag?

Kondisi Airbag Tak Mengembang saat Kecelakaan

kecelakaan Jeep

Ada beberapa kondisi airbag tak mengembang

Mengutip laman Auto2000, ada kondisi tertentu yang membuat airbag pada mobil tak mengembang saat terjadi kecelakaan. Tertulis bahwa airbag tidak dirancang untuk mengembang apabila terjadi benturan atau kondisi sebagai berikut:

1)  Kendaraan terguling

2)  Benturan dari belakang

3)  Kendaraan menabrak objek yang lebih tinggi

4)  Menabrak tiang tepat ditengah

5)  Benturan menyudut

Perlu diketahui, demi keselamatan penumpang  Airbag hanya akan berfungsi sesuai dengan kondisi mengembangnya Airbag, sehingga Airbag tidak akan berfungsi bila tidak memenuhi kondisi tersebut.

Airbag hanya mengembang satu kali setelah terjadi kecelakaan, sehingga perlu pemasangan perangkat Airbag yang baru agar aktif kembali.

>>> India Wajibkan Mobil Punya Fitur Airbag, Bagaimana dengan Indonesia?

Menjadi jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016 dan telah memiliki ragam pengalaman menguji mobil hingga mengunjungi pameran otomotif tingkat dunia. Bergabung sebagai Editor di Cintamobil sejak tahun 2020.

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir sebagai jurnalis di kanal ekonomi di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2015. Kemudian pada tahun 2016, dipercaya untuk mengisi kanal otomotif. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Pun demikian dengan aturan lalu lintas yang berlaku saat ini. 

Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. 

Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Adapun ragam mobil yang pernah dicoba antara lain di kelas LCGC, Low MPV, SUV, mobil listrik murni hingga Supercar sekelas Ferrari.

Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor.

Experience

  • Tokyo Auto Salon 2019
  • Geneva International Motor Show 2017
  • GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019
  • IIMS 2017, 2018, 2019
  • IMOS 2016, 2018
 
back to top