Airbag Inflator Bermasalah, MMKSI Umumkan Kampanye Perbaikan Untuk 1.278 Unit Kendaraan Penumpang

02/02/2019

Pasar mobil
Share this post:
Airbag Inflator Bermasalah, MMKSI Umumkan Kampanye Perbaikan Untuk 1.278 Unit Kendaraan Penumpang
Distributor resmi merek Mitsubishi Indonesia, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) mengumumkan recall atau kampanye perbaikan terhadap 1.278 unit mobil dikarenakan ada masalah pada fitur keselamatan airbag.

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) selaku Agen Pemegang Merek (APM) dan distributor kendaraan penumpang dan niaga ringan Mitsubishi di Indonesia mengumumkan recall atau kampanye perbaikan (Field Fix Campaign) terhadap 3 model kendaraan penumpang Mitsubishi Pajero Super Exceed, Delica & Lancer SEi dengan jumlah total mencapai 1.278 unit.

Foto Pajero Sport 2013 tampak samping depan

Dari dulu Pajero Sport sudah terkenal dengan kegagahannya

Kendaraan-kendaraan tersebut di atas harus ditarik karena ditemukan kemungkinan Body Inflator Airbag (komponen mekanis pengembang kantung udara) dapat pecah yang menyebabkan terpentalnya material komponen tersebut yang berpotensi melukai pengemudi dan/atau penumpang depan ketika airbag mengembang saat terjadinya tabrakan frontal.

Dalam hal ini diketahui penyebab Body Inflator Airbag memiliki potensi pecah dikarenakan oleh bahan kimia pengembang airbag, yakni ammonium nitrate yang berubah dalam akumulasi jangka waktu yang lama sehingga rusak dibawah pengaruh perbedaan temperatur dan kelembaban. Komponen Body Inflator Airbag yang baru sebagai pengganti dalam kampanye perbaikan ini telah dikembangkan tanpa penggunaan bahan kimia tersebut.

>>> Bukan Selalu Kesalahan Teknis, Inilah Faktor Airbag Tidak Mengembang

Gambar ilustrasi Airbag Mitsubishi Pajero Sport

Ilustrasi kompen airbag Mitsubishi Pajero Sport

Dalam rilis yang diterbitkan 1 Februari 2019 disebutkan kampanye perbaikan ini merupakan komitmen MMKSI dalam menjamin kualitas produk dan memprioritaskan keselamatan penumpang. Kampanye juga sebagai bukti kepatuhan MMKSI terhadap Peraturan Perundang-undangan yang berlaku khususnya Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 33 Tahun 2018 Tentang Pengujian Tipe Kendaraan Bermotor Pasal 79 ayat 1. Disitu disebutkan “(1) Terhadap Kendaraan Bermotor yang telah memiliki SUT atau Surat Keputusan Rancang Bangun yang ditemukan cacat produksi, mempengaruhi aspek keselamatan, dan bersifat massal, wajib dilakukan penarikan kembali untuk dilakukan perbaikan.”

Adapun rincian kendaraan yang direcall atau terlibat kampanye perbaikan adalah sebagai berikut:

No.

Model Kendaraan

Tahun Produksi

Pergantian Part

Total Unit Terlibat

Passenger Airbag

Driver Airbag

1

Pajero Super Exceed

2008 - 2013

62 unit

2

Delica

2014 - 2016

-

996 unit

3

Lancer SEi

2006 - 2012

-

220 unit

 

“Program kampanye perbaikan ini merupakan bentuk komitmen dan tanggung jawab Mitsubishi Motors Corporation dalam menjaga kualitas kendaraan secara berkesinambungan serta memberikan jaminan layanan purna jual berkualitas untuk terus memastikan keamanan dan kenyamanan berkendara bagi para pengguna kendaraan Mitsubishi di Indonesia. Sehingga konsumen tidak perlu khawatir dalam keseluruhan proses kepemilikan kendaraan penumpang Mitsubishi, terbukti walaupun model kendaraan yang dimaksud sudah tidak lagi didistribusikan secara resmi oleh MMKSI namun komitmen dan tanggung jawab merek terhadap konsumen tetap dilakukan melalui berbagai aktivitas seperti kampanye perbaikan ini.”, ungkap Irwan Kuncoro, Director of Sales & Marketing Division MMKSI.

>>> Tak Lagi Dikesampingkan, Berikut Peraturan Recall Kendaraan dari Pemerintah

Foto Mitsubishi Delica 2014 warna putih di dealer

Penjualan Mitsubishi Delica di Indonesia dihentikan sejak pertengahan 2018

Demi kelancaran kampanye perbaikan ini MMKSI melalui dealer kendaraan penumpang dan niaga ringan Mitsubishi di seluruh Indonesia akan mengirimkan surat undangan kepada konsumen yang kendaraannya terlibat dalam kampanye. Kampanye ini dimulai tanggal 1 Februari 2019 di seluruh dealer resmi kendaraan penumpang dan niaga ringan Mitsubishi di Indonesia. Diharapkan konsumen segera membawa kendaraannya ke dealer resmi terdekat untuk dilakukan proses perbaikan maupun penggantian parts secara GRATIS. Estimasi pemeriksaan penggantian komponen memakan waktu tiga jam untuk model Pajero Super Exceed dan dua jam untuk Delica dan Lancer SEi.

>>> Baca Review Mitsubishi Delica D:5 2019 di sini!

Foto Mitsubishi Lancer SEi 2012 tampak dari samping depan

Mitsubishi Lancer SEi 2012, masih keren meski tidak lagi diproduksi

Untuk informasi lebih lanjut konsumen dapat menghubungi menghubungi dealer resmi kendaraan penumpang dan niaga ringan Mitsubishi terdeka, sekaligus melakukan Service Booking untuk kemudahan dalam pengaturan waktu perbaikan mulai tanggal 1 Februari 2019. Informasi lokasi dan kontak dealer resmi kendaraan penumpang dan niaga ringan Mitsubishi bisa dilihat di www.mitsubishi-motors.co.id/cari-dealer.

>>> Berita terlengkap dari dunia otomotif hanya ada di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

Airbag Inflator Bermasalah, 17.286 Unit Honda Freed Dan Jazz Harus Direcall

10/10/2018

Pasar mobil

Sebanyak 17.286 unit Honda Freed dan Honda Jazz terindikasi masalah pada Airbag Inflator sisi penumpang depan yang bepotensi membahayakan. Demi keselamatan diharapkan konsumen segera membawa ke dealer resmi untuk dilakukan perbaikan.

Lihat juga

Ada Masalah Pada Sistem Hibrida, Lebih dari 800.000 Unit Toyota Prius Direcall

08/10/2018

Pasar mobil

Mobil ramah lingkungan Toyota Prius harus ditarik untuk dilakukan perbaikan setelah ditemukan masalah pada sistem hibrida. Kegagalan masuk ke mode safe driving membuat mobil berpotensi kecelakaan akibat berhenti mendadak tanpa diketahui pengemudi.

Lihat juga

Power Steering Bermasalah, Lebih Dari 1 Juta Unit Chevrolet Cs Kena Recall

17/09/2018

Pasar mobil

General Motors Co dirundung mendung, lebih dari 1 juta unit mobil berbagai merek yang berada di bawah naungannya harus direcall dikarenakan ada masalah pada Power Steering.

Lihat juga

Tampilan Generasi Baru Delica D:5 2019 Bocor, Keren Mirip Xpander

24/10/2018

Mobil baru

Tampilan generasi baru Mitsubishi Delica D:5 2019 bocor di internet lewat gambar brosur yang tersebar di situs Jepang kakaku.com. Kamera mata-mata bahkan menangkap mobil yang sama sedang dalam perjalanan untuk dibawa ke sebuah showroom untuk dipamerkan.

Lihat juga