Agen Pemegang Merek Beri Respon PPKM Darurat, Ada Rencana Mitigasi?

07/07/2021

Pasar mobil

3 menit

PPKM Darurat resmi diberlakukan dari tanggal 3 hingga tanggal 20 Juli tahun 2021, nah berikut ini adalah beberapa respon dari para Agen Pemegang Merek

Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat resmi diberlakukan dari tanggal 3 Juli hingga tanggal 20 Juli 2021, berikut ini adalah respon dari para Agen Pemegang Merek (APM) menyikapi situasi PPKM darurat.

Mayoritas Patuh PPKM Darurat

Secara umum, seluruh APM yang berbisnis di Indonesia mematuhi langkah PPKM darurat yang dilakukan oleh pemerintah ini. Contohnya Head Office (kantor pusat) PT Astra Daihatsu Motor yang menerapkan kebijakan 25% Work From Office (WFO) dan 75% Work From Home (WFH).

Foto Renault Triber RXL

Diler Renault jadwal buka dan tutupnya tergantung aturan PPKM masing-masing wilayah

Sementara untuk dealer APM ada juga yang menerapkan kebijakan menyesuaikan dengan peraturan di daerahnya. Semisal Renault, "Operasi dealer tergantung kondisi di wilayah pemasaran masing-masing sesuai dengan aturan PPKM darurat," papar papar Davy J Tuilan, selaku Chief Operation Officer PT Maxindo Renault Indonesia.

Gambar showroom Mitsubishi

Begitu juga dengan Mitsubishi...

Berbanding terbalik dengan APM lainnya, "Di outlet Daihatsu showroom 100% WFH," sahut Amelia Tjandra, selaku Marketing Director dan Corporate Planning and Communication Director PT Astra Daihatsu Motor. Hal yang sama juga diamini oleh Toyota, Mitsubishi, Nissan dan Honda.

Foto dealer Daihatsu

Saat kebijakan PPKM berlaku untuk sementara konsumen tak bisa pergi ke dealer

"Meskipun showroom secara fisiknya tutup, namun jika ada customer yang akan melakukan pemesanan kendaraan Daihatsu tetap dapat dilakukan secara online," tambah Hendrayadi Lastiyoso, selaku Division Head Marketing & Customer Relation, Astra International- Daihatsu Sales Operation (AI-DSO).

>>> Dukung PPKM Darurat, Kegiatan Penjualan Mitsubishi Dilakukan Daring

Tidak Semua Bengkel Buka

Untuk bengkel, rata-rata APM memberi komentar tetap buka meski terbatas. "Pada dasarnya bengkel kami tetap beroperasional untuk melayani konsumen," kata Yusak Billy sebagai Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor kepada tim Cintamobil.com.

Foto bengkel mobil Daihatsu

Bengkel kapasitasnya hanya 25% saja

Senada dengan Billy, pihak Daihatsu juga bilang hal yang sama, "Sedangkan untuk Bengkel, karena sebagai industri penunjang, maka akan tetap dapat melayani namun dengan kapasitas 25% saja, karena sebagian karyawannya WFH 75%," papar Hendrayadi sapaan akrab Hendrayadi Lastiyoso.

Pabrik Tetap Jalan

Gambar pabrik Daihatsu

Pabrik tetap beroperasi

Peraturan PPKM Darurat juga mengatur mengenai usaha-usaha di sektor kritikal, dan untuk pabrik mobil, umumnya APM menegaskan bila factory mereka tetap jalan. "Pabrik karena masuk kategori industri strategis expor maka tetap berproduksi dengan protokol kesehatan yang ketat," tambah Amel sapaan karib Amelia Tjandra.

Ada Langkah Mitigasi?

Gambar ilustrasi penjualan daring

Show must go on! Penjualan bakal banyak beralih ke digital

Meski sedang dalam kondisi pembatasan ketat, namun show must go on. Dari hasil wawancara tim kami, banyak juga pabrikan yang melakukan langkah mitigasi untuk sektor penjualan. Contohnya Honda, "Untuk penjualan kami fokuskan pada penjualan secara onLine atau platform digital mas," tutup Billy panggilan akrab Yusak Billy.

Penulis
Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebenarnya salah jurusan saat kuliah. Karena ia mengambil jurusan Ekonomi Akuntansi mengikuti kemauan ayahnya dibanding mengambil kuliah teknik maupun komunikasi yang menjadi minatnya. Namun, passion menulis dan ketertarikannya akan mobil membawanya melamar menjadi jurnalis otomotif. Gayung pun bersambut, pada tahun 2014 di mana sebelum Arfian wisuda, ia sudah diterima bekerja di Motorplus Weekly. Motorplus Weekly adalah sebuah tabloid dwi mingguan yang mengulas tentang sepeda motor. Lho kok sepeda motor? Yes, karena saat Arfian melamar pekerjaan di anak grup Kompas Gramedia tersebut, hanya posisi itu yang tersedia. Setelah lulus kuliah Arfian bekerja di sana selama tiga tahun sebagai reporter. Bekerja menjadi jurnalis khusus sepeda motor Arfian jalani dengan semangat dan senang hati. Tak terhitung berapa kali ia menemui narasumber, berkunjung ke bengkel maupun sekadar mencoba sepeda motor baru dari jenis scooter hingga motor besar. Di tengah perjalanan karirnya, Motorplus Weekly memiliki satu anak usaha lagi yakni Otoplus weekly yang berpusat di Surabaya, Jawa Timur. Melihat potensi dan passion yang dimiliki Arfian, Editor in Chief Motorplus saat itu, Alm Achmad ‘Feol’ Riswan menugaskan secara khusus Arfian untuk mengisi kolom otomotif roda empat. Arfian ditugaskan untuk test drive mobil di tabloid Otoplus tersebut mulai tahun 2016. Sampai saat ini sudah ratusan kendaraan baik berjenis truk, bus, hingga mobil sport yang Arfian coba. Kegemarannya menulis dengan detail, terstruktur dan teknis membuat ia memiliki pembaca setia dan dipercaya untuk menjadi test driver di tabloid tersebut. Sejak tahun 2018 Arfian bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer dan menjadi Senior Content Writer setahun kemudian. Di tahun 2021 ia dipromosikan menjadi Editor, dan dengan kinerja yang baik di tahun 2021 ini pula ia dipromosikan kembali menjadi Managing Editor untuk website ini. Education 2009 - 2014 Trisakti University, Bachelor Degree, Accounting 2006 - 2009 54 Senior High School 2003 - 2006 109 Junior High School Experience 2014 - 2016 Motorplus & Otoplus, Kompas Gramedia 2018 Content Writer Cintamobil.com 2019 Senior Content Writer Cintamobil.com 2021 Managing Editor Cintamobil.com Awards 2020 - 3rd Winner, Best Online Write Up Activity & Industry News, Warta Citra Adiwahana 2020 - 2nd Winner, Mitsubishi Journalist Writing Competition - Artikel Online Terbaik 2021 - 1st Winner, Best Online Product Review, Warta Citra Adiwahana
 
back to top