Ada Rencana Ekspor, Pabrik Wuling di Indonesia Akan Jadi Basis Produksi Asia Tenggara?

15/03/2019

Pasar mobil
Share this post:
Ada Rencana Ekspor, Pabrik Wuling di Indonesia Akan Jadi Basis Produksi Asia Tenggara?
Sejauh ini merek Wuling hanya ada di Indonesia untuk wilayah Asia Tenggara. Dalam jangka panjang, pabrik PT SGMW Motor Indonesia (Wuling Motors) akan menjadi basis produksi untuk ekspor ke negara-negara lainnya.

Wuling Motors saat ini sudah mempunyai 4 produk yang dijual di Indonesia, yakni Confero S, Cortez, Formo dan terbaru Almaz. Seluruh produk tersebut dirakit di pabrik Wuling di kawasan Greenland International Industrian Centre (GIIC), Cikarang, Jawa Barat yang mempunyai luas hingga 60 hektar. Meski masih fokus pada penjualan lokal, tapi ternyata pabrik Wuling Motors di Indonesia akan menjadi basis produksi dan mengekspor produk-produknya ke negara-negara lain.

Pabrik Wuling seluas 60 hektar di Indonesia akan menjadi basis produksi

Kapasitas produksi pabrik Wuling di Indonesia yang cukup banyak membuatnya berpotensi menjadi basis produksi untuk ekspor

Hal ini diungkapkan oleh Brand Manager Wuling Motors, Dian Asmahani dalam sesi media test drive di Tasikmalaya, Jawa Barat. “Untuk jangka panjang kami memang ada rencana untuk ekspor ke negara-negara lain. Tapi saat ini masih fokus untuk di Indonesia saja,” ujarnya. Dian menambahkan saat ini merek Wuling juga hanya ada di Indonesia untuk wilayah Asia Tenggara.

>>> Mungkin Anda tertarik: Beda Dengan Tahun Lalu, Ini Peringkat Wuling Sekarang

Namun Dian belum bisa menjawab negara-negara mana saja yang akan menjadi tujuan ekspor Wuling dalam jangka panjang tersebut. Bukan tidak mungkin negara-negara tetangga seperti Malaysia atau negara lainnnya seperti Vietnam atau Thailand menjadi negara tujuan ekspornya.

Saat ini sudah ada 4 produk yang diproduksi Wuling di Indonesia

Sudah 4 produk yang diproduksi oleh Wuling meski baru sebatas dijual di Indonesia

Untuk mendirikan pabrik sendiri, Wuling mengeluarkan dana investasi senilai 700 juta dolar Amerka Serikat. Pabrik yang sangat besar tersebut mempunyai kapasitas produksi 120.000 unit mobil per tahun. Di negara asalnya, Cina, Wuling adalah perusahaan kolaborasi antara SAIC-GM-Wuling Automobile (SGMW). Berdiri sejak tahun 2002 di Cina, saat ini sudah menjadi salah satu raksasa otomotif di Cina dengan total produksi per tahun lebih dari 2 juta unit.

>>> Dapatkan berita pasar mobil terlengkap hanya di Cintamobil.com

Wuling Almaz sebelumnya telah diperkenalkan pada ajang GIIAS 2018 dengan sebutan Wuling SUV. Medium SUV ini menjadi salah satu mobil yang menarik dan ditunggu-tunggu.

>>> Informasi dunia otomotif terlengkap hanya di Cintamobil.com

Share this post:
 
back to top