Ada PPKM atau Tidak, Penggolongan SIM C Dimulai Agustus

31/07/2021

Pasar mobil

3 menit

Korlantas Polri tidak mengubah target, penggolongan SIM C menjadi 3 golongan tetap dimulai bulan Agustus 2021, baik ada perpanjangan PPKM maupun tidak.

Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri kembali menegaskan, penggolongan SIM C untuk pengendara sepeda motor akan dimulai bulan Agustus 2021. Bisa di awal bulan, pertengahan, atau akhir bulan. Adanya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) tidak akan mengubah rencana yang ditargetkan.

"Kalau bicara target tetap Agustus. Ya bisa aja di pertengahan atau akhir Agustus. Intinya pada saat diimplementasikan akan ada pemberitahuan dulu," kata Kasi Standar Pengemudi Subdit SIM Regident Korlantas Polri AKBP Arief Budiman belum lama ini.

Tahap Akhir Persiapan

Seperti diberitakan sebelumnya, persiapan penggolongan SIM C sudah memasuki tahap akhir. Tinggal yang terkait dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) pembuatan SIM karena harus melibatkan berbagai pihak. Sementara untuk melakukan harmonisasi terkendala PPKM yang tengah berlangsung.

"Ya kendala salah satu ya PPKM karena untuk mengesahkan itu bahkan kita harus lakukan proses harmonisasi, dan mengundang berbagai instansi mulai Polri sampai Dishub," ujar Arief.

>>> Bikin SIM di Satpas Dapat Bonus Vaksin Gratis

Foto menunjukkan Uji praktek SIM C

Pemohon SIM baru wajib menjalani uji praktek berkendara

PPKM sendiri telah berlangsung sejak 3 Juli 2021 dan diperpanjang sebanyak 2 kali. Yang sekarang berlaku adalah PPKM Level 4 hingga 2 Agustus 2021. Apakah kebijakan tersebut bakal diperpanjang lagi atau diakhiri menunggu keputusan resmi dari Pemerintah.

Golongan SIM C

Penggolongan SIM C menjadi kebijakan resmi Kepolisian Republik Indonesia (Polri). Aturannya ditetapkan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo berupa berupa Peraturan Kepolisian (Perpol) Nomor 5 Tahun 2021 Tentang Penerbitan dan Penandaan Surat Izin Mengemudi atau SIM.

SIM C yang sebelumnya hanya ada satu dibagi menjadi 3 golongan, yaitu SIM C untuk pengemudi sepeda motor di bawah 250 cc, SIM CI untuk pengemudi sepeda motor 250 cc sampai 500 cc, dan SIM CII untuk pengemudi motor moge di atas 500 cc.

>>> Bukan Cuma Moge, Naik Motor Listrik Tak Bisa Pakai SIM C Biasa

Foto menunjukkan pengendara moge

Pengendara moge tidak boleh menggunakan SIM C biasa

Untuk biaya penerbitannya tidak ada perubahan. Tetap mengacu pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 60 Tahun 2016, Tentang Jenis Dan Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak Yang Berlaku Pada Kepolisian Negara Republik Indonesia. Penerbitan SIM baru dikenakan biaya Rp 100.000 per penerbitan, sedangkan penerbitan SIM Perpanjangan dikenakan biaya Rp 75.000 per penerbitan.

>>> Cara dan Biaya Perpanjang SIM C Online, Bisa Dikirim ke Rumah!

Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top