Ada Potensi Kerusakan, Recall Lamborghini Aventador SVJ Diumumkan

27/10/2020

Pasar mobil

5 menit

Share this post:
Ada Potensi Kerusakan, Recall Lamborghini Aventador SVJ Diumumkan
Recall Lamborghini Aventador SVJ diumumkan karena ada potensi kerusakan pada bagian ulir di rangka aluminium mobil ini khususnya yang tersambung dengan arm suspensi. Dan ternyata ini bukan pertama kali Lamborghini mengummkan recall untuk Aventador.

Recall alias penarikan kembali merupakan hal biasa di industri otomotif. Beberapa recall dilakukan demi mencegah terjadinya kejadian fatal seperti kecelakaan karena ada komponen pada kendarana tersebut yang cacat produksi. Namun pengumuman recall secara terbuka merupakan bentuk tanggung jawab produsen otomotif atas produk yang sudah mereka jual ke konsumennya.

Sehebat apapun produsen mobil tersebut dalam menciptakan kendaraan, biasanya tetap wajib melakukan recall apabila terdeteksi ada masalah pada unit hasil produksinya. Tak terkecuali untuk Lamborghini. Pabrikan Italia itu diminta untuk melakukan recall Lamborghini Aventador SVJ produksi 2020.

Dikutip dari Carbuzz, Selasa (27/10/2020), perintah recall terhadap unit Lamborghini yang pertama kali diperkenalkan tahun 2019 ini telah diumumkan melalui dokumen resmi National Highway Transportation Safety Administration (NHTSA) di Amerika Serikat (AS). Recall diminta untuk dilakukan karena ada potensi bahaya yang bisa menimbulkan kecelakaan.

>>> Lamborghini Telah Memproduksi 10.000 Aventador

Ada Potensi Kerusakan Pada Bagian Rangka

Lamborghini Aventador SVJ Roadster 2020

Potensi kerusakan ada pada model Roadster dan Coupe

Dalam dokumennya NHTSA menyatakan kalau recall Lamborghini Aventador SVJ kali ini karena berpotensi ada masalah pada ulir rangka aluminium. Bagian ini kemungkinan bisa rusak yang dapat mengakibatkan baut arm pada suspensi menjadi longgar.

Jelas sekali jika komponen ini dibiarkan tanpa ada pemeriksaan lebih lanjut, maka bisa menjadi penyebab kecelakaan dan cedera serius. Recall ini juga disebutkan berpengaruh pada seluruh model Aventador SVJ 2020 baik tipe Roadster maupun Coupe yang diproduksi antara 10 Juli 2020 hingga 31 Agustus 2020.

>>> 5 Kerusakan Suspensi Mobil yang Sering Terjadi Serta Penyebabnya

Bukan Pertama Kali Recall Lamborghini Aventador

Lamborghini Aventador SVJ Coupe 2020

Sebelumnya juga ada recall Lamborghini Aventador karena masalah pada bagian pintu

>>> Review Lamborghini Aventador SVJ 2019, Lebih Kencang dari Huracan Performante

Ternyata apa yang dipertintahkan NHTSA untuk melakukan penarikan kembali, bukan kali pertama menimpa Lamborghini Aventador. Sekitar Maret 2020 lalu mobil kencang berlambang banteng ini juga harus ditarik dari peredaran karena masalah pada bukaan pintu yang kurang presisi.

Bedanya, untuk recall pada Lamborghini Aventador SVJ saat ini, baru tiga unit Aventador SVJ 2020 yang ada di AS. Dan semuanya masih berada di dealer belum terjual ke konsumen. Sehingga pihak dealer harus memeriksa setiap mobil tersebut sebelum mobil kembali dipajang di showroom.

Menurut Lamborghini, kesalahan pada bagian rangka ini akibat pihak pemasok salah dalam membuat ulir di rangka tersebut. Meskipun terlihat kecil, namun jika kesalahan ini dibiarkan bisa menimbulkan konsekuensi berbahaya terutama saat mobil dipacu dalam kecepatan tinggi. Mengingat baik Aventador SVJ tipe Coupe maupun Roadster sama-sama menggunakan mesin 6.500 cc V12 yang sanggup menghasilkan tenaga 759 Hp. Kemampuannya berakselerasi 0-100 km/jam hanya 2,8 detik dan kecepatan maksimumnya 350 km/jam.

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top