Ada Mobil Listrik, Penggunaan Mobil BBM Bakal Dibatasi Pemerintah

19/08/2019

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Ada Mobil Listrik, Penggunaan Mobil BBM Bakal Dibatasi Pemerintah
Salah satu konsekuensi dari kehadiran mobil listrik melalui Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai yang digaungkan Pemerintah, mobil dan motorBBM bakal dibatasi penggunaannya dan tidak bisa semaunya sendiri.

Kehadiran mobil listrik kerap dihubungkan dengan kondisi pencemaran udara yang timbul akibat sisa pembakaran mobil berbahan bakar fosil atau BBM. Mobil listrik dinilai lebih aman dan tidak menimbulkan dampak polusi, sementara mobil dengan BBM meski sudah menggunakan standar emisi Euro 4 tetap menyumbang polusi. Karenanya mobil listrik digadang menggantikan peranan mobil BBM sebagai sarana transportasi masa depan yang ramah lingkungan dan hemat energi.

>>> Kota Ini Punya Cara Unik Mengurangi Polusi Udara: Melarang Drive-Through

Foto lalu lintas Jakarta yang dianggap sebagai salah satu sumber polusi udara

Kendaraan BBM kerap dituding sumber polusi udara

Percepatan ke arah itu dicanangkan Pemerintah Indonesia melalui Peraturan Presiden (Perpres) RI Nomor 55 Tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) Untuk Transportasi Jalan yang belum lama disahkan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Ada banyak hal yang diperhatikan dalam Perpres tersebut dalam upaya mempercepat program mobil listrik di tanah air seperti ketersediaan infrastruktur, pemberian insentif, pemenuhan ketentuan teknis dan memberikan pemahaman masyarakat akan elektrifikasi kendaraan bermotor. Untuk pelaksanaan teknisnya diserahkan kepada Tim Koordinator yang terdiri dari para Menteri dan Kapolri, mereka bakal mengeluarkan regulasi terkait dengan Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai dalam Perpres secara lebih rinci.

>>> Dapatkan berita pasar mobil terlengkap lainnya hanya di sini

Foto sejumlah mobil listrik terparkir rapi di tempat pengisian

Pertumbuhan mobil listrik bakal mengurangi tingkat polusi udara di Indonesia

Nah, salah satu yang cukup menarik dari Perpres No. 55 di situ juga mengatur pengendalian penggunaan kendaraan berbahan bakar fosil atau BBM baik itu mobil maupun sepeda motor. Pada Pasal 16 disebutkan:

(1) Dalam rangka percepatan penggunaan KBL Berbasis Baterai, Pemerintah Pusat dapat melakukan pengendalian penggunaan kendaraan bermotor berbahan bakar minyak fosil secara bertahap.
(2) Pengendalian penggunaan kendaraan bermotor berbahan bakar minyak fosil secara bertahap dilakukan berdasarkan peta jalan pengembangan industri kendaraan bermotor nasional.

Secara mudahnya, penggunaan mobil BBM bakal dibatasi secara bertahap agar mobil listrik bisa menjadi pilihan utama masyarakat secara nasional. Bisa jadi saat produk mobil listrik sudah dibuat dan dijual secara massal, distribusi BBM juga bakal dikurangi agar masyarakat tidak bergantung pada mobil-mobil BBM.

>>> Perpres Kendaraan Listrik; Pemerintah Hanya Fokus Pada 5 Hal

>>> Simak pula berita otomotif menarik lainnya di sini

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

Soal TKDN Kendaraan Bermotor Listrik, GAIKINDO: Indonesia Punya Bahan Bakunya

17/08/2019

Pasar mobil

5 menit

Pihak GAIKINDO mendukung munculnya Peraturan Presiden tentang percepatan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai. Apalagi jika diwajibkan adanya TKDN bagi kendaraan listrik yang beredar di Indonesia.

Lihat juga

Perpres Kendaraan Listrik; Pemerintah Hanya Fokus Pada 5 Hal

16/08/2019

Pasar mobil

3 menit

Terkait program kendaraan listrik di Indonesia, pemerintah melalui Peraturan Presiden Nomor 55 Tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) Untuk Transportasi Jalan hanya fokus pada 5 hal.

Lihat juga

Ini Akibatnya Jika Sembarang Pasang Aksesori Mobil yang Membutuhkan Kelistrikan

16/08/2019

Perawatan dan service

5 menit

Ketika Anda pasang aksesori mobil tambahan yang membutuhkan daya listrik, sebaiknya diperhatikan dengan benar. Jangan sampai aksesori tersebut malah jadi pemicu mobil Anda mogok atau bahkan terbakar.

Lihat juga

Kemenhub Pastikan Kendaraan Listrik Wajib Bersuara, Ini Alasannya!

12/08/2019

Pasar mobil

3 menit

Demi keselamatan, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI mewajibkan seluruh kendaraan listrik yang dipasarkan di Indonesia memiliki suara.

Lihat juga

Aturan Ganjil Genap Tak Berlaku Buat Mobil Listrik, Bagaimana Dengan Hybrid?

12/08/2019

Mobil baru

3 menit

Merujuk pada latar belakang Instruksi Gubernur (InGub) DKI Jakarta Nomor 66 Tahun 2019 Tentang Pengendalian Kualitas Udara, aturan perluasan ganjil genap tidak berdampak pada mobil listrik. Artinya kendaraan tetap bebas mengaspal di hari apapun dan di ruas jalan manapun tanpa khawatir kena tilang ganjil genap. Bagaimana dengan mobil Hybrid dan Plug-in Hybrid?

Lihat juga

BMW Apresiasi Pengesahan Regulasi Mobil Listrik, Mau Turunkan Harga?

10/08/2019

Pasar mobil

3 menit

BMW dikenal sebagai produsen mobil mewah, berkelas dan berharga mahal, termasuk untuk mobil listriknya. Dengan disahkannya regulasi mobil listrik oleh Presiden Joko Widodo, adakah keinginan BMW menurunkan harga jual mobil andalannya menjadi lebih murah?

Lihat juga
 
back to top