Ada Isolasi Wilayah, Sejumlah Akses Jalan Keluar Masuk Daerah Ditutup

30/03/2020

Pasar mobil

5 menit

Share this post:
Ada Isolasi Wilayah, Sejumlah Akses Jalan Keluar Masuk Daerah Ditutup
Beberapa daerah di Indonesia sudah memberlakukan isolasi wilayah demi menekan penyebaran virus corona. Akses jalan menuju dan keluar dari wilayah itu pun diperketat penjagaannya.

Masih dalam upaya menekan penyebaran virus corona di Indonesia, beberapa daerah mulai memperlakukan isolasi wilayah. Istilah ini dilakukan swadaya oleh masing-masing daerah di Nusantara dengan menggandeng pihak-pihak terkait.

Imbas dari gerakan ini adalah penutupan beberapa akses jalan menuju dan dari wilayah tersebut. Meski demikian penutupan akses jalan ini bukan dalam rangka lockdown. "Jangan diartikan lockdown. Nggak ada itu lockdown," tegas Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus dikutip dari NTMC Polri, Senin (30/03/2020).

>>> Impor Mobil Hyundai di Indonesia Ikut Terganggu Virus Corona?

Berikut ini beberapa daerah di Indonesia yang sudah melakukan isolasi wilayah dan menutup akses jalan menuju dan keluar dari daerah tersebut yang berhasil dihimpun Cintamobil.com

1. Bandung

Jalan di Bandung ditutup

Empat jalan utama di Kota Bandung mulai ditutup Sabtu (28/3) lalu

Satlantas Polrestabes Bandung, Jawa Barat, telah memutuskan untuk menutup empat ruas jalan utama di Kota Kembang ini. Hal tersebut demi membatasi aktifitas warga Bandung agar tetap di rumah saja seperti arahan pemerintah.

Empat jalan utama yang ditutup, yakni Jalan Merdeka, Jalan Asia Afrika, Jalan Diponegoro, dan Jalan Ir H Juanda. Namun Kasatlantas Polrestabes Bandung Kompol Bayu Catur menegaskan, penutupan jalan ini tidak dilakukan 24 jam. Pagi hari, jalan ditutup mulai pukul 08.00 - 15.00 WIB. Kemudian jalan dibuka lalu Polisi akan menutup kembali jalan itu pada pukul 18.00 - 21.00 WIB.

>>> Ada banyak promo mobil baru dengan diskon dan cicilan ringan disini

"Sistemnya buka tutup. Kegiatan ini kami lakukan sebagai bentuk kepedulian kami, untuk mengurangi penyebab virus corona yang saat ini sedang merebak. Kami mohon dukungan dan kerjasama masyarakat, agar tetap di rumah. Ingat, tetap tinggal di rumah," tegas Kompol Bayu.

2. Jawa Timur

penutupan jalan di Jawa Timur

Jawa Timur tidak lockdown tapi memperketat akses warga yang masuk atau keluar wilayah

Isolasi wilayah juga dilakukan di Jawa Timur demi mencegah penyebaran virus corona yang lebih luas. Proteksi berlapis dilakukan oleh jajaran personel Polda Jawa Timur untuk membatasi warga yang masuk atau keluar di satuan wilayah Jawa Timur.

"Hasil rapat tidak membahas lockdown, kami hanya melakukan pengetatan wilayah terhadap orang luar," jelas Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Luki Hermawan. Selain membatasi akses masuk dan keluar, di sejumlah wilayah Jawa Timur juga dilakukan penyemprotan disinfektan secara massal. Misalnya di wilayah Madura dan Jembatan Suramadu.

3. Tegal

penutupan jalan di Tegal

Warga yang menuju Kota Tegal ditanyakan dulu kepentingannya dan dicek kesehatannya

Istilah isolasi wilayah juga diterapkan di kawasan Tegal, Jawa Tengah. Pemerintah Kota (Pemkot) Tegal sudah menyaring warga yang menuju atau keluar dari kawasan tersbeut. Mereka lebih dulu cicek kesehatannya terlebih dulu.

>>> Berbagai pilihan mobil bekas berkualitas dengan harga termurah ada disini

Jika dinyatakan sehat, maka selanjutnya ditanya kepentingannya masuk atau keluar kota Tegal. Apabila ada kepentingan mendesak maka diperbolehkan untuk masuk. Tapi jika hanya berwisata maka dipersilahkan untuk kembali ke kota asalnya.

4. Jakarta

penutupan jalan di Jakarta

Polda Metro Jaya juga sudah bersiap menutup sejumlah akses masuk ke Jakarta

Walau belum memberlakukan isolasi wilayah seperti kota-kota lain di Pulau Jawa, namun Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana sudah meminta jajaran personelnya untuk bersiap melakukan pengamanan untuk menutup beberapa ruas jalan. Akses yang ditutup mulai dari jalur arteri hingga jalan-jalan kecil yang menjadi akses keluar-masuk Ibu Kota.

Perintah persiapan pengamanan dan penutupan akses jalan ini menurut Kapolda bahkan sudah diteruskan hingga seluruh jajaran Kapolres di Jakarta. Namun tentunya akses jalan ini baru akan ditutup setelah ada instruksi selanjutnya dari pemerintah pusat atau Gubernur DKI jakarta.

>>> Berita otomotif yang menarik lainnya ada disini

Share this post:
Prasetyo Adhi
Penulis
Prasetyo Adhi
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Terbaru, Tiga Pabrik Mazda Tutup Gara-Gara Corona

25/03/2020

Pasar mobil

3 menit

Tiga pabrik Mazda yang beroperasi di Jepang, Meksiko, dan Thailand dinyatakan bakal tutup untuk beberapa hari, imbas dari merajalelanya virus Corona (COVID-19).

Lihat juga

16 Jalan di Jakarta Ditutup Sementara untuk Penyemprotan Disinfektan

23/03/2020

Pasar mobil

2 menit

Ada 16 ruas jalan raya di Jakarta yang bakal ditutup sementara untuk proses penyemprotan disinfektan. Penutupan ini dimulai pukul 08.00 hingga 10.00 WIB.

Lihat juga

Ini Daftar Pabrikan Mobil yang Tutup Sementara akibat Virus Corona

05/02/2020

Pasar mobil

2 menit

Tak hanya merenggut korban jiwa, epidemi virus Corona berdampak buruk pada industri otomotif di China dimana beberapa pabrikan menghentikan proses produksi.

Lihat juga

Penjualan Astra Meningkat di Tengah Wabah Virus Corona

28/03/2020

Pasar mobil

3 menit

Wabah virus Corona di Indonesia tak terlalu berperngaruh pada penjualan Astra. Malah di dua bulan pertama 2020 penjualan mobil grup Astra mengalami peningkatan.

Lihat juga

Di Bekasi, Rapid Test Virus Corona Wajib Pakai Kendaraan

23/03/2020

Event - Promosi

3 menit

Pemerintah provinsi Jawa barat bakal melakukan rapid test virus Corona secara Drive-Thru. Untuk itu saat pengetesan masyarakat wajib menggunakan kendaraan.

Lihat juga