Ada Imbauan di Rumah Saja, Toyota Gencar Jualan Mobil Lewat Online

24/03/2020

Pasar mobil

3 menit

Ada Imbauan di Rumah Saja, Toyota Gencar Jualan Mobil Lewat Online
Toyota mengalihkan strategi untuk berjualan secara online di tengah imbauan di rumah saja. Hal ini dilakukan agar penjualan mobil-mobil Toyota bisa meningkat.

Pemerintah telah mengeluarkan imbauan agar masyarakat mengurangi aktivitas di luar rumah demi mencegah penularan virus Corona yang kian menyebar luas di Indonesia. Tentunya, hal itu membuat dampak yang cukup signifikan ke sektor bisnis dan ekonomi apalagi jika berbicara penjualan mobil. 

Imbauan agar masyarakat berada di rumah saja membuat orang segan pergi ke dealer-dealer mobil yang memberikan dampak terhadap menurunnya penjualan. Para pabrikan pun memutar otak agar penjualan mobilnya bisa tetap moncer. Toyota misalnya, mulai gencar berjualan mobil secara online di tengah penyebaran virus Corona ini. 

>>> Harga BBM Pertamina Akan Turun Lagi?

Cicilan Ringan

Tak cuma itu, Toyota juga memberikan cicilan dengan bunga ringan agar penjualan mobil bisa bergairah lagi. 

"Ada juga paket kredit yang memudahkan konsumen mislnya bunga ringan 3.68% atau paket deal cermat yang cicilan nya lower sampai 30%, sudah include servis part insurance dan ada jaminan harga jual kembali," jelas Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor Anton Jimmi Suwandy ketika dihubungi Cintamobil.com, Selasa (24/3/2020). 

Penjualan Toyota

Paket promo penjualan Toyota

>>> Anda mau membeli mobil Toyota? Klik sini untuk melihat ratusan mobil dijual dengan tawaran terbaik

Menurut Anton, penurunan penjualan mobil sudah mulai terasa pada Maret. Seperti diketahui sejak awal Maret, presiden Joko Widodo mengumumkan ada dua orang Indonesia yang terinfeksi wabah virus Corona untuk pertama kalinya. 

Kemudian tak lama setelahnya, muncul beberapa imbauan agar masyarakat untuk tetap berada di rumah saja dan semua kegiatan di luar semaksimal mungkin untuk dikurangi. 

Meski begitu, Anton belum merinci berapa besar penurunan penjualan yang dialami oleh Toyota selama merebaknya wabah virus Corona ini. 

"Market ya rasanya ada impact ya, detilnya masih kami bicarakan internal," sebut Anton. 

Sebagai gambaran, penjualan mobil di berbagai belahan dunia mengalami penurunan yang cukup drastis imbas dari merebaknya virus Corona. Di China misalnya pada Februari 2020, penjualan mobil merosot hingga 97 persen karena seiring merebaknya virus Corona. 

Peluncuran Toyota Agya

Toyota baru saja meluncurkan Agya secara digital

>>> Updatelah berita terbaru terkait pasar mobil di sini

Berharap Penjualan Pulih

Untuk di Indonesia, Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Yohannes Nangoi berharap agar penjualan mobil bisa kembali pulih. 

"Saya terus terang berharap penjualan mobil tahun ini bisa pulih lagi, intinya begini tahun lalu sangat terpukul dengan agenda politik yang cukup berat. Dengan agenda politik ini penjualan turun, harusnya tahun ini sudah pulih. Tapi unfortunately ada banjir terus ada pukulan lagi dari Covid-19 (virus Corona), Covid-19 sangat berpengaruh," kata Nangoi beberapa waktu lalu. 

>>> Berbagai berita menarik lainnya seputar virus corona ada disini

Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020
 
back to top