Ada Faktor Keselamatan Dibalik Desain Pintu Belakang All New Honda Brio?

22/10/2018

Pasar mobil
Share this post:
Ada Faktor Keselamatan Dibalik Desain Pintu Belakang All New Honda Brio?
Sudah diserahterimakan ke konsumen, All New Honda Brio masih jadi perbincangan menarik warganet. Banyak yang jadi bahasan mulai dari harga yang makin mahal hingga bentuk yang beda dengan Honda Brio lama. Salah satu yang masih disorot adalah desain pintu belakang yang mirip hatchback. Benarkah ada faktor keselamatan dibalik desain baru itu?

Foto bersama konsumen All New Honda Brio Satya

Seremoni penyerahan perdana 200 unit All New Honda Brio ke konsumen

Sama dengan umumnya mobil baru saat diluncurkan, All New Honda Brio juga jadi perhatian konsumen dan media. Terlebih generasi kedua Honda Brio ini mengusung banyak perubahan di berbagai sektor seperti headlamp yang sama dengan Honda Mobilio, pintu belakang berjendela mirip hatchback hingga kabin yang luas.

Hilangnya pintu kaca lebar di belakang jadi ubahan paling mencolok dan paling dibicarakan. Maklum, pintu model ini sudah menjadi ciri khas Honda Brio sejak kelahirannya tahun 2011, bahkan sejak masih prototype yang dikenalkan pada pameran otomotif Thailand International Motor Show 2010. Tujuh tahun tanpa perubahan membuat pintu kaca lebar jadi identitas Honda Brio paling mudah dikenali, melihat dari kejauhan pun orang langsung tahu kalau itu Honda Brio.

Atas desain baru pintu belakang All New Honda Brio, Tim Riset dan Pengembangan Honda untuk wilayah Asia Pacific turut bicara. Selain faktor penampilan lebih sporty dan bikin kabin lebih luas, ada faktor keselamatan dalam desain baru ini yaitu menghindarkan penumpang dari risiko cedera saat terjadi tabrakan keras dari belakang.

>>> Baca: Tak Ada Brio, Honda Disalip Juragan Xpander

Foto bagian belakang All New Honda Brio

Pintu belakang All New Honda Brio tak lagi berkaca lebar dan kini ada tambahan struktur besi yang mambuatnya lebih rigid

"Jadi memang untuk panel kaca (model lama) sudah dites untuk batas aman. Tapi ada pendapat dari kami kalau takut jika ada tabrakan dari belakang bila pakai panel kaca. Tapi mungkin hanya pendapat kami dan belum terjadi," tutur Tsutomu Harano, Large Project Leader All New Honda Brio, Honda R&D Asia Pacific kepada media beberapa waktu lalu.

Apakah Honda Brio lama benar-benar aman, klaim Honda sih demikian. Brio punya struktur bodi seperti New Brio 1.3L yang lolos uji tabrak di Real World Crash Test Facility Honda di Tochigi, Jepang. Hanya saja masih ada yang mengganjal mengapa Honda Brio Satya/RS tidak ada dalam daftar mobil yang pernah ditest di ASEAN NCAP meski kini jadi salah satu mobil terlaris di Indonesia? Apa sebabnya?

Sebenarnya, Baik All New Honda Brio Satya maupun All New Honda Brio RS telah lulus uji tabrak belakang. Uji tabrak ini enggak main-main, karena mobil All New Honda Brio lulus uji tabrak belakang berkecepatan 50 km/jam yang diwajibkan di Jepang. For Your Information, uji tabrak yang dilakukan di Jepang terhadap volume maker Honda Indonesia ini lebih ketat apabila dibandingkan dengan metode ECE R32 dengan kecepatan rata-rata 38 km/jam.

>>> Baca: Review dan Spesifikasi Lengkap Honda Brio Satya 2018 di Sini

>>> Berita informasi dunia otomotif terlengkap hanya ada di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top