Ada Cortez Yang Lebih Terjangkau, Penjualan Innova Masih Yang Terbaik

13/01/2020

Pasar mobil
Share this post:
Ada Cortez Yang Lebih Terjangkau, Penjualan Innova Masih Yang Terbaik
Toyota Innova masih favorit di segmen medium MPV, meski ada Wuling Cortez yang lebih murah dan KIA Carnival yang lebih mewah. Berapa angka penjualan Innova?

Avanza berkontribusi besar terhadap penjualan Toyota Astra Motor (TAM) di Indonesia. Low MPV ini sukses mempertahankan statusnya sebagai mobil paling laris di Indonesia, jauh di atas model lain. Sepanjang Januari - November 2019 Avanza sudah membukukan penjualan sebanyak 80.728 unit. Avanza bahkan unggul dari pesaing terdekatnya, Xpander dengan selisih cukup besar. Model andalan Mitsubishi itu mencatatkan penjualan sebanyak 53.347 unit.

Foto menunjukkan tampilan muka Toyota Avanza 2019, lebih keren

Toyota Avanza, mobil paling laris di Indonesia

Avanza memang fenomenal menjadi model terfavorit orang Indonesia lebih dari 15 tahun. Tapi jangan salah, model yang lain pun sangat digemari dan besar kontribusinya terhadap penjualan Toyota, misalnya Rush dan Innova. Keduanya mampu mengungguli model lain di kelas masing-masing.

Penjualan Innova

Innova menjadi pilihan terdekat bagi konsumen yang menginginkan mobil keluarga lebih berkelas, yaitu medium MPV. Bukan sekadar alternatif mobil ini, mobil ini memang ditujukan buat konsumen di atas Avanza. Soal harga, pastinya lebih mahal. Innova dihargai paling murah Rp 322,55 juta yaitu tipe G M/T sampai yang termahal Rp 425,25 juta tipe V A/T Diesel. Meski jauh di atas harga Avanza, mobil ini tetap saja laris.

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) mencatat penjualan Innova di bulan November 2019 sebanyak 4.817 unit. Jika diakumulasi sepanjang Januari-November 2019 Innova sudah terjual sebanyak 48.494 unit.

>>> Review Toyota Kijang Innova 2017

Foto menunjukkan Toyota Innova Touring Sport tampak dari samping depan

Penjualan Innova sepenuhnya menguasai pasar medium MPV

Menguasai pasar

Di segmen medium MPV, Toyota Innova tidak sendirian. Ada KIA Carnival (Grand Sedona) yang lebih mewah dan canggih, Wuling Cortez yang harganya paling terjangkau, serta Isuzu Panther yang terkenal dengan jargon "Rajanya Diesel".

Hasilnya, belum ada satu pun dari kompetitornya di atas yang mampu menggoyang posisi Innova sebagai pemimpin medium MPV. Wuling Cortez yang digadang menjadi lawan sepadan, belum mendapat kepercayaan penuh dari konsumen. GAIKINDO mencatat Wuling Cortez hanya terjual sebanyak 361 unit di bulan November 2019, dan sebanyak 2.822 unit sepanjang Januari - November tahun yang sama.

KIA Carnival alias KIA Grand Sedona malah tidak diketahui penjualannya dikarenakan si-KIA sudah tidak terdaftar di GAIKINDO. Sedangkan untuk Isuzu Panther pemasarannya juga minim. Panther yang jarang diupdate kalah dari Innova yang selalu up to date. Untuk penjualan, pada November 2019 Panther hanya terjual sebanyak 76 unit, dan sepanjang Januari - November hanya terjual sebanyak 641 unit.

>>> Mendapat Predikat Sebagai MPV Paling Populer Se-Indonesia, Inikah Tampilan Kijang Innova 2020 Terbaru?

>>> Berita otomotif terlengkap ada di Cintamobil.com

Share this post:
Fatchur Sag
Penulis
Fatchur Sag
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

Perawatan Toyota Kijang Innova Diesel, Jangan Telat Ganti Komponen Ini

11/12/2019

Perawatan dan service

5 menit

Perawatan Toyota Kijang Innova diesel sebenarnya tidaklah terlalu rumit. Karena mobil ini cenderung mudah dalam pemeliharaannya. Namun sebaiknya jangan telat untuk mengganti dua komponen penting ini secara berkala.

Lihat juga

Fenomena Mobil Bekas: Harga Toyota Kijang Kapsul LGX Lebih Tinggi Dari Innova Di Tahun Yang Sama, Benarkah?

04/12/2019

Pasar mobil

5 menit

Ada fenomena baru di pasar mobil bekas tanah air. Beberapa Toyota Kijang kapsul tipe LGX memiliki harga jual kembali lebih mahal di pasar mobil bekas dibandingkan dengan Toyota Kijang Innova. Lantas, apakah fenomena ini benar?

Lihat juga

Innova Community Berharap Segera Hadir Toyota Innova Hybrid

19/11/2019

Event - Promosi

5 menit

Para anggota Innova Community berharap Toyota Indonesia mampu memproduksi Toyota Innova Hybrid sebagai lineup mobil hybrid Toyota di dalam negeri. Hal ini agar terdapat satu varian Toyota Kijang Innova yang lebih ramah lingkungan.

Lihat juga

Review Toyota Kijang Innova 2.0 V AT 2004: Beautiful [R]evolution

Rp 100.000.000

11/11/2019

Editor rate:

Kijang berubah total! Toyota menghasilkan Kijang Innova yang benar-benar menghadirkan konsep ubahan inovatif, namun tetap cantik alias Beautiful [R]evolution.

Lihat juga

Review Toyota Kijang Krista 2003: Kijang Termewah Sebelum Era Innova, Layak Diburu?

23/10/2019

Editor rate:

Inilah Kijang termewah pada masanya. Ia hadir sebagai varian top of the line dari Toyota Kijang. Dan tahun 2003 adalah masa-masa terakhir Kijang Krista dipasarkan, sebelum ia digantikan oleh generasi Innova di 2004 hingga saat ini. Inilah ulasan kami mengenai Toyota Kijang Krista tahun 2003 yang masih jadi incaran konsumen keluarga di daerah.

Lihat juga