Abu-Abu Mulai Digemari Sebagai Warna Mobil Daerah Perkotaan

15/02/2018
Bukan hanya hitam atau putih, abu-abu juga sudah dinikmati sebagai warna kesukaan pemilik mobil. Abu-abu bukan hanya warna yang bagus untuk pakaian dan rumah, tapi warna ini sudah menjadi warna kesukaan baru pada mobil konsumen.

Analisis global terbaru tentang warna cat kendaraan paling populer di dunia menunjukan bahwa meskipun warna putih tetap menjadi warna yang populer dengan pangsa sekitar 40%, warna mobil abu-abu semakin populer dan sekarang setara dengan warna hitam dengan pemakaian sekitar 19%.

Gambar yang menunjukan Nargo Gray Audi yang berwarna abu-abu

Warna Nardo Gray Audi G5 yang memukau

Tidak hanya itu, namun pangsa pasar untuk kendaraan berwarna abu-abu yang meningkat digaris bawahi dengan keragaman warna abu-abu yang diberikan oleh produsen mobil. Dengan lebih dari 100 variasi warna abu-abu yang ditawarkan, warna abu-abu memiliki jumlah nuansa tertinggi kedua setelah biru, seperti yang diungkapkan oleh divisi pelapis Eropa oleh perusahaan kimia BASF.

>>> Baca juga Spesifikasi lengkap Audi A3 2017

Menurut kepala desain warna otomoatif di divisi pelapid BASF, Mark Gutjahr,

“Abu-abu – dengan hubunganya dengan beton dan kaca – mewakili warna paling urban dan telah meningkat dengan kuat selama beberapa tahun terakhir. Dengan nuansa dari cahaya dan pertengahan abu-abu sampai antrasit gelap, [warna] ini merupakan variasi yang sangat besar dan dengan demikian telah mendapatkan posisi pasar yang kuat.”

Di seluruh dunia, warna cat putih, hitam, perak dan abu-abu dikenal dengan achromatic (tanpa warna). Warna ini merupakan warna cat kendaraan yang paling menonjol pada 2017 dan menyumbang sekitar 78% dari semua kendaraan yang terjual.

Gambar yang menunjukan beberapa mobil dengan warna yang berbeda-beda berjajar

Cat putih, hitam dan perak dikenal sebagai achromatic

Tapi ada perbedaan regional dengan warna kromatis yang lebih berwarna. Biru sangat tren di Eropa. Terhitung hampir setiap mobil kromatik diproduksi, dengan hampir 130 variasi warna berbeda, biru menjadi yang pertama dalam hal keberagaman warna.

>>> Baca juga berita pasar mobil lainnya disini

Di Asia Pasifik, salah satunya di Indonesia, warna merah cerah semakin menjadi populer karena menarik perhatian. Hal inilah yang menjadi faktor penting di pasar otomotif dewasa di kawasan ini. Tapi, putih tetap populer di Asia Pasifik, dengan distribusi sekitar 49%.

Laporan BASF mengungkapkan bahwa warna putih telah dikaitkan dengan citra positif kemurnian dan teknologi masa depan yang cerdas. Mobil putih telah mendapatkan pertumbuhan volume tinggi di Asia Pasifik selama beberapa tahun terakhir, seperti yang juga kita lihat di jalanan Indonesia.

Gambar yang menunjukan beberapa mobil putih berjajar pada sebuah jalan

White Car merupakan kelompok pengguna mobil putih di Indonesia

Namun, analisis tersebut juga menambahkan bahwa warna coklat juga mulai populer di kawasan Asia Pasifik, terutama untuk SUV berukuran sedang. Coklat dan putih diposisikan sebagai warna yang lebih stylish dengan citra rasa mewah pada pasar ini menurut laporan BASF tersebut dibandingkan warna mobil abu-abu.

>>> Baca juga berita otomotif lainnya disini

Padli Nurdin

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
0