‘A Potret of db’, Mobil Konsep yang Terinspirasi oleh David Bowie

02/02/2019

Pasar mobil
Share this post:
‘A Potret of db’, Mobil Konsep yang Terinspirasi oleh David Bowie
Desainer mobil yang bertanggung jawab atas kreasi futuristiknya di Gran Turismo mempersiapkan rancangan mobil konsep yang terinspirasi oleh David Bowie, legenda musik dunia.

David Bowie bukan hanya seorang jenius musik, ikon sinematik, serta tokoh publik multi-talenta. Ia menjadi inspirasi pada semua orang. Tak terkecuali mantan perancang PSA Peugeot Citroën, Takumi Yamamoto yang merancang sebuah mobil sebagai ekspresi Bowie dan musiknya.

Butuh waktu 21 tahun untuk mewujudkannya. Yamamoto akan menunjukan kreasinya pada model 3D skala penuh dari kendaraan tersebut selama Exposition Concept Car Paris, yang terbuka untuk umum dan diselenggarakan mulai 31 Januari hingga 3 Februari nanti.

desain mobil terinspirasi dari David Bowie berwarna putih

Sketsa ‘A Portrait of db’ dari Takumi Yamamoto

"Tanggal pada sketsa pertamaku berbunyi April 1997," kata Yamamoto kepada Business Insider. Dikenal karena gaya eksteriornya yang futuristik ‘GT oleh Citroën’ di samping berbagai kreasi di jagat video game Gran Turismo, desainer Jepang itu menggantungkan poster Bowie di ruang masa kecilnya di Tokyo.

>>> Mercedes-Benz Siapkan Mobil yang ‘Tidak akan Mengalami Tabrakan’

Bekerja di Paris sebagai perancang mobil independen ketika David Bowie meninggal pada 10 Januari 2016 lalu, mobil rancangan Yamamoto yang awalnya akan digunakan sebagai tampilan kolaborasi dengan sang artis langsung dengan cepat berubah menjadi mobil tribute untuk sang artis. Untuk menerjemahkan gambar pensilnya dan menghasilkan volume 3D, Yamamoto meminta bantuan dari mantan rekan kerjanya di PSA.

sketsa mobil dengan tangan Takumi Yamamoto

Yamamoto menyebutkan desain konsepnya sudah dikerjakan sejak 1997

Cyrille Ancely yang berspesialisasi dalam gaya komputer mengungkapkan tertarik oleh gagasan Takumi untuk menerjemahkan karakter seseorang ke dalam mobil. Setelah berjam-jam eksperimen, pikiran kreatif keduanya mengubah karya Bowie menjadi sebuah algoritma yang ‘menciptakan pola parametrik’ untuk diterapkan pada mobil. Pada dasarnya mengekstraksi kata-kata kunci dari karya Bowie dalam rancangan mobilnya.

>>> Dapatkan review mobil terbaru hanya di sini

Artis CGI Alexandre Larnac kemudian direkrut untuk menghidupkan mobil konsep, mempelajari berbagai sketsa pensil dan transkrip 3D, menonjolkan keunggulan konsep tersebut. Desain kreatifitas baru ini langsung menarik penyelenggara Pameran Mobil Konsep Tahunan.

Dan untuk melengkapi mobil yang akan diberi nama ‘A Protret of DB’ ini, Yamamoto dan tim menemukan Marie 3D yang memiliki printer 3D terbesar di dunia. Dan menyadari peluang untuk mempromosikan teknologi baru tersebut, perusahaan setuju untuk memproduksi mobil impian Yamamoto.

>>> Dapatkan berita pasar mobil terlengkap hanya di Cintamobil.com

Penjelasan Yamamoto tentang proyek ‘a Protrait of db’

Hingga saat ini, masih belum ada gambaran jelas tentang kendaraan tersebut. Karena mobil tersebut baru akan dipamerkan pada Exposition Concept Car Paris. Tetapi di masa depan, Yamamoto berharap untuk mengembangkan proyek ini dengan evolusi lebih lanjut. Ditanya tentang prediksi mobil ini diproduksi, ia menjawab, "Mengapa tidak, tapi saya tidak yakin merek mana yang akan menerima konsep ini!"

>>> Berita terlengkap dari dunia otomotif hanya ada di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Berita lain

Aneh dan Unik, 7 Mobil Gahar Tokyo Auto Salon 2019

14/01/2019

Event - Promosi

Pameran mobil modifikasi Tokyo Auto Salon 2019 baru saja selesai diselenggarakan. Lalu, bagaimana laporan mobil-mobil unik yang menarik mata pada pameran modifikasi tersebut?

Lihat juga

Mobil Kei Unik dan Menarik dari Daihatsu untuk Tokyo Auto Salon 2019

29/12/2018

Pasar mobil

Sebelum Tokyo Auto Salon dimulai pada minggu kedua Januari mendatang, Daihatsu telah meluncurkan sejumlah besar mobil yang akan dipertunjukan pada pameran tersebut: modifikasi unik mobil Kei Daihatsu.

Lihat juga

Hadir di ‘Spies in Disguise’, Audi RSQ e-tron Jadi Mobil Konsep Pertama untuk Animasi

04/11/2018

Pasar mobil

Pertama kali dalam sejarah industri otomotif, pabrikan mobil merancang khusus mobil yang akan dipakai untuk sebuah film animasi. Yang mendobrak tradisi ini adalah Audi dengan RSQ e-tron.

Lihat juga

EZ-Ultimo, Mobil Konsep Pelengkap Entitas Trilogi Masa Depan Renault

03/10/2018

Event - Promosi

Dengan Renault EZ-Ultimo, Renault sepertinya ingin fokus terhadap gaya dan desain mobil konsepnya, dibandingkan dengan EZ-Go dan EZ-Pro yang mengandalkan teknologi swakemudinya.

Lihat juga

Konsep F-Vision Future Truck dari Ford Ambil Inspirasi dari Karakter Marvel

24/09/2018

Mobil baru

Ford memang tidak dikenal sebagai produsen semitruck. Namun semua itu berubah setelah konsep F-Vision Future Truck diperkenalkan beberapa hari lalu.

Lihat juga