97.290 Unit Mobil Daihatsu Kena Recall Fuel Pump, Ini Permasalahannya

19/03/2021

Pasar mobil

3 menit

Sebanyak 97.290 unit mobil Daihatsu yang terdiri dari Xenia, Terios, dan Sirion terkena recall fuel pump Daihatsu, ternyata hanya ini saja problemnya...

PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengumumkan sebanyak 97.290 unit mobil yang terdiri dari tiga model yaitu Xenia, Terios, dan Sirion tahun produksi 2017 harus mengikuti recall fuel pump Daihatsu. Adapun, rentang produksi ketiga model ini adalah dari kuartal 4 tahun 2017, kuartal 1, 2, 3, dan 4 untuk rakitan 2018, serta kuartal 1, 2, dan 3 untuk buatan 2019.

Penyebab Recall Fuel Pump Daihatsu

Gambar Mobil Daihatsu yang direcall

Total ada 97.290 unit yang kena recall

"Latar belakang adanya recall ini adalah kami menemukan adanya 24 kasus mesin mati atau tersendat akibat fuel pump dari periode bulan Januari hingga Juni tahun 2019. Dari hasil investigasi ini diketahui bahwa komponen impeller fuel pump mengembang melebihi standar," papar Bambang Supriyadi, selaku Executive Coordinator Technical Service Division PT ADM di virtual conference, Kamis (18/3/2021). 

Gambar perubahan bentuk Impeller

Begini perubahan bentuk impeller-nya

"Dari toleransi maksimal 19 mikron, komponen impeller ini bisa mengembang hingga 26 mikron. Meski hanya berselisih 7 mikron, namun selisih tersebut bikin impeller ini touching sama covernya. Itu yang menyebabkan stuck dan mesin mati karena enggak dapat suplai BBM dari tangki," tambahnya.

Ganbar mekanisme perubahan bentuk impeller fuel pump Daihatsu

Impeller yang deformasi bikin macet dan gagal bekerja

Sebagai informasi impeller atau baling-baling adalah sebuah komponen di dalam Low-Pressure Fuel Pump (LPFP) atau pompa bahan bakar yang berada di dalam tangki bahan bakar mobil. Impeller dari bahan resin ini akan berputar untuk mengisap bahan bakar dan menghasilkan tekanan untuk memompa bahan bakar ke mesin. "Secara normal, tekanan yang dihasilkan pompa bensin itu berkisar antara 312 - 340 kPa (Kilo Pascal)," tambah Bambang.

>>> Intip Kecanggihan Alat Uji Emisi Milik Daihatsu Indonesia

Prosedur Recall Campaign Fuel Pump

Gambar Prosedur Recall Campaign Daihatsu

Prosedur recall

Sebagai bentuk tanggung jawab Daihatsu terhadap konsumennya, maka dilakukan recall. Ada tiga mekanisme yang dapat dilakukan atau diketahui konsumen pemilik mobil Daihatsu yang terdampak recall campaign full pump ini. Pertama konsumen bisa membuka website www.daihatsu.co.id/Recall, atau langsung menghubungi Daihatsu Access di nomor 1 500 898, ketiga konsumen langsung menerima telfon dari Call Canter.

Gambar Fuel Pump

Jika fuel pump tidak bekerja dipastikan mobil akan mogok

Jika sudah mengetahui apakah mobil Daihatsu kesayangan Anda ini terdampak recall atau tidak, maka Anda bisa langsung booking ke bengkel untuk penggantian part. Seluruh biaya penggantian part ini gratis, dan waktu perbaikan hanya kurang lebih 1,9 jam. So, apakah mobil Daihatsu kesayangan Anda terdampak recall ini? Segera cari tahu ya dengan cara di atas.

>>> Mau beli mobil Daihatsu bekas? Cari di sini

Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com
 
back to top