85% Penjualan Mobil Di Negara Ini Dikuasai Mobil Listrik

05/08/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Saking terkenalnya, penjualan mobil BBM di negara ini hanya kebagian 15%. Sisanya sebanyak 85% adalah mobil listrik BEV dan mobil listrik plug in hybrid.

Elektrifikasi otomotif menjadi trend dunia saat ini di berbagai negara. Namun, sebagaimana diketahui tidak ada yang secepat Norwegia. Dukungan penuh pemerintah membuat mobil listrik sangat populer. Dalam hal penjualan mobil listrik bahkan mengalahkan mobil-mobil konvensional berbahan bakar fosil dengan persentase yang cukup besar.

Nyaris tembus 85 persen

Dikutip dari Insideevs, penjualan mobil listrik di Norwegia bulan Juni 2021 mencapai 8.897 unit. Dengan rincian mobil listrik baterai (BEV) sebanyak 6.731 unit dan mobil listrik plug in hybrid (PHEV) sebanyak 2.166 unit.

Penjualan diatas naik 33 persen dibanding Juni 2020 dan menguasai pasar hingga 85 persen. Sedangkan mobil BBM hanya kebagian 15%.

Dengan tambahan bulan Juni, penjualan mobil listrik baru dari dealer pada tahun 2021 sudah lebih dari 78.000 unit, serta menguasai pasar sebesar 82 persen. Rinciannya BEV sebanyak 54.801 unit dan PHEV sebanyak 23.447 unit.

>>> Mobil Listrik VW Group Laris Manis

Foto Hyundai Nexo dan Ioniq EV di dealer

Hyundai Nexo dan Ioniq EV yang juga laris di Norwegia

Kesuksesan Norwegia dalam hal elektrifikasi tidak datang tiba-tiba. Dikutip dari Wikipedia, Pemerintah negara tersebut secara aktif telah mendorong dan menerapkan kebijakan kendaraan bebas emisi sejak 1990. Misalnya pembebasan biaya pajak pembelian dan PPN 25%. Walhasil, harga jual mobil listrik menjadi sangat terjangkau bagi masyarakat.

Selain itu juga dibangun banyak infrastruktur pengisian daya yang tersebar ke seluruh kota hingga wilayah pinggiran. Langkah ini membuat pemilik kendaraan merasa nyaman dan lebih tenang jika sewaktu-waktu bepergian jarak jauh.

>>> Penjualan Mobil Listrik di Negara Ini Lebih Tinggi Ketimbang Mobil Biasa

Masifnya perkembangan mobil listrik sudah tentu menjadi kue empuk bagi produsen. Hampir semua model mobil listrik di jual di negara tersebut.

Seperti merek Amerika Tesla Model 3, Tesla Model Y, dan Ford Mustang Mach-E, merek Eropa Volkswagen ID.4, Volkswagen ID.3, Audi e-tron, Mercedes-Benz EQC, Skoda Enyaq iV, Polestar 2, dan MG ZS EV. Juga merek Jepang Nissan LEAF dan yang lain.

Mobil listrik di Indonesia

Sejauh ini populasi mobil listrik di tanah air masih jauh di bawah mobil-mobil BBM. Salah satu kendala terbesarnya adalah ketersediaan infrastruktur pengisian daya yang masih sangat minim. Fasilitas pengisian masih berkutat di ibu kota dan kota-kota besar yang lain dengan jumlah yang sedikit.

Foto menunjukkan salah satu pengisian daya mobil listrik di jalanan Norwegia

Kendaraan listrik membutuhkan sarana pengisian daya yang memadai

>>> Cari mobil lawas, cek koleksi dan harganya di sini!

Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top