Catat! 8 Provinsi Hapus Denda Pajak Kendaraan Bermotor

09/06/2021

Pasar mobil

3 menit

Kabar baik buat para penunggak Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) di 8 provinsi berikut. Pemerintah memutuskan menghapus denda PKB agar beban semakin ringan.

Membayar Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) menjadi kewajiban yang harus dipenuhi. Pemilik harus melakukannya setiap tahun agar kendaraan punya legalitas yang sah untuk beroperasi di jalan raya.

Kabar baik buat Anda yang terlambat membayar pajak, khususnya yang tinggal di 8 provinsi berikut. Pemerintah Provinsi (Pemprov) tengah melakukan pemutihan pajak kendaraan kendaraan bermotor. Hingga beberapa waktu ke depan Anda dibebaskan dari segala sanksi denda administrasi keterlambatan, baik sebagian maupun seluruhnya.

Berikut 8 Provinsi yang menghapus sanksi administrasi Pajak Kendaraan Bermotor serta waktunya.

1. Jawa Timur

Pemprov Jatim menggelar pemutihan mulai 20 April 201 hingga 24 Juni 2021 melalui program Diskon Ramadhan. Keringanan yang diberikan berupa pengurangan pokok PKB sebesar 15 persen untuk roda 2 dan roda 3 serta 5 persen untuk roda 4 atau lebih.

Selain diskon wajib pajak juga memperoleh kesempatan berupa pembebasan sanksi administratif pembayaran PKB dan sanksi Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB), serta berkesempatan memperoleh tabungan umroh senilai Rp 30 juta yang akan diberikan untuk 15 wajib pajak beruntung melalui undian.

>>> Pemprov Jatim Gelar Pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor

2. Bali

Gambar menunjukkan banner Pemutihan pajak kendaraan bermotor di Bali

Pemutihan PKB di Bali berlangsung hingga akhir tahun

Pemprov Bali menggelar pemutihan mulai 8 Juni hingga 17 Desember 2021 melalui Pergub Bali Nomor 21 Tahun 2021. Wajib pajak hanya wajib membayar pajak 2 tahun saja. Sedangkan pajak tahun ketiga dan seterusnya dibebaskan. Bagi wajib pajak yang melakukan proses balik nama, mutasi lokal dan mutasi dari luar Bali dibebaskan dari biaya Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) II.

3. Jogja

Pemprov Yogyakarta menggelar pemutihan hingga 30 Juni 2021. Keringanan yang diberikan berupa penghapusan sanksi administrasi atau denda PKB dan Bea Balik Nama.

4. Jawa Tengah

Pemprov Jawa Tengah menggelar pemutihan mulai 6 Mei hingga 6 September 2021. Keringanan yang diberikan berupa penghapusan sanksi administrasi atau denda Pajak Kendaraan Bermotor tanpa ada batas waktu.

5. Jambi

Pemprov Jambi menggelar pemutihan mulai 6 Januari hingga 30 Juni 2021 melalui program Pemutihan Pajak 2021 untuk Masyarakat Jambi. Keringanan yang diberikan berupa penghapusan sanksi administrasi atau denda PKB, Pendaftaran, BBNKB, pembebasan pokok BBNKB II dan kendaraan lelang.

>>> Begini Cara Ikut Lelang Mobil Online di Ibid dan JBA

6. Lampung

Gambar menunjukkan banner Pemutihan pajak kendaraan bermotor di Lampung

Pemutihan PKB juga dilakukan Pemprov Lampung

Pemprov Lampung menggelar pemutihan mulai bulan April hingga September 2021. Sama seperti daerah lain keringanan yang diberikan berupa pembebasan sanksi administrasi atau denda PKB, serta pembebasan pokok BBNKB II. Wajib pajak hanya perlu melakukan pendaftaran online pemutihan melalui alamat www.pemutihanlampung.com. Setelah itu datang ke kantor Samsat terdekat sesuai tanggal yang dipilih dengan membawa persyaratan berupa e-KTP, STNK dan BPKB asli, surat atau bukti yang lain.

7. Sulawesi Selatan

Pemprov Sulawesi Selatan kembali menggelar pemutihan dari 4 Juni sampai 30 Juni 2021. Keringanan yang diberikan sama seperti pemutihan sebelumnya yang berakhir 23 Desember 2020, yaitu penghapusan denda pajak kendaraan, pembebasan tarif progresif dan pembebasan biaya Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor ke 2.

Wajib pajak bisa melakukan pembayaran di seluruh Samsat se-Sulawesi Selatan, atau membayar secara online pakai Gopay dan Qris.

8. Sumatera Barat

Pemprov Sumatra Barat menggelar pemutihan dari 7 Juni hingga 30 Juni 2021 melalui Pergub Nomor 17 Tahun 2021. Keringanan yang diberikan berupa penghapusan sanksi administrasi atau denda Pajak Kendaraan Bermotor.

>>> Nikmati Aturan Pajak Mobil Baru, Ini Dia Mobil yang Bisa Kamu Beli

Foto warga membayar pajak kendaraan melalui layanan Samsat Keliling

Memanfaatkan layanan Samsat Keliling, pembayaran pajak kendaraan menjadi lebih mudah

>>> Cari mobil bekas berkualitas, cek harganya di sini!

Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top