749 Personel Polda Metro Siap Amankan Lalu Lintas Libur Panjang

25/10/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
749 Personel Polda Metro Siap Amankan Lalu Lintas Libur Panjang
Bertepatan dengan libur panjang akhir Oktober 2020, Ditlantas Polda Metro Jaya menyiagakan sebanyak 749 personel untuk melakukan pengamanan arus lalu lintas.

Libur panjang bulan ini bakal dimulai 28 Oktober 2020 hingga akhir bulan. Hari tersebut bertepatan dengan cuti bersama yang ditetapkan pemerintah, Maulid Nabi Muhammad SAW, dan weekend day Sabtu-Minggu.

Meskipun masih dalam situasi pandemi Covid-19, diyakini bakal terjadi arus besar-besaran masyarakat yang ingin mengisi liburan dengan berbagai aktivitas. Terutama untuk warga yang tinggal di ibu kota, masa libur panjang bakal jadi momen untuk mudik berkumpul bersama keluarga.

Siapkan personel pengamanan

Mengantisipasi beragam risiko karena padatnya arus lalu lintas Ditlantas Polda Metro Jaya (PMJ) merencanakan langkah-langkah pengamanan. Salah satunya dengan menyiagakan pasukan pengamanan. Sebanyak 749 personel telah dipersiapkan, terdiri dari jajaran Ditlantas PMJ serta Satlantas di Polres-Polres.

“Untuk pengamanan yang libur panjang itu 749 personel,” kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo seperti dikutip dari NTMC Polri, Sabtu (24/10/2020).

Kombes Sambodo memastikan seluruh personel dalam kondisi siap. Terlebih di tanggal tersebut bertepatan dengan Operasi Zebra Jaya 2020 yang dilaksanakan tanggal 26 Oktober - 8 November 2020. Para personel bakal menangani dua aktivitas sekaligus, pengamanan libur panjang dan Operasi Zebra Jaya.

>>> Mengenal 6 Jenis Operasi Lalu Lintas di Indonesia

Gambar menunjukkan banner Operasi Zebra Jaya 2020

Libur panjang akhir Oktober 2020 bertepatan dengan Operasi Zebra

Pengaturan lalu lintas dilakukan untuk menjamin kelancaran laju kendaraan. Sementara beragam pelanggaran yang dijumpai bakal dilakukan penindakan sesuai prosedur yang berlaku. Jika perlu ditilang akan ditilang, jika cukup diingatkan akan diingatkan dan diberi edukasi terkait ketertiban berkendara di jalan raya.

“Operasi Zebra kita nggak ada razia, kita sifatnya hunting di mana titik-titik yang menjadi kerawanan pelanggaran di situ yang kita laksanakan. Lalu titiknya berbeda (pengamanan libur panjang dan penindakan Operasi Zebra). Titik-titik yang sering melawan arus, itu yang kita laksanakan (penindakan) karena itu kan berbeda dengan jalur libur. Jadi tetap ada yang bertugas pengamanan sama Operasi Zebra,” jelas Kombes Sambodo.

Siapkan Puluhan Pos Pengamanan

Tidak hanya personel puluhan pos pengamanan juga disiapkan, tersebar di ruas jalan tol mulai dari Cikunir KM 9, rest area Cikarang Utama, rest area KM 33, hingga rest area KM 39. Pos lainnya berada di daerah Pangkalan Jati, daerah Bekasi Cyber Park, hingga Jalan Gandasuka.

“Terus yang dua lagi itu tetap Pos Semanggi dan Pos Cawang tetap kita isi (personel). Kalau nanti ada contra flow, ada one way, kan pusatnya di situ,” ujar Dirlantas.

>>> Habiskan Cuti Bersama 2020, 5 Destinasi Wisata ini Bisa Jadi Pilihan

Foto menunjukkan polisi sedang mengatur lalu lintas

Polisi siap kawal libur panjang akhir Oktober 2020

>>> Berita aktual lainnya terkait otomotif ada disini

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top