7 Hal yang Akan Hilang Jika Mobil Otonom Diluncurkan di Jalanan

17/02/2018

Pasar mobil
7 Hal yang Akan Hilang Jika Mobil Otonom Diluncurkan di Jalanan
Mobil listrik, taksi tanpa sopir, bahkan truk yang bisa begerak sendiri akan datang dan mengubah mesyarakat dunia. Dengan kedatangan mereka, ada beberapa hal yang hilang ketika mobil otonom datang dan mulai digunakan di jalanan.

Tes terbatas untuk mobil otonom sudah dilakukan dimana-mana. Dan akhirnya, kita hanya akan menunggu waktu kapan mobil otonom mulai secara resmi diperkenalkan di jalanan nyata. Setelah kedatangan mobil otonom tersebut, berikut beberapa hal yang hilang ketika mobil otonom datang di jalanan.

1. Sepeda dan bus

Di masa depan, dimana orang bisa memanggil mobil tanpa sopir dengan mudah hanya dengan menekan tombol pada smartphone mereka, akan banyak orang-orang yang memilih untuk menggunakan transportasi mobil otonom dibandingkan menggunakan kendaraan mereka sendiri. Layanan penumpang seperti Uber Technologies Inc. dan Lyft Inc. di Amerika sudah mengurangi permintaan untuk transportasi umum di seluruh Amerika.

Gambar yang menunjukan us berwarna putih sedang melaju di jalanan

Penggunaan bus dan sepeda bisa saja hilang dan tidak digunakan lagi

2. Budaya memiliki mobil

Kendaraan yang berlalu lalang di jalanan dan orang-orang yang pulang pergi ke kantor mereka menggunakan mobil, semua itu bisa menjadi masa lalu. Hal ini bisa terjadi karena diperkirakan kebendaan mobil berubah dari barang berharga menjadi ultilitas sesuai permintaan yang bisa dipesan kapan saja.

Gambar yang menunjukan ratusan mobil sedang diparkir berjejer di tempat parkir

Dengan layanan mobil, akan ada sedikit pemilik mobil di masa depan

Menurut sebuah studi dari University of Michigan, saat ini lebih sedikit anak muda di Amerika yang sudah belajar mengemudi mobil dengan alasan biaya untuk memiliki mobil dan kemampuan untuk menggunakan layanan menjadi alasan utama. Jika mobil otonom berkembang, bisa jadi budaya memiliki mobil akan semakin berkurang bahkan hilang.

3. Mekanik dan bengkel manual

Banyak perbaikan umum yang digunakan untuk kendaraan bertenaga bensin atau diesel, seperti mengganti busi atau oli mesin, tidak akan dibutuhkan oleh mobil listrik. Mobil otonom masih memiliki ban dan rem serta masih bisa mengalami keausan rem.

Gambar yang menunjukan seorang mekanik sedang melihat bagian kap mobil

Mekanik dan bengkel diprediksi akan berkurang drastis

Namun, ketiadaan bahan bakar dan perawatan bisa membuat perbedaan besar. Analis UBS Group AG menyimpulkan bahwa Chevrolet Bolt tidak memerlukan perawatan selama 250.000 km pertama. Bandingkan dengan servis tiap 15.000 km sekali yang diperlukan oleh mobil bermesin bensin atau diesel.

>>> Baca juga Tips merawat mobil sehari-hari disini

4. Pom bensin

Pengadopsian kendaraan listrik dengan cepat bisa berarti penurunan permintaan minyak hanya dalam 12 tahun. Hal ini bisa mengirimkan gelombang kejutan bagi pertumbuhan konsumsi bensin dan diesel dalam beberapa tahun mendatang. Beberapa analis dan produsen minyak ternama memprediksikan bahwa beberapa sumber minyak mungkin tidak akan dibutuhkan lagi.

Gambar yang menunjukan foto pom bensin dari bagian luar

Tentu saja pom bensin akan mengalami kekurangan pemasukan

5. Sopir truk

Kendaraan otonom mungkin bukan menjadi hal yang buruk bagi pengemudi angkutan jarak jauh, seperti truk. Pasalnya, Amerika sedang mengalami kekurangan pengemudi truk untuk angkutan jarak jauh. Hanya sedikit pengemudi truk di Amerika dan rata-rata usianya adalah 49 tahun. Jadi, dengan berkembangan teknologi self-driving, tentu saja pekerjaan ini tidak akan dibutuhkan lagi.

Gambar yang menunjukan seorang supir truk sedang bersandar pada bagian jendela mobil truknya

Jasa supir truk mungkin tidak akan digunakan lagi

>>> Baca juga berita pasar mobil lainnya disini

6. Kemacetan

Kendaran yang terhubung dengan komputer sebagai self-driving atau mobil otonom tidak hanya bisa menyetir sendiri, tapi juga berkomunikasi dengan mobil lain dan memberikan sinyal darurat. Jika mobil otonom sepenuhnya beroprasi, tidak ada lagi pengemudi yang udal-ugalan dan semuanya bisa berjalan dengan baik. Hal ini bisa mempercepat lalu lintas kota dan mengurangi kemacetan yang melanda.

Gambar yang menunjukan kemacetan yang sedang terjadi pada jalanan di Jakarta

Kota-kota dipastikan akan bebas dari kemacetan

7. Tiket parkir

Akhirnya, ketika mobil tanpa supir bekerja, maka bisa dibilang semakin sedikit supir dan semakin sedikit juga orang yang mengendarai mobilnya sendiri. Jika penumpang hanya menggunakan layanan mobil dan transportasi seperti Uber dan Gojek, bisa dibilang kebutuhan akan parkir sudah tidak diperlukan lagi. Dengan begitu, jalanan mungkin akan terbebas dari petugas parkir yang suka datang tanpa disangka-sangka.

Gambar yang menunjukan seorang bapak yang sedang memakai baju kuning bertuliskan juru parkir

Sampai jumpa untuk petugas parkir yang suka datang tiba-tiba

Tak bisa dipungkiri, perkembangan zaman tidak bisa dielakkan dan begitu juga dengan kebudayaan manusia. Bsa dibilang, banyak pekerjaan dan hal yang hilang ketika mobil otonom datang. Namun, sebagai pengguna teknologi, sudah sepantasnya jika kita mempersiapkan diri dan berkembang mengikuti zaman.

>>> Baca juga berita otomotif berikut ini

 
back to top